Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9+ Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah & Benar (Update)

Apakah kamu masih bingung dengan bagaimana cara cek RAM laptop yang paling mudah dan benar? RAM atau Random Access Memory adalah salah satu hardware yang akan sangat menentukan kinerja dari suatu laptop ataupun PC. Sehingga banyak para pengguna laptop yang akan melakukan pengecekan RAM jika kinerja dari laptop mereka mulai mengalami penurunan dan juga lamban. 

Untuk laptop keluaran terbaru biasanya sudah dibekali dengan kapasitas RAM yang cukup besar yakni antara 1 sampai 2 GB. 

Sebenarnya besaran kapasitas RAM seperti itu sudah cukup memadai jika laptop hanya digunakan untuk pekerjaan yang standart. Namun seiring dengan penggunaan secara terus menerus, maka kapasitas RAM akan menjadi berkurang karena terpakai oleh program yang sering digunakan. Oleh sebab itu anda harus mengetahui bagaimana cara cek RAM pada laptop anda.

RAM pada suatu laptop berfungsi untuk menyimpan data sementara, sebelum data tersebut diproses lebih lanjut oleh CPU dan kemudian ditampilkan. Untuk itu bagi anda para pengguna laptop harus mengetahui cara cek RAM dari suatu laptop. 

Namun pada kenyataannya, saat ini masih banyak para pengguna laptop yang belum mengetahui bagaimana cara cek RAM. Hal ini terjadi dikarenakan banyak para pengguna laptop yang langsung melakukan uninstall program yang terasa cukup berat tanpa harus melihat RAM terlebih dahulu.

Mengingat pentingnya fungsi RAM pada laptop, maka saya akan menjelaskan langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk pengecekan RAM sebuah laptop pada ulasan berikut ini.

Cara Cek RAM Laptop

Cara Cek RAM Laptop
Img by: Freepik.com

Cek RAM Laptop di Kardus Kemasan

Metode paling utama yang sangat mudah dilakukan untuk mengetahui kapasitas RAM laptop milikmu adalah dengan melihat kardus kemasan laptop itu sendiri. 

Hanya saja, cara cek RAM laptop pada kardus satu ini hanya berlaku dan bisa dilakukan jika kardus pembelian laptop milikmu masih tersimpan. Kamu bisa melihat bagian kardus tersebut, lihat semua sisi mulai dari depan, samping, belakang, atas, maupun bawah. Akan tertera kapasitas RAM laptop milikmu.

Jika mungkin kamu beli laptop bekas, dan tidak ada kardus pembungkusnya maka kamu bisa coba metode kedua.

Cek RAM Laptop di Stiker Tempelan

Metode kedua, kamu bisa buka laptop kamu dan lihat pada bagian sticker merk dan tipe laptop kamu. Biasanya ditempelan stiker tersebut terdapat informasi kapasitas RAM Laptop yang kamu pakai saat ini.

Stiker tempelan pada laptop pun letaknya berbeda-beda tergantung jenis dan tipe laptop itu sendiri. Ada yang terletak di bagian pojok kanan bawah, ada yang di pojok kiri bawah, dan lainnya.

Cek RAM Laptop Melalui Control Panel atau Setting Windows

Jika posisi laptop kamu saat ini sedang nyala atau keadaan stand by, kamu bisa mengetahui kapasitas RAM laptop milikmu melalui Control Panel atau Setting di Windows. 

Cukup masuk ke dalam bagian Control Panel Kemudian klik bagian System and Security. Tidak lupa, setelah itu kamu harus mengeklik bagian System dan informasi tentang kapasitasnya pun dapat dilihat di sana. 

Selain itu, ada juga alternatif lain yang cukup mudah menggunakan Windows. Hanya cukup menekan tombol  di bagian keyboard, yaitu Windows + Pause Break. Nantinya kamu akan dibawa ke jendela baru yang menampilkan kapasitas dari laptop tersebut. 

Cek RAM Laptop Melalui Dxdiag Tools

Kamu juga dapat melihat kapasitasnya dengan menggunakan Dxdiag Tools. Cara ini termasuk paling banyak dilakukan karena gampang, yaitu dengan menekan tombol Windows + R. Setelah menekan tombol pada keyboard, akan muncul jendela Run dan kamu haru mengetik dxdiag pada bagian yang kosong. 

Kemudian kamu dapat menekan tombok Ok dan akan membawamu ke bagian DirectX Diagnostic Tool. Pada jendela inilah kapasitas RAM akan ditampilkan di layar dengan jelas. 

Cek RAM Laptop Menggunakan Speccy

Kamu juga dapat melihat dengan menggunakan Speccy yang merupakan sebuah aplikasi. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa tahu kapasitas RAM saja tapi juga mengetahui komponen lunak ataupun kerasnya. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengeklik sebanyak dua kali dan semua informasi tentang laptop tersebut akan ditampilkan. 

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk mengetahui kapasitas RAM laptop milikmu adalah sebagai berikut: 
  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi/software Speccy di laptop kamu.
  • Setelah terinstal, kamu bisa langsung buka dan jalankan aplikasinya.
  • Lihat bagian menu di sebelah kiri, pilih dan klik RAM.
  • Jumlah kapasitas RAM di laptop yang kamu pakai saat ini akan ditampilkan, dan kamu akan segera mengetahuinya dengan mudah.

Cek RAM Laptop via Command Prompt (CMD)

Langsung saja, langkah-langkahnya:
  • Hidupkan laptop kamu.
  • Langsung tekan tombol Windows dan R di keyboard secara bersamaan.
  • Setelah muncul kotak dialog baru berwarna hitam, langsung ketikkan cmd dilanjutkan dengan tekan Enter di keyboard.
  • Lanjut ketikkan systeminfo lalu tekan Enter.
  • Tunggu sebentar hingga proses selesai.
  • Untuk mengetahui kapasitas RAM laptop milikmu, kamu bisa cek bagian Total Physical Memory.

Cek RAM Laptop Lewat BIOS

Biasanya, saat kamu masuk pada BIOS di Windows maka kamu dapat menemukan informasi kapasitas RAM laptop yang kamu gunakan saat ini. 

Langsung saja masuk ke BIOS dan kamu akan langsung tahu berapa kapasitas RAM laptop milikmu. Dan untuk masuk ke BIOS sendiri, caranya berbeda-beda di setiap laptop. Kebanyakan, masuk ke system BIOS dengan menekan tombol F2. Namun ada juga yang menggunakan tombol Delete untuk masuk BIOS nya.

Cek RAM Laptop yang Terpakai dan Tersisa

Kamu juga bisa mengetahui sisa penggunaan RAM laptop kamu yang terpakai dan tersisa berapa dengan langkah-langkah berikut:
  • Hidupkan laptopmu dan posisikan pada stand by.
  • Masuk ke Task Manager dengan cara klik kanan pada Task Bar kemudian pilih dan klik Task Manager.
  • Setelah Task Manager terbuka, klik saja tab menu Performance.
  • Lihat bagian Memory, maka disitu akan ditampilkan penggunaan RAM laptop kamu.
  • Secara langsung, kamu bisa tahu berapa RAM laptop yang terpakai dan tersisa.

Cek RAM Laptop yang Sudah Rusak

Ada metode terakhir yang bisa dicoba untuk tahu seberapa besar kapasitas RAM laptop milikmu, Namun ini berlaku jika laptop kamu sudah rusak dan tidak dapat dipakai lagi.

Kamu pun hanya perlu membuka case laptop yang tengah rusak, lalu copotlah RAM yang menempel di laptop. Dan cek pada stiker RAM dan kamu sudah langsung mengetahui kapasitasnya.

Cara cek RAM laptop harus benar-benar anda pahami, kenapa?. Jawabannya yaitu untuk mencegah penurunan kinerja pada laptop. Hal ini dikarenakan jika ruang pada RAM hanya tinggal sedikit maka kinerja dari laptop anda akan mengalami penuruan. 

Untuk mengatasi masalah itu anda bisa menghapus atau uninstall software yang memakan banyak ruang pada RAM, atau anda juga bisa mengganti ataupun menambah dengan RAM yang memiliki kapasitas yang lebih besar. 

Dengan begitu kinerja laptop anda akan kembali seperti semula karena sudah memiliki banyak ruang tersedia pada RAM. Apalagi saat ini banyak program pada laptop yang membutuhkan ruang yang besar pada RAM, terutama untuk game. 

Oleh sebab itu kapasitas RAM yang besar sangat anda butuhkan untuk menunjang segala aktivitas anda pada laptop. Dengan kinerja laptop yang stabil pasti anda akan merasakan kenyamanan dalam bekerja.

Simak Juga:
Nah itulah sedikit ulasan yang bisa saya sampaikan mengenai cara cek RAM pada suatu laptop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan selamat mencoba.