2+ Cara Upload Foto di Google Classroom dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara upload foto di Google Classroom ? Google Classroom adalah salah satu aplikasi yang mungkin sudah banyak diketahui oleh siswa. mahasiswa maupun para guru, karena aplikasi ini sangat membantu dalam hal pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan aplikasi ini guru bisa membuat tugas baru dan siswa bisa mengupload tugas di dalam layanan Google Classroom ini.

Untuk kamu yang belum tahu Google Classroom merupakan salah satu layanan yang dikembangkan oleh Google khususnya untuk didunia pendidikan yang dapat diakses secara gratis.

Layanan Google Classroom juga memiliki beragam fitur yang sangat bermanfaat untuk guru maupun siswa dalam hal tugas baik itu tugas yang bisa dikumpulkan dalam format foto, pdf, doc, exel, dan lain-lain tapi juga soal berupa kuis yang bisa dikerjakan secara langsung di aplikasi.

Cara penggunaan Google Classroom memang cukup mudah, namun meskipun begitu masih banyak siswa yang masih bingung cara upload tugas menggunakan Google Classroom khususnya dalam bentuk foto.

Jadi untuk kamu siswa maupun guru yang ingin menggunakan aplikasi Google Classroom untuk mengunggah tugas foto ke Google Classroom namun masih binggung langkah-langkahnya kamu bisa menyimak langkah-langkah yang akan dibahas pada artikel ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih jika ingin mengupload foto menggunakan layanan Google Classroom. Jadi simak artikel ini dari awal hingga selesai supaya kamu berhasil mengupload foto di Google Classroom.

Apa itu Google Classroom ?

Google Classroom atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Ruang Kelas Google yaitu suatu platform atau aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk pembelajaran yang dapat diakses secara gratis.

Untuk guru bisa memberikan kode kelas mereka dan membagikannya kepada siswa untuk selanjutnya siswa bisa bergabung dengan kelas yang telah dibuat. Dengan adanya Google Classroom ini akan memudahkan dunia pendidikan dan siswa bisa mengerjakan tugas dimanapun dan kapanpu tanpa harus hadir dikelas.

Tujuan dibuatnya Google Classroom adalah untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas dalam bentuk berbagi file antara guru dan siswa. Dan guru bisa memantau kemajuan dari siswanya, lalu menilai tugas yang telah diberikan. Dan siswa juga bisa memberikan komentar pada tugas yang diberikan oleh guru.

Fitur-fitur Google Classroom

Sebelumnya kamu juga perlu mengetahui fitur-fitur apa saja yang ada pada layanan Google Classroom, berikut ini beberapa fitur Google Classroom yang sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan :

1. Fitur Pemberian Tugas

Fitur pertama dari Google Classroom adalah pemberian tugas menjadi lebih efisien secara waktu dan lebih efektif. Selain itu layanan Google Classroom juga sudah terintergrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Docs, Google Sheets, dan lain sebagainya.

Untuk guru bisa memberikan tugas dalam bentuk template yang bisa diedit oleh siswa. Dan untuk siswa bisa memilih untuk mengerjakan tugas di Google Classroom secara langsung atau dengan upload file seperti dalam bentuk foto, doc, pdf, link Google Drive, dan lain-lain.

2. Fitur Penilaian

Selain itu Google Classroom juga mendukung berbagai sistem penilaian tugas, seperti dengan cara memberikan komentar secara langsung atau dengan mengedit tugas yang telah dikirim oleh siswa. Namun mengedit tugas ini hanya bisa dilakukan oleh pihak guru.

3. Fitur Penjadwalan Tugas

Salah satu fitur Google Classroom yang juga sangat berguna adalah fitur penjadwalan tugas. Untuk guru, dengan menggunakan fitur ini bisa menjadwalkan tugas dalam beberapa tugas sekaligus, jadi dengan adanya fitur ini pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efisien waktu.

Itulah beberapa fitur dari Google Classroom yang bisa kamu temui jika kamu menggunakan layanan Google Classroom.

Cara Upload Foto di Google Classroom

cara-upload-foto-di-google-classroom


Pada pembahasa kali ini, akan dibahas mengenai cara upload foto di Google Classroom. Untuk mengungguh tugas di Google Classroom bisa dilakukan dengan beragam file salah satunya yaitu dalam bentuk foto.

Namun mungkin masih banyak siswa yang bingung mengenai cara upload foto di Google Classroom, padahal caranya cukup mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu cara-caranya akan dijelaskan pada artikel ini, jika kamu masih bingung cara-cara untuk mengunggah foto tugas di Google Classroom kamu bisa menyimak artikel ini.

1. Cara Upload Foto di Google Classroom dengan Laptop/PC

Cara pertama yang bisa kamu pilih jika ingin mengupload tugas berupa foto di Google Classroom adalah dengan menggunakan laptop/PC. Dengan menggunakan laptop/PC kamu tidak perlu menggunakan aplikasi Google Classroom karena kamu bisa melakukannya dengan melalui situs web resmi Google Classroom.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengunggah tugas foto di Google Classroom :

  • Pertama buka layanan Google Classroom terlebih dahulu di laptop/PC yang kamu gunakan.
  • Jika sudah kamu bisa log in menggunakan akun Google yang kamu miliki.
  • Lalu pilih menu kelas, dan Tugas Kelas.
  • Setelah itu pilih opsi Tugas.
  • Kemudian kamu akan masuk ke halaman terkait lampiran dokumen yang bisa diupload untuk mengirim tugas yang diberikan. Bisa berupa file pdf, doc, exel, link, mengerjakan tugas secara langsung, foto, dan lain-lain. Karena kamu akan mengirim tugas berupa foto kamu bisa memilih opsi Foto.
  • Selanjutnya pilih foto tugas kamu, yang akan kamu lampirkan di Google Classroom.
  • Jika sudah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan mengupload tugas tersebut. Caranya adalah klik tombol Serahkan dan Konfirmasi.
  • Tunggu hingga proses upload selesai.
  • Selesai.

Itulah cara pertama yang bisa kamu coba jika kamu memilih untuk mengupload tugas berupa foto di Google Classroom dengan menggunakan laptop/PC.

2. Cara Upload Foto di Google Classroom dengan Handphone

Berikutnya cara kedua yang bisa kamu pilih untuk mengupload tugas berupa foto di Google Classroom adalah dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada handphone. Jika kamu belum memiliki aplikasinya kamu harus mengunduh terlebih dahulu di Google Play Store.

Berikut langkah-langkah untuk upload tugas foto di Google Classroom yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka aplikasi Google Classroom di handphone kamu, dan log in menggunakan akun Google.
  • Jika sudah masuk ke menu utama aplikasi pilih menu Tugas Kelas.
  • Setelah itu kamu bisa memilih menu Tugas.
  • Berikutnya akan masuk ke halaman kartu tugas dan lampiran untuk mengerjakan tugas.
  • Kamu bisa klik Lampiran Tugas untuk melampirkan file yang sudah kamu kerjakan untuk menjawab tugas yang diberikan.
  • Pilih jenis file Foto, lalu cari foto tugas yang akan kamu unggah di Google Classroom.
  • Berikutnya jika kamu merasa sudah selesai, tekan tombol Turn In untuk mengumpulkan tugas. Lalu tekan Done.
  • Tunggu hingga proses upload tugas selesai.
  • Selesai.

Itulah cara kedua untuk mengupload tugas berupa foto di Google Classroom menggunakan aplikasi Google Classroom di handphone.

Demikianlah cara upload tugas di Google Classroom yang bisa kamu ikuti. Bagaimana cukup mudah bukan ?. Selamat mencoba