5+ Cara Cek Tagihan Listrik Bukalapak dengan Benar (Update)

Caracekonline.net - Pengguna Bukalapak harus tahu bagaimana cara cek tagihan listrik Bukalapak yang benar dan cepat! Bukalapak merupakan salah satu marketplace populer yang ada di Indonesia. Ada banyak layanan yang tersedia di marketplace ini. 

Bahkan, user bisa saja melakukan pembayaran banyak tagihan. Salah satu pilihan layanan yang bisa digunakan adalah pembayaran listrik pascabayar. Metode untuk pengecekan dan pembayaran listrik melalui bukalapak dianggap sangat mudah. 

Selain itu, pilihan pembayaran juga terdiri dari beberapa layanan. Customer bisa mendapatkan keuntungan melakui ketersediaan voucher cashback hingga potongan pada waktu tertentu. Cara cek tagihan listrik Bukalapak juga bisa dilakukan setiap waktu.

Metode dan cara cek tagihan listrik Bukalapak dianggap sangat mudah. Bahkan, rincian dan perhitungan biaya listrik yang diberlakukan juga tampil realtime. 

Selain itu, pengecekan ini sebaiknya dilakukan sebelum tanggal 20 setiap bulan. Hal ini karena perhitungan merupakan tanpa denda. 

Bila customer melalukan pengecekan setelah tanggal 20 maka biaya tagihan sudah disertakan dengan denda. Besaran denda juga disesuaikan dengan ketentuan dari PLN. 

Cara Cek Tagihan Listrik Bukalapak

Cara Cek Tagihan Listrik Bukalapak

Berikut ini ada beberapa langkah mudah untuk cek tagihan listrik Bukalapak yaitu:

1. Buka Aplikasi Bukalapak

Langkah mudah yang bisa dilakukan cek tagihan listrik bukalapak dengan membuka aplikasi. Pastikan perangkat android dan iOS yang digunakan user sudah terinstall aplikasi. 

Bila belum memiliki aplikasi cobalah untuk menginstall lewat Google Play atau App Store. Jangan khawatir install aplikasi ini tidak dipungut biaya. 

Lengkapi juga proses register untuk mendapatkan akses seluruh layanan. Perangkat yang digunakan harus memiliki jaringan internet.

2. Akses Login User

User harus memasukkan akses login. Rincian yang diberikan seperti username dan password. Bila akses user sudah tersedia maka tampilan halaman depan dari aplikasi juga memiliki rincian nama user di dashboard. Selain itu, user juga bisa melakukan akses pada banyak layanan dan menu yang tersedia.

3. Pilih menu Tagihan Listrik

User bisa langsung memilih menu pada bagian Tagihan Listrik. Menu ini terintegrasi dengan beberapa pilihan Tagihan. User harus memilih tagihan listrik pascabayar. Selanjutnya, akan diarahkan pada halaman baru.

4. Masukkan ID Meteran Listrik

Pada bagian ini, user harus memasukkan ID meteran listrik pada kolom yang telah tersedia. Ini juga termasuk ID pelanggan yang diberikan oleh PLN. 

Rincian ID merupakan kombinasi dari 12 angka. Pastikan ID pelanggan yang dimasukkan sudah benar untuk memudahkan proses pengecekan tagihan listrik. Tekan tombol yang telah tersedia.

5. Lihat Rincian Biaya Tagihan

Rincian biaya tagihan listrik ditampilkan pada bukalapak. Rincian itu termasuk nominal tagihan, biaya administrasi hingga rincian voltase pada penggunaan listrik pelanggan. User juga bisa menyimpan rincian tagihan atau melakukan screenshot.

Keuntungan Membayar Listrik di Bukalapak

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan customer dalam membayar listrik di Bukalapak. 

Apalagi hal ini juga selalu menjadi pertimbangan penting bagi banyak customer melalukan pembayaran secara berkala. 

Hal paling penting tentu saja persyaratan pembayaran dengan marketplace ini dianggap tidak terlalu rumit. Seluruh user yang memiliki akun di bukalapak bisa membayar listrik dengan mudah. 

Cobalah pertimbangkan beberapa keuntungan membayar lisrik di bukalapak seperti:

1. Mudah dan efisien

Salah satu keuntungan membayar listrik dengan aplikasi bukalapak adalah mudah efisien. Apalagi user bisa langsung melakukan pembayaran dengan beberapa langkah mudah saja. 

Selain itu, persyaratan pembayaran dengan aplikasi ini juga dianggap tidak terlalu rumit. Metode ini sangat efektif bagi pelanggan listrik PLN yang tidak memiliki waktu untuk membayar di loket. 

Bahkan, cara ini bisa dilakukan dimana saja selama perangkat tersambung dengan internet.

2. Penawaran voucher

Bukalapak juga menjadi salah satu marketplace yang memberikan penawaran voucher kepada user. Biasanya user ini merupakan potongan hingga cashback. 

Nominal voucher memang disesuaikan dengan ketentuan dari Bukalapak. Semakin besar nominal tagihan listrik yang harus dibayarkan maka jumlah perhitungan voucher yang diterima juga dianggap lebih banyak. 

Namun, perlu diingat bahwa voucher potongan hingga cashback yang diberikan tersedia secara terbatas. Ini membuat user harus menggunakan voucher itu secepat mungkin untuk mendapatkan potongan atau cashback.

3. Realtime

Keuntungan lain yang perlu dipertimbangkan adalah pembayaran listrik dari Bukalapak berlaku secara realtime. User yang melakukan pengecekan tagihan listrik akan sesuai dengan jumlah yang diterbitkan oleh PLN secara resmi.

Selain itu, pembayaran tagihan juga akan berlaku realtime pada sistem PLN. Setelah user berhasil melakukan pembayaran maka pada sistem PLN juga akan mengalami pembaruan status. 

Ini membuat user tidak perlu repot lagi untuk melakukan pengecekan pada situs resmi PLN. Namun, bukalapak juga memberlakukan waktu untuk pembayaran seperti sebelum jam 10 malam setiap harinya. 

Hal ini disesuaikan dengan sistem yang berlalu di PLN.

4. Metode pembayaran lengkap

Ini juga termasuk salah satu keuntungan yang bisa dinikmati banyak user. Bukalapak memberlakukan banyak metode pembayaran untuk tagihan listrik. 

Beberapa pilihan metode pembayaran yang tersedia termasuk transfer antar bank, Bukapay, kartu kredit, dompet digit hingga layanan cicilan. 

Masing-masing metode pembayaran ini bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Selain itu, akses pembayaran juga memiliki biaya administrasi yang cukup terjangkau.

Pilihan Metode Pembayaran Listrik di Bukalapak

Salah satu keunggulan pembayaran listrik melalui bukalapak tentu saja metode membayar yang mudah. Saat ini ada beberapa pilihan metode yang bisa digunakan user. 

Bahkan, cara ini dianggap sangat efisien. Semakin banyak pilihan metode untuk membayar tagihan listrik di bukalapak maka akan memberikan kemudahan bagi customer. 

Beberapa pilihan metode pembayaran populer untuk tagihan listrik di bukalapak seperti:

1. Transfer Bank

Salah satu metode pembayaran yang bisa digunakan dan menjadi pilihan banyak user adalah transfer bank. Metode ini sangat mudah dilakukan. 

Apalagi ada banyak pilihan bank lokal untuk membantu pembayaran tagihan listrik. Namun, cara pembayaran listrik dengan transfer bank memiliki jangka waktu terbatas. 

Pilihan bisa melalui rekening tujuan yang ditentukan oleh Bukalapak atau virtual account beberapa bank.

2. Bukapay

Ini merupakan sistem pembayaran yang berlaku di Bukalapak. Metode pembayaran dengan Bukapay dianggap sangat mudah. 

User hanya memasukkan kombinasi pin dari layanan ini. Pastikan bahwa nominal Bukapay juga cukup untuk membayar tagihan listrik. 

Bila tidak mencukupi biasanya akan dilakukan penyesuaian dengan transfer kekurangan melalui akun dari user.

3. Dompet Digital

Bukalapak juga bekerja sama dengan beberapa dompet digital. Pilihan dompet digital ini harus sudah terintegrasi dengan akun user. 

Selain itu, nominal dana di dompet digital juga harus mencukupi untuk melakukan pembayaran tagihan listrik. Cara yang dilakukan hanya dengan memasukkan kombinasi pin dari dompet digital sewaktu pembayaran.

4. Kartu kredit

Rekomendasi metode pembayaran tagihan listrik lain yang tersedia termasuk dengan Kartu Kredit. Metode ini juga membantu user untuk membayar tagihan secara efisien. 

Apalagi sistem pada kartu kredit juga sering memberlakukan cicilan selama periode waktu tertentu. Biasanya pada tagihan kartu kredit juga akan dikenakan biaya administrasi tambahan lainnya.

Hanya itu saja yang bisa kami ulas mengenai beragam cara cek tagihan listrik Bukalapak yang baik dan benar. Kamu juga bisa membaca ulasan lainnya untuk menambah wawasan ya!