7+ Cara Unlock Bootloader Xiaomi dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Cara unlock bootlader Xiaomi atau cara ubl Xiaomi merupakan cara yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone Xiaomi, untuk bisa melakukan tweaking seperti root, menginstall twrp, menginstall custom ROM, atau bahkan tweaking lain yang berkaitan dengan root.

Bicara tentang bootloader, sebenarnya trend ini mulai berkembang beberapa tahun lalu yang mana hal ini sendiri memang menjadi salah satu metode keamanan dari vendor smartphone yang membatasi pengguna untuk melakukan pengubahan file ataupun system pada smartphone mereka.

Namun kembali lagi, walaupun salah satu vendor smartphone seperti Xiaomi menggunakan fitur bootloader yang mencegah pengguna untuk melakukan tweaking pada system, faktanya ada saja pengguna yang mendobrak aturan tersebut untuk kebutuhan dan kenyamanan mereka dalam menggunakan ponsel.

Karena memang, unlock bootlader sendiri menjadi salah satu syarat penting bagi pengguna ponsel Xiaomi yang ingin melakukan tweaking system seperti menginstall TWRP, Custom ROM, Kernel, atau bahkan yang lainnya.

Tentu saja, hal ini bukan tanpa sebab. Melainkan memang saat ini banyak pengguna yang memilih untuk menggunakan custom rom karena memang kadang ROM bawaan dari Xiaomi tidak memiliki fitur selengkap custom rom pada umumnya.

Namun tentunya, proses unlock bootloader ini bukan tanpa resiko. Biasanya, ponsel yang sudah di unlock bootloadernya akan mengalami penurunan harga ketika hendak di jual dalam kondisi second, ataupun menghilangkan garansi resmi daripada ponsel tersebut.

Tapi kembali lagi, para pengguna smartphone Xiaomi sudah tidak memikirkan hal tersebut. Karena mereka lebih mengutamakan kenyamanan dalam menggunakan smartphone dengan melakukan tweaking yang digadang gadang bisa jauh lebih baik daripada system bawaan OS ponsel Xiaomi itu sendiri.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Lantas, bagaimana cara unlock bootloader Xiaomi? Apa sajakah hal hal yang dibutuhkan untuk bisa melakukan unlock pada bootloader Xiaomi?

Jika pertanyaan-pertanyaan tadi terbesit di benak kalian, maka kamu bisa simak artikel berikut ini, karena mimin akan membagikan cara yang bisa kamu gunakan untuk mengunlock bootloader Xiaomi kalian.

1. Siapkan File yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan unlock bootloader Xiaomi, ada beberapa file dan juga aplikasi penting yang harus ada dan kamu butuhkan, seperti

  • Komputer/Laptop dengan minimal OS Windows 7 ke atas dan harus 64bit
  • Minimal ADB Fastboot yang terinstall di komputer/laptop (download http://adbdriver.com/downloads/)
  • MI Unlock Tools (download https://en.miui.com/unlock/download_en.html)

Beberapa persiapan tadi bisa langsung kamu unduh melalui link di atas, dan pastikan kamu memilih tipe driver yang tepat sesuai dengan OS komputer/laptop kalian ya

2. Aktifkan Developer Mode

Selanjutnya kita butuh mengaktifkan mode developer atau mode pengembang pada ponsel Xiaomi yang kita miliki. Cara ini bertujuan agar ponsel dapat terdeteksi atau menggunakan mode USB Debugging ketika terhubung dengan komputer/laptop yang sudah terinstall driver Minimal ADB tadi.

  1. Masuk ke bagian pengaturan atau settings dari ponsel Xiaomi kalian
  2. Pada opsi pengaturan, kamu bisa scroll ke bawah sampai menemukan menu about phone atau tentang ponsel
  3. Nantinya, kamu akan menemukan keterangan tentang device kamu
  4. Perhatikan pada opsi About MIUI atau Tentang MIUI
  5. Pada opsi tersebut, kamu bisa tap sebanyak 7 - 10 kali sampai muncul pop up you're developer atau anda adalah developer sekarang.

Jika sudah muncul pop up tersebut, itu tandanya kamu sudah berhasil untuk menghidupkan mode developer atau mode pengembang, dan bisa langsung ke tahap selanjutnya.

3. Aktifkan USB Debugging

Setelah developer mode aktif, kamu bisa menekan tombol back atau kembali untuk masuk ke tampilan awal pengaturan.

Dan untuk mengaktifkan mode USB Debugging, kamu harus mengaksess developer mode dengan cara

  1. Pada menu pengaturan pilih pada Pengaturan Tambahan atau Additional Settings
  2. Kemudian kamu bisa klik pada opsi Mode pengembang atau Developer Mode
  3. Pada laman ini, kamu bisa mengaktifkan fitur USB Debugging dengan catatan, biasanya akan muncul pop up untuk meyakinkan kamu apakah ingin mengaktifkan fitur ini dengan beberapa pertanyaan. Klik saja pada setuju

Jika sudah, maka kamu sudah berhasil untuk mengaktifkan USB Debugging agar nantinya device kamu terbaca di komputer/laptop

4. Hidupkan Mi Unlock

Setelah proses pengaktifan USB Debugging selesai, jangan dulu kembali ke menu pengaturan awal. Kamu bisa scroll kebawah sampai menemukan opsi Mi Unlock.

Jika toogle pada Mi Unlock masih off, kamu bisa mengklik pada opsi tersebut untuk mengaktifkan Mi Unlock.

Dan biasanya juga, akan ada opsi lain seperti OEM Unlock pada beberapa device. Jika opsi tersebut masih off, kamu juga bisa menghidupkannya (opsional)

5. Tambahkan Perangkat

Pada bagian menu Mi Unlock tadi, kamu bisa menemukan opsi Unlock Status. Langsung saja klik pada opsi tersebut, dan kamu bisa mengklik pilihan Tambah Perangkat untuk menambahkan device atau perangkat kamu, agar bisa di unlock bootloadernya.

Sampai tahap ini, kamu sudah berhasil untuk melakukan pengaturan pada ponsel agar bisa di unlock bootloadernya. Barulah kita pindah ke komputer atau laptop untuk melakukan unlocking bootloader.

6. Install Driver Android di Komputer/Laptop

Langkah pertama yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kamu harus menginstall driver Minimal ADB untuk bisa membaca ponsel kamu dan terdeteksi di Mi Unlock.

Kamu bisa mengikuti langkah installasi yang diberikan, dan pastikan device mu terdeteksi dengan cara menghubungkan ponsel ke komputer/laptop, buka minimal ADB, lalu ketikkan 'ADB Devices'.

Nantinya ponselmu akan mengeluarkan notifikasi berupa pop up untuk memberikan perizinan apakah ponselmu boleh terhubung dengan USB Debugging atau tidak. Pada kondisi ini, pilih saja Allow atau Izinkan.

Jika perangkatmu terbaca, maka proses installasi sudah berhasil dilakukan.

7. Install Mi Unlock

Jika semua step di atas sudah dilakukan maka kita sudah siap untuk melakukan unlock bootloader. Kamu bisa mengekstrak hasil download dari mi unlock tadi, lalu jalankan setup.exe nya dengan cara klik kanan > run as administrator dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah itu, kamu bisa mematikan ponsel kamu seperti biasa, dan menyalakan ulang dengan cara menekan tombol power + volume up + volume down secara bersamaan, sampai masuk ke menu fastboot dari ponsel.

Pada aplikasi Mi Unlock, silakan login dengan menggunakan akun mi yang ada di ponsel kalian. Setelah itu, hubungkan ponsel yang dalam kondisi fastboot tadi, ke komputer atau laptop kalian.

Jika perangkat mu terbaca, maka nantinya Mi Unlock akan menampilkan tampilan Phone Connected dan selanjutnya kamu bisa klik pada tombol Unlock untuk memulai proses unlock bootloader.

Dan tinggal tunggu prosess unlocknya selesai.

Perlu di perhatikan ya, untuk cara ini sendiri nantinya akan menghapus semua data-data yang ada di ponsel kamu. Jadi pastikan kalian sudah melakukan backup terlebih dahulu, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Dan itulah tadi beberapa cara unlock bootloader Xiaomi. Gimana, tertarik untuk mencoba cara ini? Do with your own risk ya.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!