4+ Cara Unreg Kartu XL yang Paling Benar

Caracekonline.net | XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi tersebut di Indonesia, dan banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan layanan dari operator XL ini. Apabila kamu pengguna XL selain kamu perlu mengetahui cara registrasi kartu, kamu juga perlu mengetahui cara unreg kartu XL.

Sebab seperti yang kamu ketahui jika ingin dapat mengakses kartu SIM untuk digunakan beraktivitas seperti mengirim SMS, melakukan telepon, menggunakan jaringan internet. Sebelumnya kita perlu melakukan registrasi dengan cara mendaftarkan kartu SIM menggunakan nomor NIK dan nomor KK.

Registrasi kartu ini penting untuk dilakukan, yang berguna untuk memberikan perlindungan bagi pengguna dari adanya penipuan yang biasa terjadi melalui SMS ataupun telepon.

Hal ini berlaku untuk semua pengguna operator seluler yang ada di Indonesia. Jadi setelah kamu membeli nomor baru kamu harus segera melakukan registrasi dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) kemudian kirim ke 4444.

Jika kamu sudah melakukan registrasi barulah kamu bisa menggunakan kartu SIM tersebut untuk beraktvitas di smartphone. Jika kamu ingin mengganti nomor atau nomor XL kamu hilang ataupun rusak kamu juga bisa segera melakukan unreg pada kartu tersebut.

Melakukan unreg ini berfungsi untuk melindungi data pribadi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Supaya data kamu yang ada pada kartu tersebut tidak dimanfaatkan oleh orang lain.

Cara unreg kartu XL juga dapat dilakukan dengan mudah, ada banyak cara yang dapat kamu pilih untuk melakukan unreg ini seperti menggunakan SMS, melalui dial pad, melalui call center XL, dan masih banyak lagi cara yang bisa kamu pilih.

Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara unreg kartu XL yang dapat kamu ikuti, dan kamu bisa melakukannya sendiri untuk membatalkan registrasi kartu XL yang kamu gunakan.

Cara Unreg Kartu XL



Seperti yang telah dijelaskan diatas jika pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara unreg kartu XL. Sebelum kamu memutuskan untuk menganti kartu SIM baru, kamu perlu melakukan unreg pada kartu SIM yang kamu gunakan sekarang.

Untuk itu jika kamu menggunakan operator seluler XL, kamu bisa mengikuti salah satu cara yang akan dijelaskan dengan rinci pada artikel ini. Simak langkah-langkahnya dan ikuti dengan cermat.

Berikut cara-cara untuk menonaktifkan kartu XL yang dapat kamu ikuti :

1. Cara Unreg Kartu XL Melalui SMS

Jika kamu ingin melakukan unreg pada kartu XL maka kamu bisa mencoba mengikuti cara pertama ini yaitu dengan menggunakan SMS. Cara pertama ini banyak digunakan oleh pengguna XL saat hendak membatalkan registrasi kartu mereka.

Langkah-langkah untuk membatalkan registrasi kartu XL dengan menggunakan SMS juga cukup mudah untuk dilakukan, kamu tinggal mengirim pesan ke 4444 dengan format yang akan dibahas berikut ini :

  • Pertama-tama kamu bisa membuka aplikasi Pesan yang ada di smartphone milikmu.
  • Jika sudah masuk ke aplikasi Pesan maka langkah berikutnya adalah dengan membuat pesan baru.
  • Lalu masukan nomor tujuan dengan nomor 4444.
  • Setelah itu ketik pesan dengan format UNREG#NomorHP#.
  • Langkah berikutnya Kirim pesan tersebut.
  • Tunggu hingga mendapatkan pesan balasan yang menunjukkan jika proses unreg sudah berhasil dilakukan.
  • Selesai.

Itu dia cara pertama untuk membatalkan registrasi dari kartu provider XL. Dengan melakukan unreg maka data yang kamu daftarkan saat registrasi secara otomatis akan terhapus jadi kamu bisa menggunakannya untuk melakukan registrasi pada nomor baru kamu. Cukup mudah bukan ?

2. Cara Unreg Kartu XL Melalui Menu Dial Up

Cara selanjutnya yang dapat kamu ikuti jika kamu ingin membatalkan registrasi kartu provider XL adalah dengan menggunakan menu Dial Up yang dapat kamu akses menggunakan aplikasi Panggilan yang ada dihandphone kamu.

Dengan menggunakan cara kedua ini tidak kalah mudah dengan cara unreg kartu XL yang pertama, karena kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Pertama buka aplikasi Panggilan yang ada dihandphone kamu.
  • Jika sudah maka buka dial up dan ketik kode USSD *123*4444#.
  • Langkah berikutnya tekan Panggil.
  • Lalu pilih opsi unreg.
  • Kemudian tunggu hingga kamu mendapatkan pesan konfirmasi jika status nomor-mu sudah nonaktif.

Itulah cara kedua yang dapat kamu pilih juga untuk melakukan unreg pada kartu provider XL. Selain cara kedua ini masih ada cara selanjutnya yang tidak kalah mudah yaitu dengan cara menghubungi call center XL.

3. Cara Unreg Kartu XL Melalui Call Center XL

Selain menggunakan kedua cara yang telah dibahas diatas, kamu juga bisa memilih untuk menghubungi nomor Call Center XL. Cara ini juga bisa kamu lakukan jika kartu XL kamu hilang karena perangkat milikmu menghilang agar tidak disalahgunakan oleh orang lain, maka kamu bisa langsung menghubungi nomor call center XL yaitu 817.

Jika kamu masih bingung langkah-langkahnya maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama buka aplikasi Panggilan di handphone kamu
  • Jika sudah masuk ke aplikasi maka langkah berikutnya adalah ketik nomor 817.
  • Kemudian klik Panggil (Call).
  • Setelah terhubung kamu bisa menyampaikan permasalahan kamu dan sampaikan jika kamu ingin melakukan unreg pada nomor XL milikmu karena kehilangan handphone.
  • Sampaikan juga nomor telepon XL-nya.
  • Setelah itu pihak XL akan melakukan pemblokiran nomor melalui sistem mereka.
  • Kamu bisa menunggu hingga proses pemblokiran nomor yang telah terdaftar berhasil dilakukan.
  • Selesai.

Itu dia cara ketiga yang dapat lakukan untuk melakukan pembatalan registrasi kartu XL. Jadi jika kamu kehilangan nomor XL milikmu, jangan bingung segeralah melakukan unreg dengan cara menghubungi nomor call center XL. Dengan cara ini maka data-data pribadi yang terdapat pada nomor tersebut aman dan tidak akan disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk permasalahan selain nomor hilang atau rusak, yaitu seperti nomor hangus maka tidak masalah kamu tidak perlu melakukan unreg karena data yang ada didalamnya secara otomatis akan terhapus.

4. Cara Unreg Kartu XL Dengan Mendatangi XL Center

Cara yang terakhir yang dapat kamu lakukan untuk membatalkan registrasi dari kartu XL adalah dengan cara datang langsung ke XL Center terdekat dari lokasimu.

Sebelum datang ke XL Center sebaiknya kamu menyiapkan identitas yang kamu gunakan saat pendaftaran yaitu KTP dan KK. Jika sudah segera datang ke XL Center dan sampaikan permasalahan kamu seperti ingin melakukan unreg pada nomor XL pada bagian Customer Service.

Lalu tunggu hinggi pihak Customer Service memproses unreg pada nomor XL milimu, dan apabila proses unreg telah selesai maka kamu akan diberikan informasi oleh Customer Service jika proses nonaktif nomor XL yang kamu inginkan sudah berhasil.

Demikianlah cara unreg kartu XL yang telah dijelaskan dengan rinci pada artikel ini. Kamu bisa mengikuti salah satu dari empat cara diatas untuk melakukan unreg.