4+ Cara Update Google Play Store dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Cara update Google Play Store merupakan hal yang banyak dicari oleh pengguna handphone Android, karena seperti yang kamu ketahui jika aplikasi Google Play Store adalah aplikasi bawaan untuk semua jenis handphone Android dan memiliki pengaruh yang besar untuk kinerja dari Android.

Sebab keberaan Google Play Store adalah sebagai toko aplikasi, dengan adanya Google Play Store kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi penjunjang kinerja dari handphone Androidmu.

Selain itu kamu juga bisa melakukan update aplikasi-aplikasi lain yang ada dihandphone kamu melalui aplikasi Google Play Store ini. Jadi apabila aplikasi Google Play Store milikmu bermasalah karena menggunakan versi yang terlalu lama maka kamu harus segera melakukan update versi aplikasi.

Selain sebagai toko aplikasi, Google Play Store juga menyediakan berbagai layanan lainnya seperti halnya Game, Buku, Film, dan lain sebagainya yang bisa kamu akses baik secara gratis maupun berbayar.

Didalam aplikasi Google Play Store atau yang lebih dikenal dengan istilah Play Store memiliki banyak fitur-fitur yang bermanfaat untuk penggunannya. Dan dengan melakukan update aplikasi kamu bisa mendapatkan fitur-fitur baru yang dikeluarkan oleh pihak Google untuk aplikasi Google Play Store;

Sebenarnya aplikasi Google Play Store akan secara otomatis menginstal versi terbaru aplikasi jika sudah muncul, akan teapi jika aplikasi Google Play Store di handphone milikmu belum bisa update otomatis maka kamu bisa melakukannya secara manual.

Cara Update Google Play Store



Pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas seputar informasi mengenai cara update Google Play Store, jadi untuk kamu pengguna handphone Android yang ingin melakukan update aplikasi namun bingung caranya maka simak artikel ini.

1. Cara Update Google Play Store Lewat Menu Setelan

Untuk kamu yang ingin melakukan update aplikasi Google Play Store di handphone Androidmu, kamu bisa menggunakan cara pertama ini. Yaitu dengan melalui menu setelan yang ada di aplikasi Google Play Store itu sendiri.

Langkah-langkah untuk melakukannya juga cukup mudah, dan sebelum kamu melakukan update kamu perlu memastikan bahwa handphone milikmu sudah terhubung ke jaringan internet supaya bisa mengunduh dan instal update aplikasi dengan lancar.

Apabila kamu belum tahu atau masih bingung mengenai langkah-langkahnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini :

  • Langkah pertama kamu perlu membuka aplikasi Google Play Store yang ada di handphone milikmu.
  • Setelah itu pada tampilan utama aplikasi kamu bisa memilih tombol yang menampilkan foto profil dari akun Google yang sudah kamu daftarkan di Google Play Store.
  • Selanjutnya jika sudah masuk, kamu bisa memilih opsi Setelan atau Setting.
  • Setelah itu pilih opsi Tentang. Lalu akan muncul beberapa opsi yang bisa kamu pilih dan untuk melakukan update Google Play Store kamu bisa klik Update Play Store.
  • Dan jika aplikasi Google Play Store milikmu adalah versi terbaru maka akan muncul notifikasi “Versi Google Play Store sudah yang terbaru”.
  • Serta aplikasi akan secara otomatis mengunduh pembaruan jika Google Play Store milikmu bukan versi terbaru.
  • Tunggu hingga proses unduh dan instal update Google Play Store selesai.
  • Selesai, kamu sudah berhasil memperbarui Google Play Store.

2. Cara Update Google Play Store Secara Otomatis

Berikutnya karena seperti halnya aplikasi lain aplikasi Google Play Store juga terus melakukan update aplikasi secara berkala, dan kamu perlu melakukan update aplikasi secara terus menerus.

Supaya kamu tidak harus cek update aplikasi Google Play Store secara otomatis secara terus menerus kamu bisa mengatur settingan aplikasi supaya bisa melakukan update secara otomatis.

Langkah-langkahnya juga mudah, berikut penjelasannya kamu bisa menyimak :

  • Pertama kamu bisa membuka aplikasi Google Play Store yang ada di handphone Android milikmu.
  • Jika sudah kamu bisa pilih menu yang terdapat pada bagian pojok kiri atas yang memiliki gambar profil akun Gmail.
  • Apabila sudah masuk kamu bisa cari opsi Setelah atau Settings.
  • Dan jika sudah untuk mengatur update aplikasi secara otomatis kamu bisa memilih opsi Preferensi Jaringan. Dengan mengaktifkan opsi yang ada di Preferensi Jaringan tersebut maka aplikasi Google Play Store milikmu akan update secara otomatis jika ada pembaruan versi aplikasi.
  • Berikutnya tekan opsi Update Otomatis Aplikasi. Lalu jika kamu sudah menekan Update otomatis aplikasi, akan ada beberapa opsi seperti Melalui jaringan apapun, Melalui WiFi saja, dan Jangan update otomatis aplikasi.
  • Supaya bisa melakukan update aplikasi secara otomatis kamu bisa memilih menu Melalui jaringan apapun, atau pilih menu Melalui WiFi saja.
  • Apabila kamu sudah mengaktifkan fitur itu maka Google Play Store dihandphone kamu akan diupdate secara otomatis sesuai dengan opsi yang kamu pilih.
  • Selesai.

Itu dia cara kedua untuk melakukan update aplikasi Google Play Store secara otomatis, jadi kamu tidak perlu melakukan update aplikasi secara manual. Bagaimana cukup mudah bukan ?.

3. Cara Update Google Play Store Lewat Apkmirror.com

Berikutnya kamu juga bisa mencoba melakukan update aplikasi Google Play Store untuk handphone Android kamu selain secara langsung di aplikasi Google Play Store yaitu dengan memanfaatkan website Apkmirror.com. Website ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Google Play Store yaitu layanan toko aplikasi gratis yang bisa diakses siapa saja. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Pertama-tama buka aplikasi browser apapun yang ada di handphone kamu.
  • Setelah itu kamu bisa mengunjungi website apkmirror.com.
  •  Lalu pada kolom pencarian ketik “Google Play Store”.
  • Langkah selanjutnya pilih aplikasi Google Play Store versi terbaru, kemudian unduh dan instal.
  • Jika sudah selesai maka Google Play Store yang ada di handphone kamu akan secara otomatis berganti ke versi terbaru tanpa harus uninstal terlebih dahulu.
  • Selesai.

Itulah cara memperbarui aplikasi Google Play Store selain menggunakan menu setelah aplikasi secara langsung dan pastinya tanpa harus melakukan uninstal aplikasi.

4. Cara Update Google Play Store Lewat Website Apkpure.com

Cara terakhir yang akan dibahas dan juga bisa kamu coba jika ingin melakukan update aplikasi Google Play Store di hp Android milikmu adalah dengan melakukan update melalui website Apkpure.com.

Jadi selain menggunakan website apkmirror.com kamu juga bisa menggunakan website Apkpure,com. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, simak :

  • Langkah pertama buka aplikasi browser pada handphone milikmu.
  • Setelah itu ketik di mesin pencarian “Download Play Store Terbaru”.
  • Langkah berikutnya akan ada beberapa pilihan website untuk mengunduhnya, dan kamu bisa pilih website apkpure.com atau klik website https://m.apkpure.com/id/google-play-store/com.android.vending. 
  • Jika sudah maka akan langsung muncul aplikasi Google Play Store versi terbaru beserta keterangannya.
  • Berikutnya kamu bisa tekan tombol Unduh APK.
  • Kemudian akan secara otomatis dimulai proses unduhan, dan kamu bisa menunggu hingga proses unduhan selesai dan lakukan instalasi.
  • Selesai aplikasi Google Play Store versi lama kamu akan secara otomatis menjadi versi terbaru.

Demikianlah informasi mengenai cara update Google Play Store di handphone Android kamu, pilih salah satu dari keempat cara yang telah dibahas diatas.