3+ Cara Cek Akreditasi Kampus (Perguruan Tinggi) dengan Benar (Update)

Cara Cek Akreditasi Kampus Caracekonline.net | Akreditasi adalah pengakuan pihak luar atau publik terhadap sebuah perguruan tinggi. Pengakuan ini tentunya akan menggunakan kriteria tertentu yang bertujuan untuk memberikan sebuah jaminan kepada masyarakat luas bahwa memang perguruan tinggi yang bersangkutan layak untuk mengadakan proses belajar mengajar.

Selain itu juga ada jaminan pula bahwa output yang dihasilkan akan dapat dimanfaatkan oleh dunia kerja.

Pemerintah lewat Kemdiknas menggunakan UU No. 12/2012 yang mengenai Pendidikan Tinggi mengisyaratkan bahwa setiap program diploma, perguruan tinggi serta institut harus terakreditasi mulai tanggal 14 Agustus 2014 atau saat mulai diberlakukannya UU ini. Memang pada kenyataannya masih terdapat sekitar 6000 program studi yang belum terakreditasi.

Maka dari itu bagi siswa lulusan SMA dan SMK atau para orang tua yang memiliki putra putri yang akan melanjutkan ke pergurun tinggi harus mengetahui status Akreditasi perguruan tinggi tersebut. Harapannya tentu agar mereka bisa mendapatkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai sehingga kelulusannya nanti bisa dimanfaatkan oleh dunia kerja ataupun instansi pemerintah.

Untuk melaksanakan Akreditasi sendiri pemerintah sudah membentuk lembaga BAN-PT. Lembaga ini didirikan pada tahun 1994 berdasarkan UU No. 2 tahun 1989 mengenai system pendidikan nasional. BAN-PT sendiri merupakan satu-satunya lembaga akreditasi yang secara resmi disahkan oleh Kemendiknas RI.

Fungsi utama dari lembaga ini tentunya adalah memperbaiki kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan juga meningkatkan pengelolaan pendidikan tinggi sesuai dengan standar yang ada.

Untuk cara cek akreditasi kampus sendiri bisa anda lakukan dengan mudah dan cepat melalui internet. Pasalnya semua status akreditasi perguruan tinggi yang ada di Indonesia saat ini dapat diketahui melalui situs resmi BAN-PT. Situs resmi BAN-PT sudah menyediakan status akreditasi perguruan tinggi negri serta swasta baik itu Institut, Univeritas, Sekolah Tinggi, Akademi, dan juga Politeknik. Untuk cara ceknya sendiri anda bisa simak langkah-langkah yang berikut ini.

Cara Cek Akreditasi Kampus

Cara Cek Akreditasi Kampus

Bagi kamu yang masih bingung dengan cara mengecek akreditasi kampus (perguruan tinggi) bisa memilih satu diantara beberapa metode berikut.

Cara Cek Akreditasi Kampus via banpt.or.id

Metode pertama yang sangat bisa kamu pakai untuk melakukan pengecekan akreditasi kampus adalah dengan memanfaatkan website banpt.or.id dimana langkahnya bisa kamu praktekkan dibawah ini.
  • Buka dan kunjungi website https://www.banpt.or.id melalui browser smartphone kamu atau PC/laptop.
  • Setelah website terbuka, Pilih menu Data Akreditasi.
  • Kemudian pilih Pencarian Data Akreditasi (histori).
  • Ketik dan tuliskan nama perguruan tinggi dan program studi yang jd pilihanmu.
  • Kemudian, akan tampil informasi akreditasi kampus selama 1-2 periode.

Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi Melalui Kemdikbud.go.id

Metode lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan website kemdikbud yang disediakan untuk para mahasiswa dan umum untuk mengecek akreditasi perguruan tinggi, langsung saja  praktekkan langkahnya dibawah ini:
  • Buka dan kunjungi website https://pddikti.kemdikbud.go.id melalui browser smartphone kamu atau PC/laptop.
  • Langsung saja cari dan tuliskan nama Perguruan Tinggi atau Program Studi pada kolom pencarian yang berada di sudut kanan atas.

Download Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi

Jika kamu ingin mengunduh/download file akreditasi kampus, bisa melalui link website berikut ini:

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY): http://pdpt.uny.ac.id/dtakreditasi
Universitas Nasional:  https://www.unas.ac.id/akreditasi/
Universitas Indonesia : https://bpma.ui.ac.id/ban-aun/

Sebagai tambahan informasi, surat akreditasi BAN PT universitas dan fakultas menjadi syarat mutlak untuk mendaftar CPNS tahun ini di situs sscn.bkn.go.id. Terlebih kini pendaftaran CPNS 2021 akan segera dibuka. Jadi, segera persiapkan seluruh syaratnya dengan baik.

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.