5+ Cara Uninstall Avast yang Paling Benar

Caracekonline.net | Cara uninstall avast merupakan sebuah cara yang sebenarnya banyak dicari oleh pengguna komputer, laptop, ataupun smartphone yang menginstall aplikasi ini di perangkat mereka.

Seperti yang kita ketahui bersama, Avast sendiri merupakan sebuah antivirus yang cukup populer digunakan pada perangkat komputer ataupun laptop untuk urusan keamanan perangkat mereka. Di mana dengan adanya Avast ini, para pengguna tidak perlu khawatir akan virus yang menyerang komputer, laptop atau bahkan smartphone mereka.

Karena memang di zaman serba digital dan internet saat ini, penyebaran virus untuk perangkat sudah cukup berkembang, mulai dari virus yang menghapus data kalian, atau juga virus yang bersifat malware yang akan mengenkripsi data kalian agar tidak dapat di akses.

Maka dari itulah penting sekali untuk kita memasang antivirus pada perangkat kesayangan kita, demi mendapatkan keamanan lebih untuk file-file atau data yang kita simpan.

Tapi ternyata, makin ke sini Avast menjadi hal yang cukup merepotkan untuk para pengguna yang mana mereka merasa jika ada beberapa file yang sebenarnya bukanlah virus, namun harus terhapus karena Avast mendeteksi hal tersebut sebagai ancaman.

Maka tak heran jika saat ini banyak pengguna yang memilih untuk tidak lagi menggunakan avast sebagai antivirus yang ada di perangkat mereka, karena alasan tersebut.

Namun kembali lagi, karena antivirus avast ini akan masuk kedalam system setelah di install, para pengguna kerap kali mengalami kesulitan untuk menghapus atau menguninstall aplikasi Avast yang sudah terlanjur mereka install sebelumnya

Cara Uninstall Avast

Cara Uninstall Avast

Itulah mengapa, pada artikel ini mimin akan menjelaskan beberapa cara uninstall avast yang bisa kamu coba untuk perangkat komputer, laptop, ataupun smartphone yang terinstall antivirus avast ini.

Setidaknya, dengan beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan, seperti

Cara Uninstall Avast di Komputer

Untuk pengguna komputer atau laptop yang sudah terlanjur menginstall antivirus Avast, ada beberapa rekomendasi cara dan juga aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menguninstall Avast secara mudah dan cepat, seperti

1. Cara Uninstall Avast di Komputer lewat CCleaner

Yang pertama adalah dengan menggunakan CCleaner, seperti beberapa artikel sebelumnya yang mimin tulis, CCleaner memang menjadi pilihan terbaik untuk melakukan uninstall pada aplikasi ataupun software yang sudah terinstall di perangkat komputer atau laptop kalian.

  • Langkah pertama pastikan kamu sudah mendownload aplikasi CCleaner dari situs resminya
  • Setelah itu kamu bisa menginstall aplikasi CCleaner seperti biasa hingga selesai
  • Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi CCleaner dan masuk ke menu Tools > Uninstaller
  • Nantinya CCleaner akan menampilkan seluruh daftar aplikasi yang terinstall di komputer atau laptop kalian
  • Kamu bisa langsung mencari aplikasi Avast di tampilan uninstaller CCleaner, lalu klik pada tombol Uninstall/Remove untuk menghapus aplikasi Avast yang terinstall

Setelahnya kamu tinggal menunggu proses uninstallnya selesai, dan kamu bisa langsung menggunakan komputer atau laptop kalian seperti biasa, ataupun melakukan restart terlebih dahulu untuk penyesuaian file system setelah uninstall tadi.

2. Cara Uninstall Avast di Komputer lewat Control Panel

Yang kedua adalah kamu bisa menggunakan bantuan fitur Control Panel yang mana memang menjadi salah satu fitur yang sudah ada di tiap operating system atau OS Windows, dan tentu saja caranya tidak begitu sulit.
  1. Silakan buka atau masuk ke bagian pengaturan, atau kamu bisa langsung mengetikkan kata kunci Control Panel pada laman pencarian Windows untuk menuju fitur Control Panel
  2. Setelah itu, kamu bisa memilih pada opsi Programs dan kemudian memilih menu Uninstall a Program untuk melihat daftar aplikasi apa saja yang ada di laptop atau komputer kalian
  3. Jika sudah, kamu bisa memilih aplikasi avast dan klik pada tombol remove/uninstall pada bagian atas control panel unutk melakukan uninstall pada program avast.
Setelah itu kamu tinggal menunggu sampai proses uninstallnya selesai. Biasanya, proses ini akan memakan waktu sekitar 1 - 3 menit sebelum akhirnya program avast yang terinstall tadi berhasil terhapus

3. Cara Uninstall Avast di Komputer lewat Revo Uninstaller

Kemudian kamu juga bisa kok menggunakan aplikasi andalan pengguna komputer atau laptop yang memang dikenal sebagai aplikasi uninstaller terbaik, yakni Revo Uninstaller Pro.

Aplikasi ini memang dikenal sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk kamu yang ingin menghapus installasi dari program atau aplikasi yang terinstall di komputer atau laptop kalian.

Dan tentu saja, caranya sangat mudah untuk dilakukan. 
  1. Download terlebih dahulu Revo Uninstaller Pro yang bisa kamu dapatkan melalui situs resminya
  2. Setelah itu silakan install seperti biasa aplikasi Revo Uninstaller Pro nya hingga selesai
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi Revo Uninstaller yang sudah terinstall tadi, dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi ini mendeteksi semua aplikasi yang terinstall di laptop atau komputer kalian
  4. Selanjutnya, kamu tinggal mencari aplikasi Avast yang hendak di Uninstall tadi
  5. Klik pada aplikasi tersebut, lalu tekan tombol Uninstall yang ada di bagian kiri Revo Uninstaller Pro
  6. Tunggu hingga revo uninstaller membuatkan restore point dan juga backup, atau kamu bisa klik pada tombol skip untuk melewati langkah ini
  7. Nantinya revo uninstaller pro akan memunculkan pop up untuk melakukan uninstall
  8. Kamu bisa mengikuti stepnya hingga proses uninstall selesai
Setelah proses uninstall selesai, Revo Uninstaller Pro akan langsung mengarahkan kamu untuk melihat folder beserta registry dari aplikasi Avast yang sudah tak digunakan, pada tahap ini kamu bisa mengklik pada opsi Select All > Remove untuk menghapus semua file tadi hingga bersih.

4. Cara Uninstall Avast di Android

Kemudian untuk kamu yang mungkin juga menginstall avast di smartphone Android, kamu juga bisa kok menguninstall aplikasi Avast Mobile jika mungkin sudah tak ingin digunakan.

Caranya juga gampang banget. Kamu hanya perlu masuk ke settings/pengaturan > aplikasi/Apps lalu pilih aplikasi Avast Mobile.

Jika sudah, kamu bisa langsung mengklik pada opsi Remove/Uninstall Apps untuk melakukan uninstall pada aplikasi Avast yang kamu install di smartphone Android kalian, dan tunggu sampai proses installasinya selesai.

5. Cara Uninstall Avast di iPhone

Selanjutnya untuk para pengguna iPhone yang juga menginstall aplikasi avast mobile, kamu juga bisa menguninstall aplikasi tersebut tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Karena memang iPhone sendiri memberikan kemudahan untuk para penggunanya untuk melakukan uninstall atau penghapusan aplikasi yang sudah terinstall di perangkat iPhone.

Kamu bisa menguninstall avast di iPhone dengan cara masuk ke App Store > pilih My Apps > Lalu cari Avast > Pilih Remove.

Atau, kamu juga bisa masuk ke halaman home atau aplikasi yang ada di depan layar, kemudian tap agak lama pada icon avast yang terinstall, dan kemudian klik pada tombol (x) yang ada di pojok kanan icon aplikasi.

Nantinya akan muncul konfirmasi apakah kamu ingin menghapus aplikasi tersebut, kamu bisa klik pada pilihan YES/OK dan tunggu sampai proses penghapusan selesai. Gimana, gampang banget kan?

Nah, itulah tadi beberapa cara uninstall avast yang bisa kamu coba. Gimana nih, menurutmu mana yang paling mudah? Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!