5+ Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan: Solusi Praktis !!

Caracekonline.net | Apakah kamu sedang bingung dan ingin tahu kenapa tidak ada layanan di iPhone milikmu? Juga tidak tahu kenapa kartu SIM tiada layanan? Beragam penyebab iPhone tidak ada layanan tentu banyak akan faktornya. 

Sementara, iPhone menjadi jenis perangkat mobile yang sangat populer saat ini. Apalagi jumlah pengguna perangkat itu semakin bertambah. 

Hal yang paling menarik adalah perangkat iPhone menggunakan sistem operasi iOS yang dianggap lebih baik dibandingkan dengan lainnya. Namun, kadang perangkat iPhonen yang digunakan memiliki masalah teknis. Salah satu kendala teknis yang sering dialami seperti iPhone tidak ada layanan.

Ini memberikan dampak yang sangat buruk karena perangkat mobile ini memang membutuhkan jaringan internet untuk berfungsi maksimal. Cobalah pahami penyebab hingga cara mengatasinya.

Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan

Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan

Ada beberapa penyebab yang sering terjadi dan mengakibatkan iphone tidak ada layanan. Masing-masing penyebab ini membuat user bisa menentukan solusi terbaik sehingga iphone berfungsi normal kembali. 

Selain itu, penyebab itu juga memudahkan user untuk mengambil tindakan yang paling ideal saat itu juga. 

Beberapa penyebab yang harus dipahami bagi user saat mendapatkan peringatan bahwa perangkat tidak memiliki dukungan jaringan atau layanan yaitu:

1. Kondisi Sinyal Sangat Lemah

Hal ini sering terjadi pada saat user berada di area tertentu, sinyal jaringan dari operator ternyata lemah sehingga membuat sistem iOS pada iPhone menampilkan kekuatan sinyal pada Status Bar hanya beberapa garis saja. 

Bahkan bisa menampilkan pesan Tidak Ada Layanan ketika sinyal benar-benar hilang. Apalagi kondisi ini memang kerap terjadi pada pengguna yang sering melakukan perjalanan ke luar daerah. 

Masing-masing operator seluler di berbagai daerah memiliki kualitas jangkauan yang sangat berbeda. Cobalah pastikan bahwa operator yang digunakan memang berkualitas.

2. Masalah Pada Layanan Operator

Hal lain yang sering terjadi ketika iPhone memunculkan pesan Tidak Ada Layanan karena sedang terjadi masalah jaringan operator di daerahnya sehingga perlu menunggu proses perbaikan hingga selesai. 

Kondisi BTS di sekitar perangkat iPhone juga harus dipastikan dengan sangat baik. Bahkan, saat ini masih banyak BTS operator seluler yang masih mengandalkan tenaga listrik PLN. 

Jadi bila listrik sekitar BTS bermasalah bisa jadi layanan jaringan operator tidak bertungsi dengan maksimal.

3. Sistem Pada iOS Bermasalah

Perlu diingat bahwa sistem operasi pada iPhone yaitu iOS bisa saja mengami masalah seperti bug. Pada beberapa kasus sistem operasi sering error karena pembaruan OS yang tidak sempurna atau terhapusnya file penting yang membuat sistem tidak bekerja maksimal. 

Selain itu, adanya aplikasi yang buruk saat install juga membuat pengaturan pada iOS juga bermasalah. Ini membuat kondisi iOS tidak bisa menerima sinyal dengan maksimal.

4. Kerusakan Pada Kartu SIM

Kondisi kartu SIM operator memberikan pengaruh besar pada penerimaan sinyal. Bila terjadi kerusakan pada sim card yang digunakan maka tidak bisa menerima sinyal dengan sangat baik. 

Metode yang digunakan bisa saja dengan mengetahui pada saat mencoba simcard di perangkat lainnya. 

User perlu ingat juga bahwa kondisi fisik simcard sangat berpengaruh pada penggunaan yang terlalu lama. Apalagi bila terdapat banyak goresan di permukaan chip. 

User bisa melihat secara langsung pada kerusakan yang terjadi dengan membuka simcard.

5. Kerusakan Hardware iPhone

Pada berapa kondisi, iPhone yang digunakan mengalami kerusakan akibat terjatuh dan membentur sesuatu. 

Hal ini tentu saja dapat menyebabkan kerusakan komponen yang ada di dalamnya seperti antenna atau pembaca kartu SIM yang tentunya membuat mengalami kendala untuk mendapatkan jaringan. 

Apalagi bila perangkat iPhone mengalami benturan yang terlalu sering juga akan membuat kerusakan hardware yang sangat berlebihan.

Solusi + Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan

Sebenarnya metode dan cara mengatasi iphone tidak ada layanan sudah disarankan oleh Apple. Bahkan, metode yang tesedia juga dianggap sangat sederhana sehingga bisa diterapkan bagi user manapun. 

Hal yang paling penting adalah pilihan cara yang digunakan juga disesuaikan dengan kondisi perangkat. Banyak metode dan cara yang diberikan akan membantu user terhindar dari kerusakan yang lebih parah pada perangkat. 

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi perangkat iphone yang tidak mendapatkan layanan atau jaringan provider seperti:

1. Periksa Jangkauan Area

Pastikan user berada di area yang berada dalam jangkauan jaringan seluler. Sebenarnya operator seluler yang ada di Indonesia dianggap memiliki kualitas jaringan yang cukup luas. Metode yang digunakan untuk pengecekan jangkauan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Matikan data seluler, kemudian nyalakan kembali. Buka Pengaturan, lalu ketuk Data Seluler. Bila terdapat jaringan yang kurang baik maka akan muncul notifikasi. Namun, bila jaringan bermasalah maka tidak ada info apapun.

2. Coba Atur Ulang iPhone

Mulai ulang perangkat. Kondisi seperti ini memang paling sering dilakukan oleh banyak user. Atur ulang yang ditetapkan juga sangat mudah. 

Bahkan, pengaturan ini membuat seluruh bagian iOS bisa bekerja dengan normal kembali. Namun, metode pengaturan ulang sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan. 

Hal itu biasanya akan berdampak buruk bagi hardware yang akan bekerja lebih keras lagi.

3. Cek Pembaruan Pengaturan Operator

Untuk memeriksa dan menginstal pembaruan pengaturan operator secara manual:

  • Pastikan perangkat terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler.
  • Tap menu Pengaturan » Umum » Mengenai. Jika pembaruan tersedia, user akan melihat pilihan untuk memperbarui pengaturan operator.
  • Untuk melihat versi pengaturan operator di perangkat, tekan menu Pengaturan » Umum » Mengenai, lalu lihat di sebelah Operator.
  • Jika memasukkan kartu SIM baru ke iPhone, user harus mengunduh pengaturan operator untuk operator baru.

4. Coba Keluarkan Kartu SIM

Setelah melepaskan kartu SIM, pasang kembali. Jika kartu SIM rusak, atau tidak pas berada di baki SIM, minta kartu SIM baru kepada operator. Tentu saja user harus melaporkan terlebih dahulu kondisi dari kartu sim awal yang sedang digunakan.

Jika user memindahkan kartu SIM ke perangkat lain, tanyakan pada operator apakah kartu SIM tersebut dapat digunakan untuk iPhone. 

Perlu diingat bahwa masing-masing operator memiliki kebijakan berbeda dalam penggantian kartu sim yang baru untuk perangkat mobile.

5. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Metode lain yang bisa digunakan dengan mencoba pengaturan ulang pada jaringan. Cara seperti ini juga bisa membantu user untuk mendapatkan kondisi jaringan operator seperti awal. Langkah mudah yang dilakukan juga cepat.

Buka Pengaturan » Umum » Transfer atau Atur Ulang [Perangkat] » Atur Ulang » Atur Ulang Pengaturan Jaringan. Tindakan ini juga akan mengatur ulang jaringan dan kata sandi Wi-Fi, pengaturan seluler, serta pengaturan VPN dan APN yang telah digunakan sebelumnya.

6. Lakukan Pembaruan iPhone

Ini menjadi hal yang sangat penting bagi user untuk diterapkan. Periksa versi pembaruan dari sistem operasi. Bila terdapat pembaruan yang sangat penting maka segera lakukan. 

Ini akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap fungsional seluruh bagian perangkat. Biasanya pembaruan dari iOS juga menyelesaikan kendala teknis pada bug jaringan operator.

7. Segera Hubungi Operator Seluler

Cara lain yang wajib untuk dilakukan dengan menghubungi operator. Bila terjadi kendala pada akun sim card yang digunakan biasanya memang akan membuat akses jaringan bermasalah. 

Misalnya saja, akun sim card diblokir oleh pihak operator atau memang terjadi kendala teknis khusus pada nomor yang sedang digunakan user.

Mungkin hanya itu yang bisa kami ulas mengenai berbagai faktor penyebab iPhone tidak ada layanan beserta cara mengatasinya yang paling ampuh dan efektif. Sekarang, kamu mau tahu tidak berapa penghasilan driver Shopee Food sih?