3+ Cara Unreg Kartu Axis yang Paling Benar

Caracekonline.net | Cara unreg kartu Axis sendiri masih banyak dicari oleh pengguna kartu provider Axis. Karena sejak tahun 2017 Kementerian Komunikasi dan Informasika (Kominfo) telah membuat aturan mengenai semua nomor telepon wajib didaftarkan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk pencegahan adanya penyalahgunaan nomor telepon untuk melakukan kejahatan seperti peniupuan melalui telepona atau SMS.

Dan tahap registrasi ini juga sebagai bentuk perlindungan untuk pengguna kartu Provider dari penipuan tersebut. Oleh sebab itu saat kamu baru saja membeli atau menganti kartu provider milikmu, maka segera lakukan registrasi supaya kamu bisa menggunakan kartu tersebut untuk melakukan aktivitas di handphone kamu seperti menikmati fasilitas internet, SMS, hingga telepon.

Jika kamu sudah melakan registasi, namun ingin menganti nomor telepon milikmu atau kartu hilang dengan nomor lain maka kamu harus melakukan pembatalan registrasi kartu.

Melakukan pembatalan registrasi atau unreg penting untuk dilakukan untuk menghapusdata pribadi yaitu NIK dan nomor KK yang kamu daftarkan pada saat melakukan registrasi kartu provider.

Dengan melakukan unreg ini bertujuan supaya data pribadi yang ada pada nomor telepon tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.

Pada pembahasan artikel ini yang akan dibahas adalah mengenai cara unreg kartu Axis. Jadi untuk kamu pengguna kartu provider Axis kamu bisa mengikuti salah satu cara dari beberapa cara yang akan dibahas pada artikel kali ini supaya berhasil melakukan unreg kartu Axis milikmu tanpa ribet.

Sebab cara-caranya juga sangat mudah untuk diikuti dan bisa dilakukan secara mandiri. Simak penjelasanbya dari awal hingga selesai ya.

Cara Unreg Kartu Axis



Ada banyak cara yang bisa kamu coba saat ingin melakukan unreg pada kartu SIM milikmu. Setiap operator telah menyediakan beragam cara untuk melakukan unreg pada kartu provider mereka. Dan cara unreg pada satu provider dengan provider lain tentunya berbeda, pada pembahasan kali ini akan khusus membahas mengenai cara unreg untuk kartu provider Axis.

Kamu bisa memilih satu dari sekian banyak cara unreg seperti menggunakan SMS, dial up, melalui call center, atau kamu juga bisa mendatangi gerai Axis terdekat untuk melakukan pembatalan registrasi kartu. Berikut ini penjelasan mengenai cara-cara untuk melakukan unreg kartu Axis.

1. Cara Unreg Kartu Axis Menggunakan SMS

Cara pertama yang ada pada setiap kartu provider jika penggunanya ingin melakukan unreg pada kartu mereka adalah dengan menggunakan SMS. Cara ini juga paling mudah dan anti ribet yang dapat dipilih saat ingin melakukan unreg pada kartu mereka.

Dan pastinta operator Axis juga menyediakan cara melakukan unreg dengan menggunakan SMS. Langkah-langkahnya juga mudah, kamu juga tetap bisa melakukan unreg pada kartu SIM milikmu meskipun tidak punya pulsa. Berikur Langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Langkah pertama adalah buka kunci handphone kamu dan tekan aplikasi Pesan.
  • Apabila sudah masuk ke aplikasi pesan dihandphone kamu, kamu bisa memiliih opsi Pesan Baru.
  • Setelah itu pada bagian nomor telepon tujuan isikan dengan nomor 4444 atau nomor yang sama dengan nomor untuk mengirim pesan registrasi kartu.
  • Jika sudah pada kolom pesan, untuk melakukan unreg kartu Axis maka kamu bisa mengetik pesan dengan format UNREG#Nomor telepon (contoh UNREG#08123456789.
  • Langkah berikutnya kamu bisa tekan tombo Kirim.
  • Lalu tunggu hingga kamu mendapatkan balasan SMS dari Axis yang mengkonfirmasi juga data NIK dan KK terdaftar telah dihapus, dan kartu kamu sudah tidak terdaftar.
  • Selesai.

Itu dia cara unreg pertama untuk melakukan pembatalan registrasi pada kartu Axis. Jadi jika kamu ingin menganti nomor Axis milikmu atau nomor Axis milikmu telah hilang maka kamu bisa mengikuti cara pertama ini.

Karena cara menonaktifkan kartu Axis melalui SMS merupakan cara yang paling mudah dan praktis untuk diikuti, kamu tidak perlu memiliki pulsa dan mengeluarkan biaya lain serta tinggal melakukan beberapa langkah saja untuk melakukan unreg kartu provider Axis.

2. Cara Unreg Kartu Axis Menggunakan Dial Up

Selain menggunakan SMS ada juga cara mudah dan praktis lainnya untuk melakukan unreg pada kartu provider Axis. Caranya adalah dengan menggukan dial up atau aplikasi Telepon yang telah tersedia dihandphone kamu.

Cara kedua ini juga banyak dilakukan oleh pengguna provider Axis yang hendak melakukan unreg pada nomor mereka. Selain Axis semua provider lain juga menyediakan cara unreg menggunakan dial up ini.

Berikut ini langkah-langkah melakukan unreg dengan menggunakan dial up :

  • Langkah pertama buka aplikasi Telepon yang ada dihandphone kamu untuk melakukan panggilan.
  • Jika sudah pada bagian yang keypad ketik nomor *123*444# lalu ketik ikon Panggil (call).
  • Tunggu sebentar dan akan muncul notifikasi untuk melakukan unreg.
  • Jika kamu ingin melakukan unreg maka setujui notif tersebut dan dari Axis akan melakukan pembatalan registrasi.
  • Lalu kamu akan medapatkan pemberitahuan tentang keberhasilan melakukan unreg kartu Axis milikmu.
  • Selesai.

Demikianlah cara unreg atau pembatalan registrasi pada kartu provider Axis yang juga dapat kamu pilih. Sampai bagian ini sudah ada dua pilihan cara yang dapat kamu pilih,

Dari cara pertama dan kedua sama-sama mudah untuk dilakukan sendiri. Jadi jika kamu ingin melakukan unreg tidak perlu ribet-ribet, cukup ikuti langkah-langkah diatas maka semua data pribadi yang ada dinomor Axis tersebut akan secara otomatis terhapus termasuk paket internet, dan pulsa yang ada didalamnya.

Akan tetapi jika kamu merasa kesulitan untuk melakukan unreg sendiri, maka kamu bisa mengikuti cara ketiga yang juga bisa kamu pilih saat melakukan unreg kartu. Simak cara ketiga dibawah ini.

3. Cara Unreg Kartu Axis Melalui Gerai XL Axiata

Selanjutnya jika kamu sudah melakukan cara-cara diatas namun masih belum berhasil ataupun kamu kesulitan melakukan unreg kartu Axis sendiri maka kamu bisa melakukan unreg dengan mendatangi gerai resmi terdekat.

Dari laman resmi Axis, kamu bisa melakukan unreg kartu Axis dengan mendatangi gerai XL Axiata terdekat berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama sebelum kamu datang ke gerai service center XL Axiata terdekat maka persiapkan dokumen yang diperlukan terlebih dahulu seperti KK dan KTP serta nomor telepon yang ingin kamu unreg.
  • Jika sudah kunjungi gerai Service Center XL Axiata dan sampaikan jika kamu ingin melakukan pembatalan registasi kartu Axis.
  • Berikutnya petugas akan membantu kamu memproses unreg pada kartu Axis milikmu dan meminta kamu untuk menunjukan KK dan KTP.
  • Langkah selanjutnya kamu juga perlu menyebutkan nomor Axis yang akan kamu unreg.
  • Kemudian petugas akan mencocokan data yang ada, jika sudah cocok maka akan langsung dilakukan unreg.
  • Selesai.

Itulah informasi seputar cara unreg kartu Axis yang dapat kamu coba lakukan saat ingin melakukan pembatalan registrasi kartu.