Cara Video Layar iPhone yang Benar [5 LANGKAH]

caracekonline.net | Sebagian dari kamu pasti masih ada yang belum tahu bagaimana cara video layar iPhone yang mudah dilakukan. Penggunaan perangkat mobile seperti iPhone saat ini terus meningkat.

Bahkan, ada banyak aplikasi menarik dan penting yang bisa membantu user untuk menyelesaikan tugas dan berbagai pekerjaan. 

Selain itu, perangkat seperti iPhone juga menyimpan berbagai fitur yang bisa digunakan dengan sangat mudah. 

Misalnya saja fitur untuk menangkap layar dengan mode video. Biasanya hal ini sering dilakukan bagi banyak user yang membutuhkan screen video dengan durasi lama dan kualitas sangat baik. 

Selain itu, cara video layar iphone juga sering menjadi bukti bagi pengguna terhadap tampilan dari aplikasi atau konten yang tersedia di iphone.

Fungsi Menangkap Video Layar iPhone

Img by: https://9to5mac.com

Sebenarnya fitur tangkapan video pada layar iphone memberikan banyak fungsi bagi user. Apalagi ini juga membuat user semakin mudah untuk menyimpan konten berupa tangkapan layar dengan mudah. 

Biasanya tangkapan layar dengan mode video membuat orang lain lebih percaya karena sulit untuk diedit. 

Bahkan, ini juga membantu user untuk mendapatkan bukti yang lebih terpercaya terhadap seluruh tampilan pada aplikasi atau chat. Pastikan juga pengaturan fitur ini sudah diterapkan dengan baik. 

Berikut ini ada beberapa fungsi penting dari tangkapan layar dengan video di iphone seperti:

1. Menyimpan tampilan penting

Salah satu fungsi penting dari perekaman tangkapan layar dengan mode video adalah menyimpan bagian penting dari iphone. Biasanya hal ini dilakukan pada saat melakukan video call dengan durasi tertentu. 

Ini bisa menjadi bukti yang membantu user untuk mendapatkan bagian percakapan tertentu. Selain itu, fitur ini juga bisa membantu untuk menyimpan tangkapan layar berkaitan dengan akses setiap pengaturan. 

User selalu melakukan ini agar tidak mudah lupa terhadap pengaturan pada perangkat iphone. Step by step dari pengaturan juga bisa disimpan dengan mudah.

2. Bukti dari file penting

Fitur penyimpanan video layar pada perangkat iphone bisa menjadi bukti dari banyak file penting. Cara seperti ini memang sering dilakukan pada saat user ingin menyimpan bukti percakapan atau tangkapan dari aplikasi seperti sosial media. 

Ini membantu user untuk mendapatkan bukti yang lebih terpercaya. Selain itu, fitur ini juga bisa mendapatkan jangkauan akses dari bagian percakapan atau file yang dianggap terlalu banyak. 

User tidak perlu repot lagi untuk membuat tangkapan layar satu per satu dengan jumlah halaman yang sangat banyak. Apalagi proses perekaman layar juga bisa dilakukan denga mode scroll.

3. Penyimpanan konten tertentu

Fitur ini dianggal membantu user untuk melakukan penyimpanan banyak konten tertentu. Misalnya saja pada saat mengakses video secara streaming sehingga membutuhkan tangkapan layar objek bergerak akan terbantu dengan adanya fitur ini. 

Selain itu, banyak konten penting yang bisa disimpan pada tangkapan layar secara video. Hal ini juga membantu user untuk menyimpan dalam satu kompile. Selain itu, user bisa memilih konten sesuai dengan.

4. Bahan editing

Ini menjadi fungsi pilihan yang sebenarnya bisa digunakan oleh banyak user. Hasil tangkapan layar bisa menjadi bahan editing bagi user. 

Apalagi hasil dari tangkapan layar itu bisa diedit secara langsung dari tools tambahan di iphone.

Cara Video Layar iPhone

Cara Video Layar iPhone

Tentu saja metode dan cara video layar iphone bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, hasil tangkapan layar juga bisa langsung diakses dengan mudah. 

Bahkan, user bisa melakukan pengaturan resolusi dari detail tangkapan layar. Ini menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi user yang ingin mendapatkan hasil tangkapan video layar dengan mudah. 

Pastikan juga user memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Ini akan membantu untuk melakukan tangkapan layar berkali-kali. Semakin sering tangkapan layar dilakukan maka membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi. 

Metode dan cara video layar iphone paling mudah seperti:

Langkah 1. Aktifkan Control Center Screen Recording

Cara pertama yang harus dilakukan dengan mengaktifkan Control Center. Caranya:

  • Buka kunci layar iPhone kamu dulu
  • Masuk ke Pengaturan Settings
  • Scroll dan cari Control Center
  • Lalu tap Customize Controls
  • Tambahkan "Screen Recording", caranya tekan tanda plus (+) di sebelah Screen Recording. Jika kamu sudah melihat tanda minus (-) di sebelah Screen Record, berarti sudah siap digunakan.

Langkah 2. Tentukan Layar Mana yang Ingin Direkam

Setelah dipastikan Control Center aktif, kamu bisa langsung tentuin bagian mana yang ingin direkam. Misalnya saja, kamu bisa mulai buka aplikasi atau galeri atau apapun bebas.

Langkah 3. Mulai Videokan Layar iPhone

Untuk memulai rekam video layar iPhone, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tentukan dan posisikan layar yang ingin direkam (misal buka aplikasi Facebook)
  • Munculkan panel notifikasi, scroll layar atas ke bawah
  • Tap ikon Screen Recording ⏺, jika ingin merekam dengan suara bisa tekan dan tahan ikon Screen Recording lalu pencet Microphone
  • Tunggu hitung mundur (biasanya 3 detik)
  • Jika di layar atas sudah muncul tanda recording warna merah, maka proses video layar iPhone sedang berjalan dan sudah dimulai.

Langkah 4. Hentikan Rekaman Video Layar iPhone

Nah, setelah dirasa rekam video layar iPhone sudah cukup maka selanjutnya kamu bisa menghentikan rekamannya. Caranya:

  • Langsung saja tekan ikon tanda rekam warna merah di atas
  • Muncul keterangan "Stop screen recordings?"
  • Tekan Stop, maka otomatis video layar iPhone langsung dihentikan.

Langkah 5. Cek Hasil Video Layar iPhone

Setelah berhasil melakukan recording, kamu bisa mengecek hasil video layar iPhone di Galeri.

Berhasil? Kami rasa itu saja yang bisa diulas mengenai cara video layar iPhone yang benar. Jika kamu sudah bisa langsung share artikel ini ke teman-teman kamu ya!