4+ Cara Unreg Kartu Indosat yang Paling Benar

Caracekonline.net | Bagimana cara unreg kartu Indosat ? Indosat sendiri adalah salah satu kartu provider yang tetap menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan smartphone yang mereka miliki. Selain karena jaringan yang luas, Indosat juga memiliki banyak pilihan paket dengan harga yang terjangkau dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Sesuai dengan peratiran yang ada sejak tahun 2017 pemerintah telah mewajibkan pengguna kartu provider untuk mendaftarkan nomor mereka dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk melindungi pengguna kartu provider dari kejahatan berupa penipuan yang biasanya terjadi melalui SMS ataupun telepon.

Dengan mendaftarkan nomor menggunakan NIK dan KK maka data diri pengguna nomor akan secara otomatis tersimpan, dan setiap pengguna kartu provider memilikibatasan satu NIK maksimal bisa digunakan untuk mendaftarkan tiga nomor.

Jadi setiap pengguna kartu provider tidak bebas bergonta-ganti nomor teleponnya. Jika kamu ingin menganti nomor telepon atau ganti provider maka kamu harus melakukan unreg atau pembatalan registrasi pada kartu yang saat ini kamu gunakan terlebih dahulu.

Melakukan unreg berguna untuk menghapus semua data yang tersimpan dan terdaftar pada nomor tersebut seperti halnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang kamu gunakan untuk mendaftarkan nomor sebelumnya.

Cara unreg kartu Indosat sendiri terbilang mudah, karena terdapat banyak cara menonaktfikan kartu yang bisa kamu pilih. Kamu tinggal mengikuti cara yang menurut kamu paling praktis untuk diterapkan pada handphone milikmu.

Apabila kartu Indosat yang akan kamu unreg hilang ataupun rusak, kamu masih bisa melakukan unreg dengan cara menghubungi call center dari Indosat atau datang langsung ke gerai Indosat terdekat dan nantinya akan dibantu oleh customer service Indosat.

Cara Unreg Kartu Indosat



Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara unreg kartu Indosat. Jadi untuk kamu pengguna kartu provider Indosat yang ingin melakukan unreg nomor kamu, maka kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Dengan mengikuti cara-cara yang akan dibahas dibawah maka kamu bisa segera melakukan pembatalan registrasi dan menganti kartu SIM dengan provider yang kamu inginkan.

Dari beberapa cara yang dibahas pada artikel ini kamu bebas mau mengikuti cara yang mana yang sekiranya bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah dan benar.

1. Cara Unreg Kartu Indosat dengan Kode USSD

Cara pertama yang dapat kamu ikuti jika kamu ingin melakukan pembatalan registrasi pada nomor Indosat maka kamu bisa menggunakan kode USSD. Kode USSD ini bisa kamu hubungi melalui telepon.

Membatalkan registrasi menggunakan kode USSD adalah salah satu cara termudah yang dapat kamu ikuti, karena kamu tinggal melakukan beberapa langkah saja. Berikut langkah-langkah untuk melakukan unreg kartu Indosat, simak !.

  • Langkah pertama buka aplikasi Telepon yang ada pada smartphone yang kamu gunakan sekarang.
  • Jika sudah masuk ke aplikasi telepon, maka kamu bisa mengetik kode USSD *123*4444#.
  • Lalu tekan Panggil (Call).
  • Apabila sudah terhubung maka akan ada beberapa opsi yang dapat kamu pilih seperti cek status, registrasi, cek NIK, dan unreg atau hapus data registrasi.
  • Kemudian untuk melakukan unreg maka kamu bisa memilih opsi Unreg/hapus data registrasi.
  • Setelah itu untuk konfirmasi maka pilih PK.
  • Dan jika proses unreg telah berhasil maka akan ada SMS yang menyatakan bahwa proses unpair atau unreg telah sukses dilakukan dan sekarang nomor kamu tidak terdaftar.
  • Selesai.

Itulah cara unreg kartu Indosat pertama yang dapat kamu ikuti, dengan mengikuti cara diatas maka kamu bisa melakukan unreg kartu Indosat milikmu dengan mudah.

Jika proses unreg sudah berhasil maka kamu bisa mencabut kartu Indosatmu dan mengantinya dengan provider yang kamu inginkan. Melakukan unreg artinya menghapus semua data yang ada pada kartu tersebut jadi sebelum melakukan unreg cek dulu pulsa dan paket internet milikmu masih atau sudah habis jika masih maka kamu bisa mengunakan kuota dan pulsa tersebut terlebih dahulu sebelum akhirnya melakkan unreg.

2. Cara Unreg Kartu Indosat Menggunakan SMS

Selanjutnya selain kamu bisa menggunakan cara pertama untuk melakukan unreg kartu Indosat milikmu, kamu bisa memilih menggunakan cara kedua juga. Cara kedua ini adalah dengan menggunakan menu Pesan yang sudah ada pada handphone kamu.

Dengan menggunakan cara kedua ini, tidak kalah mudah dengan cara pertama. Dan cara ini juga banyak digunakan oleh pengguna smartphone yang menggunakan provider apapun untuk melakukan unreg pada kartu SIM mereka. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Langkah pertama kamu bisa buka kunci handphone kamu dan pilih aplikasi Pesan.
  • Jika sudah masuk ke aplikasi pesan maka langkah berikutnya pilih Buat Pesan Baru.
  • Kemudian kamu bisa mengetik nomor 4444, pada kolom nomor tujuan seperti yang kamu lakukan saat melakukan registrasi kartu SIM.\
  • Setelah itu pada bagian kolom pesan kamu bisa mengetik pesan dengan format UNPAIR#Nomortelepon#. contonya UNPAIR#0851234567#.
  • Langkah selanjutnya tekan tombol Kirim.
  • Apabila proses unreg telah berhasil dilakukan maka akan ada SMS pemberitahuan yang menyatakan bahwa nomor kamu sudah tidak terdaftar lagi.
  • Selesai.

Itu dia cara kedua yang dapat kamu ikuti saat hendak membatalkan registrasi nomor telepon milikmu. Kamu harus melakukannya dengan benar supaya bisa berhasil menonaktifkan kartu karena jika format pesan unreg salah maka nomor kamu tidak akan berhasil di unreg. Jika kamu belum berhasil maka cek dulu apakah format pesan dan nomor tujuan kamu sudah benar atau belum.

3. Cara Unreg Kartu Indosat Melalui Call Center Indosat

Apabila kamu mengalami kesulitan jika harus melakukan pembatalan registrasi kartu sendiri, maka kamu bisa menghubungi nomor call center dari Indosat ataupun datang ke gerai Indosat. Nantinya kamu akan dibantu oleh petugas untuk melakukan unreg nomor Indosat milikmu.

Caranya adalah hubungi nomor call center Indosat di nomor (021) 30003000. lalu sampaikan jika kamu ingin melakukan unreg pada kartu Indosat milikmu. Dan nanti akan dipandu oleh petugas Indosat tentang apa saja yang perlu kamu lakukan seperti mengatakan nomor Indosat yang ingin kamu unreg dan identitas diri.

4. Cara Unreg Kartu Indosat dengan Datang ke Gerai Indosat

Cara yang keempat selain ketiga cara yang telah dibahas diatas, jika kamu sudah melakukan langkah-langkahnya dengan benar tapi masih belum berhasil menonaktifkan nomor Indosat maka kamu bisa menggunakan cara keempat ini yaitu dengan datang langsung ke gerai Indosat.

Sebelum kamu datang ke gerai Indosat kamu perlu menyiapkan dokumen seperti KTP dan fotokopi KK, lalu nomor telepon Indosat yang ingin kamu unreg.

Itulah sedikit informasi mengenai cara unreg kartu Indosat yang dapat kamu ikuti. Dari keempat cara diatas kamu bisa memilih salah satu cara yang menurut kamu lebih mudah dan efisien untuk kamu praktekan sendiri. Selamat mencoba.