Cara Membuat Donat Sederhana yang Getarkan Selera

Cara Membuat Donat | Donat merupakan sejenis kue atau camilan yang berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Kue ini sudah tidak asing lagi dan sudah sangat familiar di dalam masyarakat. Kue ini banyak digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Rasanya yang enak dengan tekstur yang lembut dan empuk membuat banyak orang menggemarinya. Kue banyak disajikan dengan varian rasa dan toping yang beragam.

Sebenarnya cara membuat kue donat sangat mudah dan sederhana. Bahan baku yang dibutuhkan pun sangat mudah untuk didapatkan. Bahan-bahan yang dibutukan banyak sekali dijual di toko-toko dan juga minimarket di sekitar kediaman anda.

Untuk membuatnya pun tidak membutuhkan biaya yang besar, cukup dengan biaya yang relatif sedikit dan meluangkan sedikit waktu, anda sudah bisa membuat kue donat yang sehat dan enak untuk keluarga anda. Daripada anak-anak anda membeli jajanan yang tidak sehat di luar.

Namun, dalam membuat kue donat diperlukan kehati-hatian dan takaran yang sesuai. Karena jika takaran dan proses yang anda lakukan tidak tepat bisa berakibat fatal. Kue donat yang anda buat bisa tidak mengembang dan bantet.

Tetapi jangan khawatir, berikut ini akan disajikan cara membuat kue donat dengan mudah yang disertai dengan ukuran bahan yang diperlukan. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk keluarga anda yang tercinta. Bahkan anda bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Cara Membuat Donat yang Menggugah Selera

Berikut ini kami sajikan bahan-bahan serta cara pembuatan kue donat yang menggugah selera :


Bahan-bahan untuk Membuat Kue Donat :
  • 500 gr tepung terigu
  • 50 gr susu bubuk full krim
  • 11 gr ragi instant
  • 100 gr gula halus
  • 75 gr mentega kemasan
  • 1/2 sdt garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin (es)
Untuk toping atau taburan anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti selai, coklat leleh, keju parut, coklat meises, gula bubuk dan lain sebagainya sesuai dengan selera anda.
Cara Membuat Kue Donat Empuk:
  1. Buat adonan dari bahan-bahan yang dijadikan satu yaitu tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, dan gula. Campurkan semua bahan tersebut dan kemudian diaduk sampai rata.
  2. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan air dingin dan kuning telur. Air dingin digunakan untuk membuat adonan lebih mengembang. Lalu uleni semua adonan tersebut sampai kalis.
  3. Apabila adonan sudah kalis (dapat dikepal), tambahkan garam dan mentega kemudian uleni kembali sampai kalis. Setelah itu diamkan adonan dan tutup dengan serbet bersih atau plastik kurang lebih selama 20 menit.
  4. Setelah itu adonan siap untuk dibentuk bulatan-bulatan kemudian diamkan kembali adonan  selama kurang lebih 20 menit sampai mengembang.
  5. Jika adonan sudah mengembang, buatlah lubang pada bagian tengahnya cukup dengan menggunakan jari telunjuk. Lubangi adonan hingga berbentuk menyerupai cincin.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api ukuran sedang. Goreng adonan kue donat yang sudah mengembang sampai matang, jangan lupa untuk membolak-balik kue donatnya  supaya matang merata dan warnanya rata,  setelah berubah warna menjadi kecoklatan, tiriskan kue donatnya.
  7. Tambahkan toping sesuai dengan selera. Sebagai catatan "oleskan mentega atau margarin sebelum anda menaburkan toping, supaya toping yang anda ditaburkan lebih mudah menempel terutama untuk coklat meises dan keju parut". 
  8. Jangan lupa sajikan dengan hiasan yang cantik agar menggugah selera orang yang melihatnya.

Demikianlah cara membuat kue donat yang empuk dan menggugah selera. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa donat yang empuk akan membuat ketagihan orang yang memakannya. Akan tetapi adonan donat yang tidak bisa mengembang akan menyebabkan banyak menyerap bnyak minyak sehingga akan menjadikan hasil kue donat yang anda buat menjadi berminyak dan kurang baik bagi kesehatan.

Sebelum anda mencoba membuatnya, pastikan anda sudah mempersiapkan semua bahan dan peralatan yang anda butuhkan. Jika mengalami kegagalan jangan pernah berhenti mencoba lagi sampai anda berhasil membuat donat yang anda inginkan.

Sedikit saran dari kami, jangan lupa sajikan kue donat yang anda buat dengan menggunakan toping sesuai selera anda agar donat terlihat lebih menarik dan menggugah selera setiap orang yang melihatnya.

Semoga cara membuat donat yang menggugah selera yang telah kami sajikan diatas bisa jadikan referensi bagi anda. Selamat mencoba dan semoga anda mendapatkan hasil yang terbaik.

Rekomendasi Editor :