Cara Upgrade GoPay yang Benar [10 Langkah]

caracekonline.net | Bagaimana cara upgrade GoPay yang mudah dan benar? Pada era serba digital seperti sekarang ini, semua hal menjadi lebih mudah dan salah satunya adalah di bidang pengelolaan keuangan. Jika dulu saat kita bepergian harus selalu membawa uang tunai untuk melakukan pembayaran, sekarang sudah hadir layanan dompet digital yang bisa kamu pergunakan untuk pembayaran non-tunai.

Salah satu platform dompet digital yang menyediakan layanan transaksi pembayaran secara cashless adalah GoPay. GoPay sendiri merupakan layanan dompet digital yang dimiliki oleh perusahaan GoJek. Seperti kita ketahui bahwa GoJek adalah aplikasi yang menyediakan jasa atau layanan dalam berbagai bidang khususnya ojek online.

Jadi jika kamu sedang menggunakan layanan GoJek, kamu bisa memilih untuk membayar non-tunai yaitu dengan saldo yang sudah kamu simpan di GoPay. Selain bisa kamu gunakan untuk membayar transaksi yang kamu lakukan di GoJek, kamu juga bisa menggunakan GoPay untuk melakukan transaksi di semua merchant yang sudah berkerjasama dengan GoPay.

Selain memiliki fungsi untuk melakukan transaksi pembayaran, layanan GoPay juga memiliki berbagai fitur lainnya seperti transfer saldo ke sesama pengguna GoPay, transfer ke rekening bank, bahwa jika kamu pengguna nasabah BCA kamu juga bisa melakukan tarik tunai saldo GoPay kamu.

Akan tetapi untuk bisa menikmati lebih banyak fitur yang dimiliki oleh GoPay kamu perlu melakukan upgrade akun GoPay kamu, dari sebelumnya akun GoPay biasa ke GoPay Plus.

Namun yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu bisa upgrade GoPay adalah kamu harus sudah memiliki kartu identitas dan sudah terdaftar sebagai pengguna GoJek atau GoPay.

Cara upgrade GoPay juga mudah untuk dilakukan sendiri, kamu bisa melakukannya secara langsung melalui aplikasi GoJek. Selain itu langkah-langkah untuk melakukan upgrade GoPay juga mudah.

Apa itu GoPay ?

Sebelumnya kamu juga perlu mengenal dulu apa itu itu GoPay. GoPay adalah layanan dompet digital (e-wallet) yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran non tunai di semua merchant yang bekerjasama dengan GoPay untuk berbagai keperluan. Kamu bisa menggunakan GoPay secara langsung di apliaksi GoJek.

Jadi sebelum kamu bisa menggunakan GoPay kamu perlu mendownload aplikasi GoJek terlebih dahulu.

Fitur-fitur GoPay Plus

Berikutnya ada beberapa fitur dari GoPay Plus yang bisa kamu dapatkan saat kamu sudah melakukan upgrade akun GoPay kamu, jadi dengan melakukan upgrade GoPay biasa ke GoPay Plus kamu bisa menikmati lebih banyak fitur. Berikut ini fitur-fitur dari GoPay Plus :

1. Jaminan Saldo Kembali

Dengan proteksi saldo GoPay bagi pengguna akun GoPay Plus memiliki jaminan saldo kembali apabila terjadi kejadian kehilangan saldo akibat penyalahgunaan akun GoJek di luar kendali kamu.

2. Limit Lebih Besar

Kamu juga akan mendapatkan limit penyimpanan saldo hingga Rp. 20.000.000 jika kamu menggunakan GoPay Plus.

3. Transfer Saldo GoPay

Dengan GoPay Plus kamu bisa melakukan transfer saldo ke sesama pengguna GoPay. Contohnya jika kamu ingin patungan untuk makan malam, kamu bisa melakukannya hanya dengan transfer saldo GoPay kamu ke nomor telepon yang dituju.

4. Transfer ke Rekening

Kamu juga bisa melakukan transfer ke rekening bank dengan menggunakan saldo GoPay kamu. Jadi jika kamu butuh untuk transfer uang ke nomor rekening seseorang kamu bisa melakukannya melalui GoPay.

5. Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

Jika kamu sedang butuh uang tunai buru-buru kamu bisa menggunakan GoPay Plus untuk tarik tunai melalui mesin ATM BCA.

6. Promo Eksklusif

Dapatkan juga promo-promo eksklusif khusus untuk pengguna GoPay Plus.

Itulah beberapa fitur yang akan kamu dapatkan jika sudah upgrade akun GoPay milikmu, syarat-syarat untuk upgrade GoPay juga mudah hanya dengan modal kartu identitas KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA. Dibawah ini akan dijelaskan lebih lanjut.

Persyaratan Upgrade GoPay

Sebelum kamu bisa melangkah ke proses upgrade GoPay, ada beberapa persyaratan yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu supaya kamu berhasil melakukan upgrade GoPay, berikut syarat-syarat untuk upgrade GoPay :

  1. Memiliki kartu identitas e-KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Paspor untuk Warga Negara Asing (WNA).
  2. Sudah terdaftar pada GoPay di aplikasi GoJek.
  3. Memiliki aplikasi GoJek.
  4. 1 (satu) kartu identitas hanya dapat digunakan mendaftar untuk satu (1) akun GoJek.

Itu dia beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan saat hendak melakukan upgrade akun GoPay. Jika sudah kamu persiapkan maka kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Cara Upgrade GoPay

Cara Upgrade GoPay

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pada pembahasan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai cara upgrade GoPay, jika sebelumnya akun GoPay biasa ke akun GoPay Plus.

Karena dengan melakukan upgrade GoPay kamu akan bisa menikmati lebih banyak fitur yang tentunya sangat bermanfaat untuk aktifitas keuangan kamu sehari-hari seperti transaksi pembayaran, top-up saldo, transfer saldo, tarik tunai dan lain-lain.

Jika kamu pengguna GoPay yang ingin melakukan upgrade akun GoPay kamu, namun masih bingung mengenai langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah upgrade GoPay yang akan di jelaskan dibawah ini.

Langkah 1. Buka Aplikasi GoPay

Untuk mengawali langkah, tentu saja kamu harus membuka dan jalankan aplikasi GoPay terlebih dahulu. Jika belum punya aplikasinya, kamu bisa download dan install melalui Google Play (untuk android) atau App Store (untuk iPhone).

Langkah 2. Login ke GoPay

Setelah aplikasi trbuka, langsung saja Login menggunakan nomor HP kamu. Atau kamu bisa melakukan pendaftaran akun GoPay dulu jika belum punya akun ya.

Langkah 3. Tap icon Profile

Setelah berhasil masuk/login, langsung saja tekan ikon Profil di pojok kiri atas.

Langkah 4. Pilih Upgrade akun & nikmatin semua fitur!

Selanjutnya, cari dan temukan menu Upgrade akun & nikmatin semua fitur!

Langkah 5. Siapkan dan Ambil e-KTP

Sebelum lanjut upgrade, siapkan dulu dokumen pendukung berupa EKTP sebagai syarat penting untuk pakai aplikasi GoPay Plus.

Langkah 6. Tap Upgrade sekarang

Jika e-KTP sudah disiapkan, langsung saja tekan tombol Upgrade Sekarang.

Langkah 7. Ambil Gambar KTP

Setelah itu, kamu harus memotret E-KTP kamu yang sudah disiapkan tadi. Cara ambil fotonya, sesuaikan saja dengan kotak yang tersedia di aplikasinya.

Langkah 8. Foto Selfie

Lanjut, setelah foto dokumen kamu akan langsung diminta untuk foto selfie. Dimana kamu diharuskan untuk mengambil gambar (memotret) wajah kamu. Sesuaikan wajahmu dengan lingkaran yang ada di aplikasi.

Langkah 9. Tap Kirim

Setelah gambar EKTP dan foto selfie berhasil dilakukan, langsung saja tekan tombol Kirim.

Langkah 10. Upgrade lagi diproses

Nah, sekarang proses upgrade akun GoPay sudah berhasil diproses ya! Kamu harus menunggu dalam waktu maksimal 1x24 jam atau sehari saja.

Setelah proses upgrade akun GoPay berhasil, kamu bisa menggunakan beragam fitur GoPay Plus yang tersedia diantaranya Transfer ke berbagai rekening bank, Kirim sesama GoPay, bahkan bisa menikmati GoPay Later hingga limit Rp. 20 juta per bulan.

Mengecek Status Upgrade Akun GoPay

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah upgrade akun GoPay ke GoPay Plus, namun masih belum diproses maka kamu bisa memeriksa status pendaftaran atau status upgrade akun kamu, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama buka aplikasi GoJek.
  • Kemudian pilih menu GoPay, dan klik Lainnya.
  • Jika sudah pilih opsi Pengaturan.
  • Lalu cek status upgrade yang terdapat pada menu Lengkapi Data Anda, ada tiga status yaitu Pending (Data masih diproses), Disetujui (Akun kamu berhasil di upgrade), dan Ditolak (Proses upgrade GoPay Plus ditolak).

Yang harus kamu ketahui jika proses upgrade akun GoPay memerlukan waktu 1x24 jam, jadi kamu bisa menunggu selama waktu tersebut dan memeriksa status upgrade.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai cara upgrade GoPay yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.