Cara Watermark PDF dengan Benar (Update)

Cara Watermark PDF - Caracekonline.net | Ada banyak format file yang saat ini digunakan untuk mengerjakan tugas hingga pengiriman data pekerjaan. Masing-masing format file memiliki karakteristik berbeda. 

Salah satunya adalah pdf yang menjadi format file populer bagi pelajar hingga pekerja profesional. Dukungan aplikasi konversi hingga pembuatan file pdf memudahkan user untuk mendapatkan fungsional yang lebih maksimal. 

Apalagi file seperti ini mendapatkan fitur perlindungan melalui password hingga watermark. Fungsi perlindungan itu agar tidak ada duplikasi hingga pencurian data yang terdapat pada file. 

Jangan khawatir karena user juga bisa menerapkan cara watermark pdf dengan mudah.

Fungsi Watermark Pada PDF

Fitur watermark yang tersedia di pdf sebenarnya memiliki banyak fungsi. Bahkan, ini juga akan membantu melindungi data selamanya. 

Selain itu, watermark yang tersedia di pdf juga akan menjaga keaslian dari data teks maupun gambar. Perlu diingat bahwa tanda seperti watermark yang ada di pdf tidak bisa dihilangkan begitu saja. 

Ini membuat user bisa menjaga file pdf dengan sangat baik. Sebelum menerapkan cara watermark pdf sebaiknya user juga memahami fungsi penting dari fitur itu. 

Beberapa fungsi dari penggunaan watermark yang terdapat pada pdf seperti:

1. Bukti Kepemilikan file atau dokumen

Slaah satu fungsi penting dari penggunaan watermark pada dokumen atau gambar yang pertama adalah sebagai penanda kepemilikan yang sah atau paling pertama. 

Hal ini sering terjadi pada dokumen berupa teks atau gambar yang sering dipublikasikan melalui media digital. Untuk menandakan kepemilikan maka watermark harus ditambahkan. 

Jadi, file atau dokumen itu jelas kepemilikkannya. Sehingga bila ingin melakukan gugatan terhadap kepemilikan pertama kali juga bisa sangat mudah. 

Bahkan, pada saat dibagikan di media sosial maka penggyna menjadi lebih mudah menilai kepemilikan suatu dokumen atau gambar yang ber-watermark.

2. Menghindari duplikasi atau pemalsuan

Ini menjadi fungsi penting lainnya dari penggunaan watermark. User harus ingat bahwa watermark bisa menjaga dokumen dari pemalsuan yang sering dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Tentu saja dokumen yang sudah diberikan watermark akan menjadi lebih kuat secara hukum untuk disadur dan dipalsukan. 

Bahkan, fungsi ini juga sering diberikan pada dokumen penting milik institusi hingga perusahaan tertentu.

3. Menghindari plagiasi dokumen

Fungsi lain dari penggunaan watermark adalah menghindari tindakan dari plagiasi dokumen penting. Hal ini sangat berlaku bagi lembaga pendidikan seperti sekolah hingga universitas. 

Banyak tugas hingga dokumen penting yang menjadi milik peserta didik bisa terlindungi oleh watermark. Perlindungan pada isi dari sebuah dokumen tertentu misalnya jurnal penelitian tidak akan mudah dicatut seenaknya jika ada watermark. 

Apalagi kondisi seperti ini sering terjadi bila hasil dari dokumen jurnal yang penting itu akan melibatkan pemilik untuk jangka waktu lebih lama.

4. Melindungi hak cipta pemilik dokumen

Watermark bisa memberikan perlindungan terhadap hak cipta hingga karya dari publikasi dokumen. 

Metode ini memang membuat orang yang tidak bertanggungjawab agar menghindari tindakan pencurian. 

Perlu diingat bahwa Watermark bisa menjadi  tanda bagi suatu dokumen bahwa kepemilikannya sudah sah dari sumber tertentu. Bila dokumen atau file itu sudah disebar maka tidak ada pihak lain yang akan mengklaim.

5. Menjadi bukti sumber keterangan informasi

Fungsi pentiny dari watermark bisa menjadi informasi terkait terhadap sumber tertentu. Hal ini sering berlaku bagi dokumen milik perusahaan atau institusi tertentu. 

Pembaca atau pengguna dokumen itu bisa mendapatkan sumber utama hanya dengan logo atau tulisan yang tertera melalui watermark. 

Biasanya dokumen yang bersifat profesional seperti ini menampilkan rincian pemilik secara lengkap.

6. Menghindari penyalahgunaan dokumen

Watermark yang terdapat pada dokumen atau file bisa digunakan untuk menghindari penyalahgunaan dokumen terkait untuk penipuan. 

Akses terhadap dokumen itu tidak bisa untuk menjadi bagian dari penipuan. Hal ini juga membantu pihak yang menerima dokumen agar bisa langsung menghubungi pemilik melalui watermark.

7. Bagian dari promosi

Sebenarnya ini bisa menjadi salah satu fungsi penting yang bisa dipertimbangkan. Watermark bisa menjadi bagian dari promosi. 

Hal ini dilakukan dengan menempatkan logo atau gambar yang mewakili produk atau perusahaan pada watermark. Pengguna atau pembaca juga akan melihat dengan jelas rincian dari gambar watermark itu berkali-kali.

Cara Watermark PDF

Cara Watermark PDF

Ada beberapa langkah mudah untuk menerapkan cara watermark pdf. Metode ini bisa digunakan melalui aplikasi seperti adobe acrobat reader hingga pdf maker. 

Selain itu, cara yang digunakan juga bisa melalui perangkat mobile hingga desktop. Jangan khawatir karena pengaturan tools yang tersedia dari aplikasi pdf ini memiliki penempatan menu sama. Selain itu, proses pemberian watermark pada file data juga dianggap sangat mudah. 

Pastikan juga perangkat yang digunakan memiliki spesifikasi mumpuni. Semakin banyak jumlah file atau halaman maka akak semakin membutuhkan waktu lama. 

Berikut cara watermark pdf dengan sangat mudah yaitu:

1. Buka Dokumen PDF yang Ingin Diberi Watermark

Untuk cara membuat watermark di PDF yang pertama  dilakukan adalah pertama buka dokumen terkait. 

Pilih dokumen PDF yang ingin diberikan watermark berupa tulisan atau gambar yang diinginkan. Jika sudah membuka dokumen terkait maka masuk pada langkah lanjutannya. 

Metode ini bisa dilakukan melalui banyak aplikasi yang tersedia di perangkat mobile maupun desktop. Misalnya saja user bisa mencoba menggunakan Adobe Acrobat.

2. Masuk ke Bagian Tools

User bisa langsung masuk ke menu Tools yang terdapat pada aplikasi. Pada bagian menu ini user akan memilih file watermark. Bahkan, bisa juga melakukan editing file dari watermark.

3. Klik Pages > Watermark dan Add Watermark

Setelah masuk ke bagian menu Tools segera klik menu Pages. User yang sudah klik menu Pages maka  bisa menemukan menu Watermark dan klik saja bagian tersebut. 

Setelah itu klik menu yang bertuliskan Add Watermark sebagai tanda bahwa akan melakukan pengeditan watermark. 

Pastikan user menggunakan perangkat dengan spesifikasi baik agar proses editing cepat selesai.

4. Pilih File Watermark

Lakukan pengaturan jenis watermark yang diinginkan. Cara ini bisa diterapkan dengan  mengubah ukuran watermark maka klik menu Absolute Scale. 

Selain itu, pengaturan jarak atau watermark pada dokumen PDF bisa klik menu Rotations.

5. Pilih File dan Klik Browse untuk Kategori File Gambar

Sebenarnya user bisa menggunakan logo atau gambar untuk menjadi watermark. 

Cara memasukkan logo atau gambar itu dengan pilih menu File, klik Browse dan pilih gambar atau logo yang dimasuk. Klik pada bagian belakang PDF. 

Terdapat rincian pengaturan yang bisa digunakan.

6. Atur Watermark di Menu Options

Pastikan seluruh pengaturan dilakukan dengan sangat baik. User bisa menerapkan pengecekan ulang dengan masuk ke bagian menu Options. 

Coba lakukan pengaturan warna, besaran dan lainnya.

7. Lakukan Setting lalu Klik Oke

Setelah selesai melakukan Setting maka user bisa menyimpan file dengan watermark. Langsung klik OK pada bagian menu. Tunggu hingga proses selesai. 

Setelah itu, dokumen pdf akan mendapatkan watermark permanen.

Cara Watermark PDF Secara Online

Bagi yang masih belum bisa, coba panduan mudah cara watermark PDF via online berikut ini:

  • Buka dan kunjungi https://www.sejda.com/id/watermark-pdf
  • Klik tombol Unggah file-file PDF
  • Cari dan pilih file PDF yang akan diberi watermark
  • Setelah file terupload, langsung klik pada "Click to edit"
  • Kemudian edit watermark yang diinginkan sesuka hati. Kamu bisa pakai watermark teks, gambar, dan lainnya
  • Setelah selesai, klik tombol Watermark PDF
  • File PDF kamu sudah ditambah dengan watermark, klik tombol Download untuk menyimpan hasilnya.

Demikian saja ulasan perihal langkah mudah cara watermark PDF yang benar dengan panduan lengkap yang bisa dicoba sendiri dimana saja. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya! Jika ada waktu, boleh juga membaca cara upload tugas di Classroom atau cara upload foto di Google Classroom agar kamu semakin tahu lebih.