4+ Cara Upgrade Kartu XL dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Untuk kamu pengguna smartphone tentunya sudah mengetahui bahwa sekarang ini semua operator akan beralih ke layanan 4G dan bagi kamu pengguna operator seluler apapun yang masih menggunakan layanan 3G kamu harus segera melakukan upgrade layanan kartu kamu. Dan jika kamu pengguna XL kamu bisa menyimak cara upgrade kartu XL yang akan dibahas pada artikel ini.

XL adalah salah satu operator seluler yang ada di Indonesia, cukup banyak masyarakat yang memilih menggunakan kartu XL untuk smartphone yang mereka miliki karena berbagai layanan ataupun keunggulan yang dimiliki oleh XL.

Jika sebelumnya layanan 3G masih banyak digunakan untuk koneksi internet, namun dalam perkembangannya layanan 3G akan digantikan dengan layanan 4G yang menawarkan sinyal internet yang lebih cepat.

Pada akhir tahun 2022 layanan 3G akan disecara resmi dihapuskan oleh pihak pemerintah, oleh karena itu jika kartu yang kamu gunakan masih belum mendukung layanan 4G LTE maka kamu harus segera melakukan upgrade akrtu XL kamu ke layanan 4G.

Sebelum kamu bisa melakukan upgrade kartu, kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu apakah handphone kamu sudah mendukung layanan 4G LTE atau belum.

Sebab persyaratan utama supaya kamu bisa menyikmati jaringan 4G dari XL smartphone yang kamu gunakan harus sudah mendukung layanan 4G LTE. Dan jika kamu sudah memastikan bahwa smartphone yang kamu gunakan sudah mendukung maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya untuk melakukan upgrade lartu XL yang kamu gunakan sekarang ini.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan upgrade kartu XL, baik itu secara offline yaitu dengan datang langsung ke XL Center atau kamu bisa melakukan upgrade secara mandiri tanpa harus datang ke XL Center.

Caranya adalah dengan menggunakan teknologi OTA (over the air), dan kamu juga tidak perlu ganti nomor jika ingin melakukan upgrade kartu XL milikmu, kamu cukup harus membeli kartu XL baru dan untuk mengantikan dengan nomor XL lama kamu.

Jadi semua kontak, kuota, maupun pulsa dari kartu XL lama tidak akan hilang dan masih bisa kamu gunakan, jika kamu masih bingung mengenai langkah-langkah untuk melakukannya berikut ini akan dibahas mengenai cara upgrade kartu XL.

Cara Cek Kartu XL Sudah 4G atau Belum

Sebelum kamu melakukan upgrade kartu XL kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah kartu XL yang kamu gunakan sudah 4G ataukah belum.

Caranya juga mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu mengetikan kode USSD *123*817* pada pad dial di handphone kamu. Setelah itu akan muncul beberapa informasi seperti mengetahui nomor XL milikmu, informasi mengenai status HP 4G atau tidak, Paket 4G, dan dukungan lokasi atau area sekitar kamu mendukung 4G atau tidak.

Cara Upgrade Kartu XL

cara-upgrade-kartu-xl

Selanjutnya pada pembahasan kali ini, akan dibahas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan upgrade kartu XL, untuk kamu pengguna kartu XL yang ingin melakukan upgrade kartu akan tetapi masih bingung caranya maka artikel ini cocok untuk kamu.

Kamu bisa memilih cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini dan mencoba cara yang cocok untuk kamu lakukan supaya berhasil melakukan upgrade kartu XL dari 3G ke 4G. Berikut ini cara-cara untuk upgrade kartu XL, simak !.

1. Cara Upgrade Kartu XL Dengan Kode USSD

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk melakukan upgrade kartu XL dari 3G ke 4G adalah dengan menggunakan kode Kode USSD. Namun cara pertama ini mengharuskan kamu untuk untuk membeli kartu XL baru.

Meskipun kamu harus membeli kartu baru tapi kamu masih bisa menggunakan nomor XL lama milikmu, dan paket data, dan pulsa yang kamu miliki di nomor lama akan secara otomatis berpindah ke kartu baru.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk upgrade kartu XL dengan melalui USSD :

  • Pertama kamu harus membeli kartu XL 4G ke konter terdekat.
  • Jika sudah kamu bisa membuka menu dial di handphone kamu.
  • Lalu hubungi kode USSD *123*46# menggunakan nomor XL lama kamu.
  • Kemudian pilih opsi 1. Jika sudah kamu bisa mengeluarkan kartu SIM XL 3G kamu tanpa harus mematikan handphone.
  • Setelah itu masukan kartu SIM XL 4G yang baru kamu beli ke handphone kamu.
  • Selanjutnya buka menu dial kembali dan hubungi kode USSD *123*46#. Dan pilih opsi 2.
  • Kamu harus memastikan jaringan 4G di handphone kamu telah aktif.
  • Kemudian kamu bisa merestart handphone kamu untuk menyelesaikan proses upgrade kartu.
  • Selesai.

Itu dia cara pertama untuk melakukan upgrade kartu XL yang bisa kamu coba dan ikuti, kamu hanya perlu membeli kartu XL 4G di konter atau kios terdekat dari lokasimu.

2. Cara Upgrade Kartu XL Melalui Website Resmi

Berikutnya kamu bisa mengikuti cara kedua yaitu dengan mellaui website resmi dari XL. Cara kedua ini kamu tidak perlu membeli kartu baru. Langkah-langkahnya mudah untuk kamu lakukan sendiri.

Nanti kartu 4G kamu akan dikirim ke alamat kamu. Sebelunya ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan sepeti NIK, Nomor KK, dan Nomor XL lama milikmu. Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya.

  • Pertama buka browser dan kunjungi situs resmi dari XL yaitu https://prioritas.xl.co.id/apply/layanan-xl-center.
  • Jika sudah kamu bisa memilih opsi Layanan Ganti Kartu, lalu Input Nomor Telepon kamu dari kartu XL 3G.
  • Setelah itu klik Lanjut.
  • Kemudian isi form data diri yaitu berisi Nama Lengkap, NIK, Nomor KK, dan Nomor Telepon XL lama kamu,
  • Lalu masukan alamat dan ikuti langkah instruksi selanjutnya.
  • Selesai.

Jika proses upgrade kartu XL telah divalidasi, maka kartu XL 4G kamu bisa diambil di XL Center terdekat atau dikirim ke alamat kamu. Dan untuk mengantinya kamu bisa mengikuti cara pertama.

3. Cara Upgrade Kartu XL Melalui XL Center

Cara berikutnya kamu juga bisa melakukan upgrade kartu XL kamu dari 3G ke 4G dengan langsung datang ke kantor XL Center terdekat, dan cutomer service XL akan langsung membantu kamu melakukan upgrade kartu ke 4G.

Sebelumnya kamu juga perlu membawa KTP dan kartu XL 3G kamu sebelum datang. Untuk mengetahui lokasi XL Center terdekat kamu bisa cek melalui situs resmi XL.

4. Cara Upgrade Kartu XL Melalui Toko Online

Cara terakhir yang bisa kamu pilih untuk mengupgrade kartu XL adalah dengan melalui toko online resmi yang telah bekerjasama dengan XL untuk melakukan upgrade kartu.

Untuk kisaran biaya yang diperlukan adalah dari Rp.100 sampai Rp.5.000. Dan jika sudah selesai kamu bisa mendapatkan kartu serta lakukan pemasangan kartu seperti yang sudah dijelaskan pada cara pertama yaitu dengan menggunakan kode USSD yang telah dijelaskan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara upgrade kartu XL, kamu bisa memilih cara yang paling cocok untuk kamu coba. Selamat mencoba!