Cara Yoga yang Benar untuk Pemula (9 Tingkatan Gerakan)

Cara Yoga yang Benar - Caracekonline.net | Saat ini, popularitas Yoga terus meningkat di banyak kalangan. Hal ini karena Yoga dianggap sebagai olahraga yang memberikan manfaat bagi kesehatan psikis hingga mental. So, kalian harus tahu bagaimana cara yoga yang benar.

Sementara itu, masih banyak juga orang beranggapan bahwa olahraga Yoga sangat sulit dilakukan. Bila gerakan olahraga ini salah dilakukan maka memberikan dampak yang buruk. 

Padahal, para pemula juga bisa menerapkan cara yoga yang benar. Gerakan yang diberlakukan juga dianggap bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Bahkan, banyak gerakan dari cara yoga yang benar tidak membutuhkan perlengkapan tambahan.

Cara Yoga yang Benar

Cara Yoga yang Benar

Sebenarnya cara yoga yang benar hanya membutuhkan beberapa gerakan mudah. Namun, perlu diingat bahwa Yoga merupakan seni olahraga meditasi yang membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi. Selain itu, seluruh gerakan olahraga seperti ini juga harus dilakukan pada tempat yang ideal. 

Biasanya beberapa gerakan memang membutuhkan sirkulasi udara yang sangat baik. Semakin baik kualitas sirkulasi udara di tempat latihan yoga maka akan memberikan manfaat yang lebih maksimal.

Berikut ini ada 9 rekomendasi cara yoga yang benar dan mudah dilakukan untuk pemula seperti:

1. Mountain Pose

Ini adalah salah satu gerakan yang sangat mudah dalam latihan Yoga. Apalagi metode yang digunakan juga cukup menggunakan beberapa bagian tubuh. 

Cara yoga yang benar dimulai dengan merapatkan telapak kaki selebar bagian pinggul. Gerakan ini diambil dalam posisi berdiri yang sempurna dengan membusungkan dada dan menempatkan lengan secara tegak lurus. Ambil napas secara cukup dalam tahan selama kurang lebih 5 detik lalu keluarkan. 

Metode ini juga diterapkan untuk melatih pernapasan dengan sangat baik. Biasanya gerakan dasar yoga ini bisa dilakukan 3-5 menit. Pastikan juga pilihan tempat latihan sangat bersih dan bebas polusi.

2. Chair Pose

Pilihan gerakan lain yang sangat mudah dilakukan adalah Chair Pose. Gerakan ini juga memiliki banyak manfaat untuk melatih pernapasan hingga meningkatkan kesabaran. 

Metode gerakan yang dilakukan dengan mengambil sikap merentangkan tangan keatas secara tegak lurus. Rapatkan bagian telapak tangan bersebelahan. Ambil pernapasan secara teratur dengan durasi lama lalu ambil sikap seperti duduk dengan kursi. Posisi tubuh bisa sedikit condong ke depan. 

Untuk mendapatkan hasil latihan yang lebih maksimal lakukan cara ini sekitar 2-3 menit. Fungsi dari gerakan ini untuk melatih kekuatan dari punggung, bahu hingga kaki.

3. Downward (facing dog)

Pilihan gerakan mudah lainnya dalam olahraga Yoga termasuk Downward - Facing Dog. Gerakan ini memang akan cukup mudah dilakukan dengan memperhitungkan kondisi pinggul hingga pinggang. 

Metode gerakan yang digunakan dengan mengambil sikap merangkak. Rapatkan telapak tangan lalu tempatkan posisi pada bagian ujung kaki hingga 6 inci. Angkat bagian pinggul secara maksimal di bagian atas di belakang. Rentangkan pada bagian jari dengan lebar lalu putar hingga bisep lengan saling berhadapan. Atur pernapasan dengan baik selama kurang lebih 1 menit. 

Cara ini memang dilakukan untun meregangkan bagian paha hingga membuat sebagian tubuh menjadi lebih lentur.

4. Upward (facing dog)

Pilihan gerakan lain yang mudah dilakukan adalah Upward Facing Dog. Ini merupakan gerakan yang bertolak belakang dibanding dengan sebelumnya. Fungsi dari gerakan ini untuk membantu perenggangan bagian pinggang. 

Selain itu, ini juga membuat otot lengan menjadi lebih rileks. Metode yang dilakukan dengan mengambil posisi berbaring telungkup di lantai pada seluruh badan. Selanjutnya, tekuk siku hingga letakkan tangan di atas matras. 

Cara ini harus dilakukan dengan sejajar pada tulang rusuk bagian bawah. Perlu diingat bahwa posisi kaki yang lurus dari bagian kaki atas juga menempel di lantai. Lakukan gerakan menekan dari telapak tangan secara perlahan. Metode ini biasa dilakukan selama 1 menit.

5. Triangle Pose

Metode lain yang bisa dilakukan dengan mencoba Triangle Pose. Ini juga gerakan yang melatih otot bagian tangan hingga paha. Selain itu, latihan ini bisa membantu bagian pinggang semakin lentur. 

Cara yang diterapkan dianggap cukup mudah. Ambil sikap badan berdiri dengan sempurnaalu lebarkan kaki dengan jarak 6 inci. Segera geser tumit kaki bagian kanan ke arah luar. Ini membuat jari-jari kaki mengarah untuk bagian dalam.

Setelah itu, putar bagian kaki kiri hingga membentuj sudut dengan 90 derajat. Buat tumit kaki kiri sejajar dengan bagian lengkung kaki kanan. Kemudian, angkat lengan sehingga membentuk huruf T dengan tegak lurus dan memiliki tinggi sebahu. Pada bagian lengan depan harus diturunkan dengan sejajar tulang kering dan bersentuhan matras. 

Untuk hasil lebih baik lalukan gerakan ini selama 1 menit.

6. Bridge Pose

Pilihan gerakan lain yang bisa dilakukan dengan sangat mudah seperti Bridge Pose. Latihan gerakan seperti ini memang cukup sering diterapkan. Apalagi fungsi penting dari gerakan ini untuk membuat kondisi psikis menjadi lebih baik hingga mengurangi kecemasan yang berlebihan. 

Metode gerakan yang bisa dilakukan dengan menempatkan posisi berbaring pada seluruh badan. Setelah itu,  tekuk bagian lutut secara sempurna. Pada bagian telapak kaki juga harus rata dengan lantai matras yang digunakan saat latihan. Pastikan untuk menjaga bagian kaki sehingga posisi juga sejajar dengan pinggul dan tumit. 

Metode ini juga harus dilakukan dengan pengambilan pernapasan secara perlahan. Pada saat bernapas lakukan gerakan menekan lantai dan coba angkat pinggul secara perlahan. Lakukan gerakan ini selama kurang lebih 45 detik.

7. Bound Angle Pose

Pilihan gerakan yoga lainnya yang dianggap sangat mudah bagi pemula adalah Bound Angle Pose. Ini adalah gerakan Yoga yang juga sangat populer. Bahkan, salah satu gerakan dasar yang bisa diperhitungkan adalah Bound Angle Pose. 

Metode gerakan yang dilakukan dimulai dengan mengambil posisi duduk di matras. Selanjutnya, tekuk bagian lutut dan buka ke arah bagian samping. 

Biasanya cara ini hampir sama dengan duduk dalam sikap sempurna dengan bagian tubuh yang tegak lurus. Lakukan pernapasan secara mendalam untuk mendapatkan rileksasi. 

Cara ini juga dilakukan untuk mengurangi stres.

8. Seated Forward Fold

Gerakan yoga yang mudah dilakukan lainnya termasuk Seated Forward Fold.

Fungsi gerakan ini memang dilakukan untuk melenturkan bagian pinggang dan paha. Gerakan yang dilakukan seperti mengambil posisi duduk secara sempurna sambil meluruskan bagian kaki ke depan. 

Pastikan ujung jari tangan bersentuhan dengan ujung kaki. Arahkan bagian wajah sehingga mendapati gerakan seperti mencium batian lutut. 

Metode ini harus dilakukan secara perlahan. Cobalah lakukan gerakan ini selama 1 menit. Pastikan juga gunakan alas seperti matras.

9. Corpse Pose

Sebenarnya cara dan gerakan yoga ini cukup mudah dilakukan. Apalagi fungsi dari latihan ini memberikan rileksasi dan melenturkan badan. 

Corpse Pose hanya dilakukan dengan mengambil sikap badan terlentang yang sempurna. Tidak ada penekanan otot atau gerakan menekuk. Lakukan cara ini diatas matras selama 2 menit dan mengambil pernapasan secara perlahan. 

Sudah, itu saja yang bisa kami sajikan untukmu mengenai beragam cara yoga yang benar beserta panduan dasar mudah lainnya.