4+ Cara Uninstall Aplikasi di Mac dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara uninstall aplikasi di mac? apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menguninstall aplikasi mac agar penyimpanan tidak penuh?

Salah satu produk apple yang saat ini cukup banyak digunakan masyarakat untuk menunjang aktivitas mereka dalam urusan pekerjaan, desain, dan juga hal lain adalah Mac.

Sebagaimana kita tau, Mac sendiri memang menjadi salah satu produk dari Apple yang kerap kali dicari para pengguna yang dalam dunia kerjanya berurusan dengan desain. Baik itu desain untuk 2D, 3D, atau bahkan editing video dan juga hal lain.

Namun permasalahan yang muncul di sini adalah, Mac sendiri sangat berbanding terbalik dengan Windows. Hal ini bisa kita lihat dari ukuran file atau size di tiap aplikasi yang mereka gunakan.

Contohnya seperti ini. Jika mungkin kita menginstall aplikasi A di Windows akan memiliki ukuran file sebesar 1 GB, jika di Mac mungkin bisa menjadi 2 - 3 kali lipatnya.

Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, namun memang pihak apple sendiri memiliki codingan yang cukup kompleks dari tiap aplikasi yang digunakan penggunanya.

Belum lagi untuk urusan security, pihak developer banyak menambahkan beberapa source code ataupun codingan yang membuat pengguna tidak dapat sembarangan menginstall aplikasi di perangkat Mac yang digunakan.

Itulah mengapa jika saat ini kamu hendak membeli perangkat Mac baru ataupun second, kamu akan melihat spesifikasi dari perangkat tersebut memiliki ukuran penyimpanan yang cukup besar.

Bahkan tak jarang ada pengguna Mac yang harus melakukan upgrade pada penyimpanan mereka dari 500GB hingga 1TB untuk dapat menyimpan data ataupun file yang mereka simpan di Mac mereka.

Karena hal inilah penting sekali untuk kita mengetahui bagaimana cara menguninstall atau menghapus aplikasi yang mungkin saja sebenarnya penting gak penting untuk digunakan atau ada di perangkat Mac yang kita miliki.

Cara Uninstall Aplikasi di Mac

Cara Uninstall Aplikasi di Mac
Cara Uninstall Aplikasi di Mac

Maka dari itu, karena operating system Mac ini agak berbeda dengan Windows, penting sekali untuk kita ketahui perihal cara uninstall aplikasi di mac yang bisa kita gunakan untuk menghapus atau menghilangkan aplikasi yang sekiranya tidak digunakan lagi. 

Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, seperti

Cara Uninstall Aplikasi di Mac lewat Finder

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menguninstall aplikasi atau sofware di perangkat mac adalah dengan menggunakan Finder.

Buat yang belum tau, Finder ini sendiri hampir mirip dengan File Explorer yang ada di perangkat Windows maupun Linux, hanya saja fitur yang disuguhkan tentu lebih lengkap daripada yang lainnya.

Dan untuk cara menguninstall aplikasi lewat finder di Mac juga terbilang mudah kok.

1. Kamu bisa membuka Finder yang ada di komputer atau laptop Mac kamu

2. Kemudian, kamu bisa mengarahkan ke laman desktop atau tempat di mana aplikasimu berada

3. Untuk melakuka proses uninstall, kamu bisa memilih aplikasi tersebut dengan cara klik > lalu tekan tombol command + delete 

Setelah kamu menekan tombol kombinasi tersebut, mac akan secara otomatis melakukan proses uninstall pada aplikasi yang kamu pilih tadi, dan memindahkan aplikasi tersebut ke trash atau recyle bin di mac kalian masing-masing.

Jangan lupa untuk mengklik kanan pada trash yang ada di bagian dock layar mac kalian, lalu pilih Empty Trash untuk menghilangkan sisa sampah yang tersisa di penyimpanan mac kalian.

Cara Uninstall Aplikasi di Mac lewat LaunchPad

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur LaunchPad yang biasa kita temukan pada produk Macbook, dan hampir mirip tampilannya dengan yang ada di smartphone iPhone pada umumnya.

Tapi buat yang belum tau, Launchpad sendiri merupakan sebuah shortcut yang mempermudah kamu untuk masuk ke daftar aplikasi yang terinstall di Mac kalian. Atau bisa disimpulkan, mirip dengan app drawer ketika kamu menggunakan Android.

Nah, dengan adanya fitur LaunchPad ini, kamu bisa melakukan proses uninstall Aplikasi dengan mudah. Caranya

1. Buka launchpad di Macbook atau perangkat Mac kamu. Jika kamu pengguna Macbook, kamu bisa mengaksessnya dengan menekan tombol F4 pada keyboard dan tunggu sampai muncul daftar aplikasi yang terinstall di Macbook kalian

2. Jika sudah, kamu bisa mengklik dan tahan pada aplikasi yang hendak di uninstall, sampai muncul tanda X pada pojok kanan atau kiri icon aplikasi

3. Klik pada tanda X tersebut, dan nantinya akan muncul pop up yang kurang lebih bertuliskan 'apakah kamu yakin akan menghapus aplikasi ini?' 

4. Jika sudah yakin, klik saja pada pilihan YES, dan proses uninstall akan dimulai hingga selesai.

Selain untuk pengguna MacBook, untuk para pengguna produk mac yang sudah memiliki fitur touchscreen, kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Yakni dengan menekan agak lama pada aplikasi yang akan di uninstall, dan kemudian mengklik pada tombol X.

Dengan cara ini, tentunya kamu bisa menghemat penyimpanan di perangkat kamu, untuk menyimpan file lain yang mungkin lebih penting.

Cara Uninstall Aplikasi di Mac lewat Uninstaller Aplikasi Bawaan

Yang ketiga, sobat juga bisa melakukan uninstall dengan menggunakan uninstaller bawaan aplikasi, biasanya hal ini sering kali diterapkan pada beberapa software/aplikasi yang memang memiliki bundle pada aplikasi yang mereka gunakan.

Salah satunya adalah Adobe. Dimana mereka mengguankan Adobe Creative Cloud untuk memudahkan pengguna dalam memanage atau mengatur aplikasi apa saja yang terinstall dalam perangkat Mac mereka. Terlebih, Adobe memang sudah multiplatform untuk para penggunanya.

Untuk itu, jika kamu ingin menguninstall aplikasi dari keluarga Adobe ataupun aplikasi yaang memiliki software bundle di dalamnya, kamu akan lebih mudah melakukannya di Mac.

Kamu tinggal membuka aplikasi Adobe Creative Cloud, dan kemudian login dengan menggunakan user id dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Jika sudah, kamu akan melihat produk adobe apa saja yang sudah terinstall di perangkat Mac yang kamu gunakan.

Untuk melakukan uninstall, kamu bisa klik pada tombol Remove yang ada di sebelah kanan aplikasi.

Setelah itu kamu tinggal menunggu hingga proses uninstallnya selesai, dan secara otomatis aplikasi yang terinstall tadi akan hilang dari daftar aplikasi Mac, maupun Adobe Creative Cloud.

Cara Uninstall Aplikasi di Mac lewat Pihak Ketiga

Kemudian untuk langkah yang terakhir, kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang biasanya dikhususkan untuk para pengguna Mac.

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti CCleaner for Mac, CleanMyMac, ataupun AppCleaner. Dan tentu saja, untuk cara penggunannya tidak begitu jauh beda dengan yang sebelumnya sudah mimin bahas pada cara uninstall aplikasi Windows.

Jika kamu menggunakan CCleaner for Mac, kamu bisa memilih icon Tools, lalu pilih uninstaller untuk menguninstall aplikasi di Mac. Sedangkan untuk kamu yang menggunakan CleanMyMac ataupun AppCleaner, kamu tinggal membuka aplikasi tersebut, dan memilih aplikasi mana yang akan di uninstall, lalu pilih remove.

Gimana, mudah banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara uninstall aplikasi di mac yang bisa kamu coba, silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!