4+ Cara Unfollow Instagram yang Paling Benar

Caracekonline.net | Bagaimana cara unfollow instagram? Apakah kita bisa mengunfollow seseorang atau pengguna instagram lain tanpa diketahui? Apa saja langkah mudah untuk mengunfollow akun instagram seseorang yang sekiranya mengganggu?

Berbicara tentang sosial media, mungkin di tengah era digital dan internet saat ini, kita bisa menemukan beragam layanan sosmed yang bisa kita gunakan untuk beragam tujuan. Mulai dari berkirim pesan, menambah teman, atau bahkan sekedar hiburan saja.

Dan salah satu layanan sosial media yang saat ini cukup terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone ialah instagram. Layanan sosial media satu ini awalnya hanya ditujukan untuk para pengguna bisa membagikan foto saja.

Hingga akhirnya seiring dengan perkembangan zaman, para pengguna sudah bisa menggunakan sosial media Instagram untuk hal yang lebih luas. Mulai dari membagikan foto, video, stories, live streaming, atau bahkan jualan online dan lain sebagainya.

Bahkan tak jarang banyak juga kok para pengguna Instagram yang kini bisa dengan mudah berinteraksi dengan pengguna lain dengan cara berkirim pesan atau DM (direct messages) untuk berkenalan atau lain sebagainya.

Tapi kembali lagi, selain memilki hal positif dari penggunaan sosial media, tentunya ada juga hal negatif dari pengguna sosmed yang kadang mengganggu para pengguna lain, demi mencapai tujuan yang diharapkan.

Kebanyakan hal hal negatif yang dilakukan 'oknum' Instagram saat ini tak jauh jauh dari bagaimana mereka membuat fake account untuk menyebarkan ujaran kebencian, stalking, atau bahkan menyebarkan berita palsu melalui layanan feed post ataupun stories instagram.

Bahkan tak jarang ada beberapa pengguna yang merasa risih atau terganggu dengan pengguna Instagram lain yang notabenenya bukan akun fake, namun kerap membuat spam sehingga pengguna memilih untuk mengunfollow akun tersebut.

Cara Unfollow Instagram

Cara Unfollow Instagram

Jika mungkin kamu juga mengalami hal yang sama, kamu gak usah risau. Karena ada beberapa cara unfollow instagram yang akan mimin bagikan, untuk kamu yang mungkin merasa risih atau terganggu dengan akun fake, ataupun akun spam yang ada di Instagram, dengan cara.

Cara Unfollow Instagram lewat Profile

Langkah pertama yang paling mudah adalah melalui profile pengguna instagram yang akan kita block. Di sini, pastikan dulu kamu sudah mengetahui akun yang hendak akan di unfollow.

Setelah itu, kamu bisa menuju ke profile dari akun tersebut baik melalui fitur explore atau pencarian, atau kamu juga bisa melihatnya di beranda Instagram kalian.

Jika sudah masuk ke profile pengguna yang hendak di unfollow, kamu bisa klik pada tulisan berhenti mengikuti atau unfollow.

Dan secara otomatis, akun pengguna tersebut sudah tidak lagi kamu ikuti dan kamu tidak akan melihat postingan dari mereka.

Cara Unfollow Instagram lewat Metode Block

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan metode block yang mana cara ini bisa berguna untuk kamu yang ingin mengunfollow pengguna, tanpa harus khawatir terlihat meng-unfollow mereka.

Caranya sangat mudah kok.

  • Langkah pertama, silakan kamu bisa menuju ke profile pengguna yang hendak kamu unfollow dengan metode block
  • Setelah itu pada bagian pojok kanan profile pengguna yang akan di unfollow, kamu bisa mengklik pada titik tiga untuk melihat opsi lainnya
  • Setelah itu pilih pada opsi block users untuk memblokir pengguna yang hendak di unfollow tadi
  • Jika sudah, jangan buru-buru kembali ke beranda, tetap di profile pengguna tadi lalu unblock pengguna yang sudah kamu block tadi.

Dengan cara ini, secara otomatis pengguna yang kamu block tadi akan berganti status menjadi belum terfollow atau bahkan kamu sudah mengunfollow akun mereka tanpa diketahui. Jadi, kamu bisa lebih aman deh kalau-kalau ingin mengunfollow pengguna instagram yang menyebalkan atau mungkin mantan hehe

Cara Unfollow Instagram lewat Daftar Followers

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu juga bisa meng-unfollow pengguna Instagram lain melalui daftar pengikut atau followers kalian di instagram. Dan untuk caranya juga gampang banget kok

  • Silakan login ke akun instagram kalian lalu masuk ke bagian profile
  • Pada bagian profile, di atas kamu akan melihat daftar followers atau pengikut dan following atau mengikuti.
  • Klik pada tab followers atau pengikut, lalu cari pengguna instagram yang hendak kamu unfollow
  • Pada bilah sebelah kanan nama pengguna, kamu akan menemukan tombol remove
  • Klik pada tombol tersebut dan secara otomatis pengguna instagram yang ingin kamu unfollow akan hilang dan tidak mengikuti akun kalian lagi.

Cara ini sangat berguna untuk kamu yang ingin mengunfollow atau menghilangkan followers yang sekiranya mengganggu aktivitas kalian di Instagram, terlebih untuk para pengguna akun yang statusnya di private atau tidak publik. Karena memang cara ini seperti memaksa pengguna untuk mengunfollow kalian tanpa diminta.

Cara Unfollow Instagram lewat Stories

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengunfollow pengguna instagram yang sekiranya mengganggu atau tak diinginkan ialah melalui fitur stories yang saat ini menjadi trend para pengguna instagram terutama kalangan remaja.

Cara ini terbilang mudah dan bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun, caranya

Silakan masuk ke beranda atau timeline Instagram kalian

Setelah itu cari stories dari pengguna yang ingin kamu unfollow akunnya

Lalu, tap agak lama pada stories dari pengguna tersebut, dan pilih pada opsi view profile atau lihat profile

Jika sudah, kamu akan diarahkan ke profile dari pengguna tersebut dan kamu bisa mengklik pada titik 3 yang ada di bagian pojok kanan atas lalu pilih pada opsi berhenti mengikuti atau unfollow.

Sampai sini, kamu sudah berhasil untuk mengunfollow pengguna atau 'oknum' pengguna instagram yang mungkin sekiranya mengganggu.

Tips Tetap Aman Menggunakan Instagram

Untuk itu, jika mungkin kamu ingin tetap aman menggunakan sosial media Instagram, pastikan kamu menggunakan Private Account agar tidak mudah di stalk oleh orang lain.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur close friend ketika membagikan stories agar stories yang kamu buat hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja yang masuk kedalam close friend kamu.

Selain itu kamu juga bisa membatasi siapa saja yang kamu follow dengan menggunakan private accoutn seperti yang mimin jelaskan tadi. Kamu bisa melihat terlebih dahulu siapa saja yang ingin request untuk memfollow kalian, jika dirasa akun yang request follow kamu terlihat seperti fake account, mimin sarankan untuk tolak saja.

Tapi jika sudah terlanjur menggunakan akun public karena suatu hal (endorsment, influencer, dll) kamu bisa mengecek daftar pengikutmu sesekali untuk mengetahui mana akun real, dan mana akun fake.

Dengan begitu, kamu akan terhindar dari akun akun yang sekiranya mengganggu dan mungkin saja memang dikhususkan untuk meyebarkan hal hal buruk di sosmed.

Gimana? Gampang banget kan cara unfollow instagram yang mimin bagikan tadi? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!