4+ Cara Ukur Lingkar Pinggang yang Paling Benar

Caracekonline.net | Cara ukur lingkar pinggang terbilang sangat mudah dan kamu bisa melakukannya di rumah. Umunnya untuk mengukur lingkar pinggang adalah menggunakan pita pengukur atau biasa disebuut meteran.

Namun, jika kamu tidak memiliki benda tersebut, kamu bisa menggunakan benda lain yang juga bisa digunakan untuk mengukur lingkar pinggang.

Mengapa kamu perlu mengukur lingkar pinggangmu? Agar ketika kamu membeli celana, kamu bisa memilih celana dengan ukuran yang pas atau sesuai. Tidak kebesaran atau tidak kekecilan.  Juga biasanya diperlukan untuk menjahit pakaian yang sesuai dengan ukuran badanmu.

Selain itu, mengetahui lingkar pinggang juga bermanfaat untuk mengetahui kesehatanmu. Sebuah penelitan menunjukkan bahwa semakin lebar ukuran lingkar pinggang, semakin besar pula risiko seseorang mengalami penyakit kronis.

Ukuran lingkar pinggang setiap orang berbeda-beda. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti suku, gen, dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jika ukuran lingkar pinggang seseorang berlebih, hal itu bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, jarang berolahraga, kebiasaan merokok ataupun mengonsumis minuman beralkohol.

Lingkar pinggang yang semakin membesar dipengaruhi oleh penumpukan lemak yang bisa menyebabkan berbagai penyair berbahaya.  

Cara Ukur Lingkar Pinggang

Cara Ukur Lingkar Pinggang

Untuk kamu yang ingin mengukur lingkar pinggang yang ideal, berikut akan mimin jelaskan beberapa cara ukur lingkar pinggang yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Cara Ukur Lingkar Pinggang Menggunakan Pita Ukur 

Pita ukur biasa dikenal dengan sebutan meteran. Untuk mengukur lingkar pingang kamu bisa menggunakan meteran yang biasa digunakan untuk menjahit. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengukur lingkar pinggang menggunakan meteran.
  • Siapkan pita meter
  • Pakailah baju berbahan tipis di sekitar area perut
  • Ukur lingkar pinggang mulai dari bagian atas tulang pinggul atau di area antara tulang rusuk dan pusar
  • Jika sudah melingkari pinggang, jangan tekan meteran terlalu ketat atau membiarkannya terlalu longgar
  • Jangan tahan napas ketika sedang proses mengukur
  • Kamu bisa melihat hasilnya setelah membuang napas
  • Ambil angka yang berpotongan dengan angka 0 di meteran
Itulah cara mengukur lingkar pinggang menggunakan meteran. Mengukur lingkar pinggang menggunakan meteran ini lebih akurat dibandingkan dengan benda yang lain.

Namun jika kamu tidak memiliki pita meter untuk mengukur lingkar pinggang, kamu bisa menggunakan cara selanjutnya, yaitu

Cara Ukur Lingkar Pinggang Menggunakan Benang atau Tali

Jika kamu tidak memiliki meteran, kamu bisa mengukur lingkar pinggang dengan benang atau tali. Benang yang bisa kamu gunakan adalah, benang jahit, tali rafia, ataupun benang nilon.

selain menggunakan benang atau tali, kamu juga harus menyiapkan alat tulis yaitu spidol atau pulpen dan juga penggaris. Berikut cara mengukur lingkar pinggang menggunakan benang atau tali.

  • Kamu bisa menyiapkan benang atau tali 
  • Lilitkan benang atau tali tersebut ke pinggangmu mulai dari bagian atas tulang pinggul atau di area antara tulang rusuk dan pusar
  • Gunakan telunjuk dan ibu jarimu untuk memegang benang atau tali
  • Tandai titik akhir pengukuran menggunakan spidol atau pulpen
  • Lepaskan benang atau tali tersebut kemudian diletakkan dengan posisi lurus
  • Ambil penggaris untuk mengukur panjang benang atau tali yang telah ditandai sesuai lingkar pinggangmu
Setelah mengetahui lingkar pinggang dari benang atau tali yang kamu gunakan tadi, kamu bisa memberikan toleransi ukuran lebih sekitar 1 - 2 cm. 

Selain berguna untuk mengukur lingkar pinggang, kamu juga bisa mengukur lingkar paha, ataupun panjang kaki dari celana yang hendak kamu buat atau gunakan untuk mengetahui ukuran yang proporsional dan cocok untukmu.

Cara Ukur Lingkar Pinggang Menggunakan Kertas

Mengukur lingkar pinggang juga bisa kamu lakukan menggunakan kertas. Ini bisa kamu jadikan opsi  jika kamu tidak memiliki benang atau tali. 

Benda lain yang juga harus kamu siapkan selain kertas adalah solasi, penggaris, gunting, dan alat tulis. Berikut cara mengukur lingkar pinggang menggunakan kertas

  • Siapkan kertas HVS atau kamu juga bisa menggunakan kertas lain yang kamu miliki
  • Gunting kertas sekitar 5 cm, dan gabungkan kertas yang telah digunting hingga cukup untuk melingkari pinggangmuu
  • Pakailah baju berbahan tipis di sekitar area perut
  • Lilitkan kertas tersebut ke pinggangmu mulai dari bagian atas tulang pinggul atau di area antara tulang rusuk dan pusar
  • Gunakan telunjuk dan ibu jarimu untuk memegangkertas
  • Tandai titik akhir pengukuran dengan alat tulis, kamu juga bisa melipat kertas tersebut
  • Lepaskan kertas tersebut kemudian diletakkan dengan posisi lurus
  • Ambil penggaris untuk mengukur panjang kertas yang telah ditandai sesuai lingkar pinggangmu 
Itulah cara mengukur lingkar pinggang menggunakan kertas. Jangan lupa untuk menggunakan kertas yang agak tebal untuk memudahkamu ketika mengukur.

Cara Ukur Lingkar Pinggang Menggunakan Jari

Selanjutnya kamu juga bisa mengukur lingkar pinggang dengan menggunakan rentangan jari jempol dan kelingking, dengan cara yang mudah.

Di sini, kamu perlu menyiapkan setidaknya penggaris untuk mengetahui panjang rentang jari dari ujung jempol hingga ke kelingking.

Kemudian, setelah mengetahui panjang rentang jari jempol dan kelingking mu, kamu bisa menempelkan pada pinggang yang akan di ukur.

Ukur bagian depan dari pinggang orang yang hendak di ukur. Semisal rentang jari kamu memiliki panjang sekitar 22 cm, maka kamu bisa mengukur bagian depan pinggang saja untuk mendapatkan ukuran lebar pinggang.

Dan untuk mendapatkan ukuran lingkar pinggang yang sesuai, kamu tinggal meng-kalikan ukuran lebar pinggang 2 kali, sehingga mendapatkan ukurang lingkar pinggang yang sesuai.

Untuk berjaga-jaga, kamu bisa memberikan lebih sekitar 1 - 3 cm agar tidak terlalu sempit atau tidak terlalu press.

Ukuran Ideal Lingkar Pinggang Wanita atau Pria

Faktor yang paling berperan besar terhadap ukuran lingkar pinggang adalah genetika. Selain mempengaruhi lingkar pinggang, juga mempengaruhi bentuk tubuh seseorang.

Perlu diketahui, ada standar ukuran ideal lingkar pinggang wanita dan pria. Standar berikut berdasarkan perspektif Heart Foundation. 

Untuk ukuran ideal lingkar pinggang wanita adalah 31,5 inci (80,01 cm) atau di bawah angka tersebut. Sementara ukuran ideal lingkar pinggang pria adalah  37 inci (93,98 cm) atau di bawahnya.

Ukuran lingkar pinggang juga berkaitan dengan kesehatan, lho. Banyak orang yang hanya fokus pada IMT atau Indeks Massa Tubuh untuk menentukan kesehatannya. Padahal ada faktor lain yang juga mempengaruhinya. Salah satunya adalah lingkar pinggang.

Jika seseorang memiliki lingkar pinggang berlebih akan memiliki beberapa gangguan kesehatan, seperti kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, kadar guula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Gangguan kesehatan tersebut bisa berisiko seseorang akan mengalami penyakit kronis lain, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan kanker.

Maka dari itu, rutinlah untuk mengukur lingkar pinggang mu paling minimal 2 bulan 1 kali untuk memastikan ukuran yang ideal.

Tips Dalam Mengukur Lingkar Pinggang

Ketika mengukur lingkar pinggang, pastikan juga kamu ikut mengukur lingkar paha dan juga panjang kaki. Dan pastikan kamu selalu melebihkan setiap lingkar pinggang yang kamu dapat.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan ukuran yang pas. Sehingga kamu bisa lebih nyaman dalam menggunakan pakaian.
Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!