Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2+ Cara Membuka Rekening BRI dengan Benar (VALID)

Untuk para masyarakat saat ini, mungkin cara membuka rekening bri masih menjadi hal yang kerap kali terbilang sulit. Apalagi, jika orang orang yang mengira bahwa cara ini masih terbilang sangat menghabiskan waktu, dan harus datang ke kantor untuk membuka rekening bri pertama mereka.

Sebenarnya, untuk pembukaan rekening dari tiap bank sendiri sudah dipermudah dengan adanya sistem online dan juga offline. Karena sebagaimana kita tau, memiliki rekening di masa sekarang ini memang menjadi hal yang sangat penting.

Mengingat sekarang ini hampir semua transaksi keuangan sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui sistem transfer. Gak kebayang kan, jika kamu harus mengirimkan uang ke keluarga ataupun saudara yang mungkin berada di beda kota, masa iya sih kamu harus mengunjungi mereka terlebih dahulu dan memberikan uang cash?

Itulah mengapa, memiliki rekening tabungan menjadi hal yang cukup penting. Apalagi, transaksi keuangan yang dilakukan secara digital dengan metode transfer ini juga terbilang aman dan membuat pemilik uang tak perlu was was atas kejahatan yang mungkin terjadi.

Salah satu layanan Bank di Indonesia yang saat ini juga menjadi pilihan para calon nasabah adalah BRI atau Bank Rakyat Indonesia. Menjadi salah satu Bank Negeri, bank BRI kerap kali membantu para nasabahnya untuk melakukan transaksi keuangan.

Mengapa demikian? Hal ini sendiri jelas diperkuat dengan bagaimana kamu bisa menemukan banyak sekali kantor cabang BRI, dan juga mesin ATM BRI yang memudahkan para pengguna dalam melakukan penarikan tunai, ataupun melakukan setoran tunai ke rekening mereka.

Selain itu, visi dan misi dari bank BRI juga membantu para nasabah yang mungkin berada di pelosok negeri, agar bisa dengan mudah memiliki tabungan untuk merencanakan masa depan yang lebih baik, atau sekedar melakukan transaksi keuangan.

Gak cuma itu aja kok. Selain kamu bisa menggunakan bank BRI untuk transaksi keuagan, kamu juga bisa menggunakan layanan dari bank BRI untuk melakukan pembayaran melalui virtual account, ketika hendak berbelanja online. Dan tentunya, kamu bisa melakukan cara ini baik dari BRI Mobile, ataupun melalui mesin ATM.

Cara Membuka Rekening BRI

Cara Membuka Rekening BRI
membuka rekening BRI baru

Tapi kembali lagi ke pertanyaan awal, apakah untuk cara membuka rekening BRI terbilang sulit? Jawabannya adalah tidak. Karena pada artikel berikut ini, kamu akan mengetahui beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembukaan rekening BRI dengan beragam pilihan metode. Seperti

Cara Membuka Rekening BRI lewat Online

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan layanan Online dari smartphone kalian. Sama seperti cara membuka rekening bca yang sebelumnya sudah mimin bahas, untuk pembuatan rekening BRI secara online sendiri terbilang mudah. Caranya

Langkah1: Download Aplikasi BRImo

Pertama tama kamu bisa mendownload aplikasi BRImo atau BRI Mobile dari penyedia aplikasi di ponsel kamu. Kamu bisa menggunakan google play store untuk pengguna Android, dan mengaksess app store untuk kamu para pengguna iPhone.

Pastikan juga, kamu mendownload versi terbaru dari aplikasi BRI Mobile, dan menggunakan ponsel dengan keadaan belum di modifikasi atau belum di root, demi keamanan akun.

Langkah2: Isi Data Diri

Setelah berhasil mendownload aplikasi BRI Mobile, maka selanjutnya kamu bisa melakukan pendaftaran dengan cara mengklik pada buka rekening BRI yang tertera pada layar utama aplikasi.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi data diri sesuai dengan kartu identitas yang kamu miliki. Untuk persyaratannya sendiri, paling minimal adalah kamu merupakan warga negara indonesia yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.

Kemudian setelah mengisi data diri, kamu bisa mengklik pada tombol lanjut untuk ke tahap selanjutnya.

Langkah3: Pilih Kartu

Sama seperti pembuatan rekening BCA, kamu bisa memilih jenis kartu dan juga buku tabungan yang hendak kamu gunakan. Kamu bisa melihat informasi untuk tiap kartu, dan mengetahui baik dari batasan atau limit transaksi harian, bulanan, serta untuk biaya admin atau biaya pemeliharaan kartu tiap bulannya.

Setelah yakin memilih kartu yang akan digunakan, kamu bisa mengklik pada tombol lanjut, dan ke step selanjutnya.

Langkah4: Lakukan Aktivasi dan Setoran Awal

Setelah semua data dan kartu dipilih, kamu bisa melakukan aktivasi kartu ATM dan juga BRI Mobile. Nah, biasanya disini kamu akan melakukan video call dengan customer service, yang biasanya dilakukan pada jam operasional yakni antara jam 08.00 - 17.00 untuk melakukan validasi data, dan mengecek kembali apakah data yang kamu masukkan sudah benar atau belum.

Barulah setelah itu kamu bisa melakukan setoran awal sesuai dengan minimal setoran awal yang ditentukan. Karena, untuk tiap tiap kartu yang digunakan sendiri akan memiliki jumlah minimal setoran yang sudah ditentukan. 

Kamu bisa melakukan setoran awal dengan meteode transfer baik dari rekening lain, ataupun menggunakan rekening BRI milik teman atau keluargamu.

Langkah5: Kunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

Dan setelah prosess aktivasi dan juga setoran awal dilakukan, kamu tinggal ke tahap selanjutnya yakni mengunjungi kantor cabang BRI, untuk mengambil kartu ATM dan juga buku tabungan yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk biayanya sendiri, mungkin tidak akan dikenakan biaya. Namun, mungkin saja di tiap daerah akan memiliki peraturan dan kebijakan tersendiri.

Cara Membuka Rekening BRI lewat Offline

Kemudian untuk cara yang kedua, jika mungkin kamu tidak memiliki smartphone, kamu bisa menggunakan cara yang cukup tradisional, yakni dengan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat, atau melakukan pembukaan rekening secara offline.

Dan untuk caranya juga terbilang mudah kok. Seperti

Langkah1: Siapkan Data Diri

Sudah jelas ya, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen data diri yang memang dibutuhkan pada saat prosess pembukaan rekening. Setidaknya, ada beberapa hal yang penting banget untuk kamu bawa dan siapkan. Seperti

  • Kartu Identitas Diri/KTP, SIM, Paspor
  • NPWP (jika ada)
  • Slip Gaji (jika ada)
  • Uang Tunai untuk Setoran Awal

Untuk beberapa dokumen seperti npwp dan slip gaji, bisa menyusul di kemudian hari jika mungkin kamu belum memilikinya.

Langkah2: Kunjungi Kantor Cabang Terdekat

Setelah dokumen yang dibutuhkan sudah disiapkan, kamu bisa membawa dokumen tersebut dan kemudian mengunjungi kantor cabang BRI terdekat yang ada disekitar kamu.

Biasanya, kamu akan langsung disapa oleh security atau satpam, dan kamu bisa mengatakan jika kamu memiliki keperluan untuk melakukan pembukaan rekening BRI.

Nantinya, pihak security akan mengarahkan kamu untuk mengambil nomor antrian sembari mengisi data atau formulir di dekat security, sebagai bukti pendaftaran.

Jika sudah, kamu bisa duduk di bagian tempat tunggu, sampai nomor antrianmu dipanggil.

Langkah3: Isi Data yang dibutuhkan

Setelah nomor antrianmu tiba, kamu bisa menuju loket yang tertera pada struk antiran tadi, dan kamu akan langsung disapa oleh pihak staff yang bertugas untuk pembukaan rekening. Nah, disini kamu juga akan diminta untuk mengisi data diri sesuai dengan kartu identitas yang kamu bawa tadi.

Kamu juga akan diminta untuk menyerahkan data diri yang kamu bawa, untuk kemudian di foto copy atau diarsipkan oleh pihak bank, sebagai database agar mempermudah kamu ketika mengalami kendala pada rekening BRI.

Langkah4: Lakukan Setoran Awal

Setelah prosessnya selesai, kamu akan langsung menerima kartu ATM dan juga Buku Tabungan yang bisa langsung digunakan. Namun, sebagai langkah awal atau aktivasi, pihak teller akan mengarahkan kamu ke mesin BRI Setor tunai untuk melakukan setoran awal.

Nah, gak usah panik ya. Karena setoran awal ini sebenarnya hanyalah formalitas saja. Karena setelah setoran awal kamu diterima, kamu bisa mengambil uang yang kamu setorkan tadi melalui ATM Tarik tunai BRI yang ada disekitar kantor cabang.

Dan itulah tadi beberapa cara membuka rekening bri yang bisa kamu coba. Gimana? Gampang bagnet kan? Semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!