4+ Cara Unlock Modem Bolt dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara unlock modem Bolt yang benar? Apa saja yang diperlukan untuk melakukan unlock pada modem bolt? 

Kebutuhan manusia saat ini akan internet sudah sangat besar dan hampir di tiap tempat maupun perangkat sudah bisa diakses menggunakan internet.

Tak cuma itu saja, kemajuan teknologi dan informasi seperti saat ini membuat kita bisa dengan mudah mengakses ataupun mendapatkan informasi dari internet.

Mulai dari blog, website, sosmed, ataupun email, adalah beberapa contoh dari platfrom yang bisa kita akses dengan menggunakan internet.

Selain itu, internet juga memudahkan kita dalam urusan pekerjaan, di mana kita bisa dengan mudah berkirim file ataupun laporan atas pekerjaan yang sudah kita kerjakan.

Hal ini juga dipengaruhi dari bagaimana perangkat mobile seperti smartphone yang sekarang ini sudah dilengkapi dengan layanan SIM Card yang mampu mengakses internet dengan menggunakan mobile data.

Hingga akhirnya, banyak beragam jenis jaringan internet yang bisa kita gunakan. Selain mobile data dan juga WiFi, kini masyarakat bisa menggunakan modem untuk bisa terhubung dengan internet.

Salah satu layanan modem portable yang bisa dibawa ke mana saja dan diakses kapan saja adalah Bolt.

Tentunya, salah satu produk dan juga provider internet saatu ini sudah tak lagi asing di telinga masyarakat.

Di mana Bolt sendiri memang menjadi salah satu provider ISP mobile yang pertama kali mengenalkan jaringan 4G kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan internet mereka.

Selain mudah digunakan, modem Bolt juga sangat praktis dan mudah untuk digunakan sebab ukurannya yang tidak terlalu besar, dan bisa ditaruh di mana saja.

Sayangnya, beberapa tahun lalu Bolt resmi menghapus seluruh layanan SIM Card Bolt untuk para penggunanya.

Alhasil, para pengguna Modem Bolt kini agak kesulitan untuk bisa menggunakan jaringan dari SIM Card Bolt itu sendiri.

Cara Unlock Modem Bolt

Cara Unlock Modem Bolt

Tapi jangan khawatir, karena cara unlock modem bolt berikut ini bisa kamu gunakan untuk melakukan bypass agar Modem Bolt bisa digunakan untuk semua SIM Card yang memiliki jaringan mobile data, dengan cara.

Cara Unlock Modem Bolt dengan Huawei Modem Flasher

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan apliakasi Huawei Modem Flasher yang berguna untuk melakukan unlock pada modem Bolt dengan tipe MiFi tentunya.

Caranya juga simple banget kok.

  1. Pastikan kamu sudah menginstall driver modem Bolt di komputer atau laptop, dengan mendapatkannya dari situs resmi modem Bolt
  2. Setelah itu silakan hubungkan modem Bolt untuk mendeteksi apakah perangkat modem kamu terdeteksi atau tidak
  3. Jika sudah terdeteksi, silakan cabut modem Bolt yang terhubung dengan USB ke laptop atau komputer kalian
  4. Matikan modem Bolt lalu nyalakan dengan menekan tombol power + menu secara bersamaan sampai muncul tulisan Do Not Power Off
  5. Saat kondisi seperti itu, silakan hubungkan modem Bolt dengan USB ke komputer/laptop kalian
  6. Tunggu beberapa saat, lalu buka aplikasi Huawei Modem Flasher dan edit pada file Ports.ini dengan mengisi N_Port serta D_Port sesuai dengan modem Bolt kamu. Untuk mengetahui N_Port dan D_Port, kamu bisa membuka Device Manager di Komputer/Laptop kalian dan cari pada model Bolt kalian
  7. Jika sudah, silakan simpan file Ports.ini yang sudah di edit tadi, lalu buka lagi aplikasi Huawei Modem Flasher dan masuk ke menu Selec Firmware > Parse form MHF
  8. Pada pilihan MHF, pastikan kamu memilih port COM yang sesuai dengan modem Bolt kamu terhubung, jangan sampai salah, ya.
  9. Jika sudah sampai pada tahap ini, kamu tinggal mengklik pada pilihan Flash Modem > Resurrent Mode dan tunggu sampai prosess Unlock selesai dilakukan.
  10. Jika prosessnya berhasil, kamu bisa mencabut baterai modem Bolt lalu menghubungkannya kembali dengan menekan kombinasi tombol power + menu secara bersamaan, sampai modem Bolt booting seperti biasa.

Dan selamat! Kamu sudah berhasil melakukan unlock pada modem Bolt yang kamu miliki.

Cara Unlock Modem Bolt dengan Aplikasi Unlocker

Khusus untuk pengguna Modem Bolt Aquilla yang ingin melakukan unlock pada SIM Card, kamu bisa ikuti cara berikut yang terbilang cukup mudah.

  1. Pastikan kamu sudah menginstall driver untuk port USB dan juga Modem Bolt kamu
  2. Setelah itu silakan hubungkan modem Bolt dengan USB ke komputer atau laptop kalian dengan kondisi tanpa baterai
  3. Jika sudah silakan install aplikasi Unlocker Aquilla untuk modem Bolt
  4. Tunggu sampai modem Bolt kamu terbaca, lalu klik pada tombol START
  5. Tunggu beberapa saat sampai muncul icon Download di modem Bolt kamu
  6. Setelah prosesnya aselesai, icon Download tadi akan berubah menjadi icon Centang
  7. Cabut modem Bolt yang terhubung tadi, dan coba masukkan SIM Card lain ke modem Bolt dan nyalakan seperti biasa

Jika proses unlock berhasil, nantinya kartu SIM Card yang kamu masukkan tadi akan terbaca, dan kamu bisa langsung meng-connect device kamu ke jaringan modem Bolt Aquilla yang sudah kamu unlock tadi.

Gampang banget kan?

Cara Unlock Modem Bolt dengan DC Unlocker

Dan yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan aplikasi DC Unlcoker yang cukup terkenal di kalangan pengguna Bolt yang ingin melakukan unlock pada modem mereka.

Karena memang aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan terbukti ampuh untuk melakukan unlock pada modem bolt. Caranya

  1. Silakan download terlebih dahulu aplikasi DC unlocker melalui link berikut
  2. Kemudian install aplikasi DC Unlocker serta driver modem bolt di laptop atau komputer kalian
  3. Apabila sudah, silakan hubungkan modem Bolt ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB
  4. Jika sudah, langsung saja buka aplikasi DC Unlocker yang sudah kamu install tadi
  5. Pada pilihan Select Manufacturer, pilih saja Huawei Modem. Dan untuk pilihan Models, kamu bisa menggunakan Auto Detect untuk mendeteksi driver modem Bolt kamu
  6. Lanjut kamu bisa mengklik pada tab Server untuk memasukkan username dan password modem Bolt kalian
  7. Jika sudah, tekan tombol save dan pilih pada tab unlocking
  8. Tunggu sampai proses unlocking selesai

Setelah proses unlocking berhasil dilakukan, kamu bisa menyalakan ulang modem Bolt kamu dengan menggunakan SIM Card lain di modem Bolt kamu.

Jika berhasil, maka SIM Card akan terbaca dan bisa digunakan untuk menjadi WiFi yang terhubung ke perangkat kamu.

Cara Unlock Modem Bolt dengan MIFI Tools

Metode lain yang bisa kamu coba adalah menggunakan MIFI Tools, untuk mengunlock modem bolt agar bisa menggunakan SIM Card lain selain Bolt, caranya juga gampang kok.

  1. Download aplikasi MIFI Tools melalui link berikut
  2. Setelah itu siapkan komputer atau laptop
  3. Jika sudah, masukkan SIM Card lain ke modem Bolt yang kamu miliki
  4. Hubungkan modem Bolt yang berisi SIM Card lain ke komputer atau laptop kalian
  5. Setelah itu buka aplikasi MIFI Tools dan pastikan modem Bolt kamu terbaca di aplikasi MIFI Tools
  6. Nantinya akan muncul tampilan dari MIFI Tools dengan bahasa yang aneh (maklum saja, karena aplikasi ini berbahasa china)
  7. Langsung saja pada tampilan MIFI Tools, tekan pada tombol yang berisi tanda tanya (???) pada bagian paling bawah
  8. Secara otomatis MIFI Tools akan melakukan hard reset untuk mengubah modem Bolt agar bisa digunakan dengan SIM Card lain
  9. Nantinya akan muncul tombol berwarna hijau. Tekan tombol tersebut sampai kamu diarahkan ke laman IMEI dari modem Bolt yang kamu punya
  10. Pada bagian IMEI di kolom ke dua, isi saja IMEI nya dengan angka 222222222222 lalu tekan tombol IMEI

Setelah itu, tombol yang berwarna hijau tadi akan berubah menjadi warna merah. Dan jika sudah seperti itu, maka prosess unlock sudah berhasil dilakukan. 

Kamu bisa coba menyalakan ulang modem Bolt yang masih terdapat SIM Card lain di dalamnya dan coba untuk terhubung ke handphone, laptop, atau komputer kalian.

Jika masih belum bisa, coba panduan video berikut ini:

Dan itulah tadi beberapa cara unlock modem bolt yang bisa kamu coba. Gimana nih, kira-kira kamu tertarik menggunakan metode yang mana? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!