5+ Cara Unlock iPhone dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Cara unlock iPhone saat ini menjadi salah satu hal yang cukup banyak dicari para pengguna, untuk membuka ponsel mereka yang terkunci.

Karena memang biasanya, para pengguna iphone kerapa kali dihadapi dengan masalah di mana mereka lupa dengan password, pola, ataupun pin pada ponsel mereka.

Alhasil, tak sedikit dari pengguna iphone yang mencari cara untuk melakukan bypass atau unlock pada ponsel mereka agar bisa digunakan seperti biasa.

Sebagaimana kita tau, smartphone besutan apple ini memang berbeda dengan ponsel android yang biasa kita temukan disekitar.

Karena dari segi keamanan sendiri, iphone digadang-gadang jauh lebih terproteksi dari pada ponsel Android, itulah mengapa jika pengguna iphone kehilangan ponsel mereka, yang menemukan tidak bisa begitu saja menggunakan ponsel tanpa melakukan verifikasi.

Cara Unlock iPhone

Cara Unlock iPhone

Walaupun begitu, tetap saja banyak pengguna yang belum mengerti dan mengetahui tentang cara unlock iphone ketika berada di kondisi lupa password atau mengalami kendala ketika hendak login kedalam ponsel mereka.

Tapi jangan dulu panik, karena di sini kita akan membagikan sedikit tips dan juga cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan unclok pada ponsel iphone yang kamu punya dengan beberapa metode, seperti.

Cara Unlock iPhone lewat iTunes

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengunlock ponsel iphone kalian adalah dengan menggunakan aplikas iTunes yang bisa kamu dapatkan secara gratis melalui situs resmi apple, ataupun situs penyedia aplikasi lain.

Caranya juga gampang banget kok!

1. Silakan download dan install aplikasi iTunes di komputer atau laptop kalian (boleh windows, atau lebih baik menggunakan macbook atau laptop apple)

2. Setelah itu kamu bisa menghubungkan perangkat iphone ke komputer dengan menggunakan kabel USB khusus iPhone dengan kondisi iTunes sudah terbuka

3. Tunggu beberapa saat sampai device kamu terbaca di iTunes

4. Jika sudah terbaca, silakan klik pada logo perangkat atau device yang ada di iTunes > pilih Perangkat > Ringkasan > Pulihkan

5. Ikuti semua instruksi yang diberikan, hingga prosess unlock selesai.

Perlu untuk diperhatikan, ketika kamu menggunakan cara ini, prosess unlock akan menghapus semua data di iPhone kalian. Untuk itu, kamu perlu banget untuk melakukan backup pada data yang sekiranya penting di iPhone kalian terlebih dahulu.

Cara Unlock iPhone lewat iCloud

Langkah yang kedua, kamu juga bisa melakukan unlock pada ponsel iPhone dengan bantuan iCloud yang bisa kamu akses melalui laman browser. Cara ini bisa kamu gunakan apabila lupa password atau mengalami kesulitan untuk masuk dan menggunakan iPhone kalian seperti biasa. Caranya juga gampang kok.

1. Buka browser di komputer, laptop, ataupun ponsel selain ponsel iPhone yang kamu miliki

2. Setelah itu silakan kunjungi situs https://iforgot.apple.com/password/verify/appleid

3. Jika sudah, silakan masukkan ID/Email dan juga password dari akun iCloud yang ada di ponsel iPhone kamu yang ingin di unlock

4. Nantinya kamu akan langsung diarahkan untuk melakukan reset password dan memasukkan password baru untuk akun iCloud atau akun Apple yang ada di iphone yang akan di unlock

5. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Setelah prosess reset/unlock berhasil, kamu bisa langsung login dengan menggunakan id dan juga password yang sudah kamu reset tadi, untuk kemudian masuk dan menggunakan iphone seperti biasa.

Dan tentu saja, cara ini sangat aman karena tidak akan menghapus semua data yang ada di perangkat iphone kalian.

Cara Unlock iPhone lewat Aplikasi

Langkah yang ketiga, kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bernama AnyUnlock, yang mana aplikasi ini bisa kamu unduh baik di komputer atau laptop Windows, maupun Mac OS dan aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengunlock iPhone, ketika belum atau lupa mengaktifkan fitur Find My Phone.

Caranya:

1. Download terlebih dahulu aplikasi AnyUnlock di komputer atau laptop kalian

2. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi Unlock screen passcode

3. Lalu, kamu bisa menghubungkan iPhone kalian ke komputer atau laptop yang sudah terinstall AnyUnlock tadi, dan pastikan device kamu terbaca

4. Nantinya, AnyUnlock akan mendeteksi perangkatmu, untuk melakukan download firmware yang sesuai dengan device iphone kalian

5. Setelah selesai proses downloadnya, kamu akan melihat notifikasi Download Complete, dan setelah itu kamu tinggal menunggu proses unlock selesai.

Setelah proses unlock berhasil dilakukan, maka kamu bisa langsung menggunakan iPhone seperti biasa tanpa adanya password untuk login, atau masuk kedalam tampilan home dari ponsel kalian masing-masing.

Cara Unlock iPhone lewat Reset Pabrik

Selanjutnya langkah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan unlock pada perangkat iPhone adalah dengan melakukan reset pabrik atau factory reset pada iPhone.

Biasanya, hal ini akan menjadi opsi terakhir bagi pengguna yang sudah kewalahan atau bingung bagaimana cara mengunlock perangkat mereka.

Caranya juga terbilang mudah kok.

1. Silakan masuk ke bagian pengaturan atau settings dari iPhone kalian

2. Setelah itu, kamu bisa memilih menu umum/general

3. Dan jika sudah, kamu bisa scroll ke bagian bawah sampai kamu menemukan menu reset

4. Klik pada menu tersebut, lalu pilih erase all data atau erase all content and settings

5. Masukkan ID Apple beserta password untuk melanjutkan prosess reset

6. Tunggu beberapa saat sampai prosess penghapusan data selesai

Nantinya, jika prosess unlock berhasil makan iphone kamu akan melakukan booting ulang atau reset dan langsung masuk ke layar utama iPhone tanpa perlu memasukkan password, PIN, ataupun sandi perangkat iPhone.

Tapi pastikan dulu jika kamu sudah melakukan backup data pada ponsel iPhone baik melalui iCloud, atau local backup ke komputer atau laptop kalian masing-masing, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Cara Unlock iPhone lewat Apple Watch

Dan yang terakhir kamu bisa melakukan unlock pada perangkat iPhone melalui Apple Watch. Walaupun sedikit tricky, cara ini cukup berguna untuk membuka passcode pada perangkat iPhone yang juga terhubung dengan Face ID dan Apple Watch, dengan cara

1. Aktifkan fitur Face ID dan Passcode melalui pengaturan iPhone dan juga Apple Watch kamu

2. Setelah itu silakan lakukan sinkronisasi antara Apple Watch dan device iPhone kalian

3. Jika sudah terhubung, maka secara otomatis kamu bisa melakukan unlock pada perangkat iPhone yang terhubung dengan Apple Watch kamu.

Tapi perlu diingat ya, cara ini harus dilakukan dengan tujuan unlock saja tanpa menghapus data, ataupun melakukan reset pada perangkat iPhone ataupun Apple Watch.

Tujuan lain dari adanya fitur ini sendiri adalah memudahkan pengguna iPhone untuk membuka ponsel mereka tanpa menyentuh perangkat.

Dan itulah tadi beberapa cara unlock iphone yang bisa kamu gunakan, ketika mungkin lupa dengan kata sandi, pin ataupun passcode dari iPhone yang digunakan. 

Perlu diperhatikan, dari beberapa cara ini mungkin saja akan menghapus data yang ada di smartphone kalian, untuk itu kamu disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu, sebelum melakukan unlock.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!