3+ Cara Upgrade Kartu Telkomsel Ke 4G Tanpa Kartu dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara upgrade kartu Telkomsel ke 4G tanpa kartu upgrade ? untuk kamu pengguna operator seluler Telkomsel yang sampai sekarang masih menggunakan kartu Telkomsel dengan jaringan 3G maka kamu harus segera melakukan upgrade kartu kamu ke jaringan 4G.

Pada saat ini semua operator menghimbaukan kepada semua penggunanya untuk melakukan upgrade kartu mereka dari sebelumnya menggunakan layanan 3G ke layanan 4G. Jadi tidak hanya Telkomsel, jika kamu menggunakan operator seluler lain kamu juga harus segera melakukan upgrade kartu SIM kamu supaya kamu bisa menggunakan layanan 4G.

Tahun 2022 Telkomsel secara bertahap melakukan upgrade kartu Telkomsel dari sebelumnya jaringan 3G ke jaringan 4G LTE, pengguna bisa melakukan upgrade secara offline yaitu dengan datang ke Grapari ataupun dengan cara online.

Dengan adanya cara online untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel ke jaringan 4G maka akan memudahkan penggunanya kartu tidak perlu datang jauh-jauh ke Grapari.

Pengalihan jaringan dari 3G ke 4G ini berdasarkan arahan dari pemerintah yaitu melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI yang menghimbau bahwa jaringan 3G akan segera digantikan oleh jaringan 4G jadi pengguna handphone harus segera upgrade kartu mereka sebelum jaringan 3G dihapuskan pada akhir tahun 2022.

Jika jaringan 3G telah hilang maka pelangan operator seluler yang belum memiliki kartu 4G tidak akan bisa menikmati fasilitas internet lagi, jadi sebelum akhirnya jaringan 3G dihapus kamu sebaiknya segara melakukan upgrade kartu kamu ke jaringan 4G.

Namun sebelum kamu bisa melakukan upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G kamu harus sudah memastikan bahwa handphone yang sedang kamu gunakan sekarang bisa mendukung jaringan 4G LTE. Rata-rata smartphone sekarang ini sudah mendukung jaringan 4G.

Meskipun harus menganti kartu Telkomsel dari 3G ke 4G namun bukan berarti kamu akan kehilangan nomor lama dan harus menganti nomor lama kamu, kamu juga masih bisa melakukan upgrade dari 3G ke 4G tanpa harus menganti nomor lama kamu.

Syarat Upgrade Kartu Telkomsel dari 3G ke 4G

Sebelum kamu bisa melakukan upgtade kartu Telkomsel secara online kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan, berikut ini hal-hal yang harus kamu siapkan dan perhatikan jika ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G secara online :

  • Pertama kamu harus tercatat sebagai pelanggan Telkomsel PraBayar dan Telkomsel Halo.
  • Untuk pelanggan Telkomsel Halo, pastikan bahwa billing sudah terlunasi.
  • Untuk kamu yang pelanggan Telkomsel PraBayar, pastikah bawah kartu tidak melewati masa berlaku atau masa tenggang.
  • Kartu hanti akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pengiriman yang telah ditentukan oleh pelanggan.
  • Untuk biasa pengiriman kartu ganti akan dikenakan kepada pelanggan dan dibayar pada awal metode pembayaran melalui mitra Telkomsel sesuai dengan apa yang dipilih oleh pelanggan.
  • Kartu ganti akan dikirim oleh kurir mitra Telkomsel sesuai dengan pilihan pelanggan Telkomsel, waktu pengiriman sesuai dengan latanan yang dipilih oleh pelanggan.
  • Wajib menyiapkan Kartu Identitas (KTP/Paspor/KITAS/KITAP), Kartu Keluarga (KK), Foto diri (Selfie bagian wajah), Foto diri memegang Kartu Identitas dan alamat email. Foto diri memegang kertas bertuliskan Ganti Kartu disertai tanda tangan dan tanggal pemesanan.
  • Ukuran foto yang di upload tidak lebih dari 10 MB per-file atau per-foto.
  • Untuk layanan upgrade 4G, kartu pelanggan tidak dapat digunakan sementara dan terutama saat sedang proses pergantian kartu atau migrasi.

Itu dia beberapa persyaratan untuk melakukan upgrdekartu Telkomsel secara online yang harus kamu siapkan.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel Ke 4G Tanpa Kartu Upgrade

Cara Upgrade Kartu Telkomsel Ke 4G Tanpa Kartu Upgrade

Jika kamu pengguna Telkomsel dan ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel milikmu, akan tetapi kamu masih bingung mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G maka kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Berikut ini beberapa cara untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G tanpa kartu upgrade yang bisa kamu coba, simak !.

1. Cara Upgrade Kartu Telkomsel Ke 4G Tanpa Kartu Upgrade Melalui GraPARI

Apabila kamu tidak ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel secara online kartu prosedur yang lebih ribet dibandingkan dengan datang langsung ke GraPARI, maka kamu bisa mengikuti cara pertama ini. Yaitu dengan langsung melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G di GraPARI terdekat.

Sebelumnya untuk memastikan peryaratan mengupgrade kartu secara offline kamu juga bisa menghubungi call center Telkomsel di 188. Jika kamu bingung langkah-langkahnya, maka ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya :

  • Pertama kunjungi GraPARI terdekat yang ada di kota kamu.
  • Jika sudab sampaikan bahwa kamu ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G.
  • Setelah itu ambil nomor antran dan tunggu hingga nomor antrean akmu dipanggil oleh petugas operator.
  • Pastikan terlebih dahulu bahawa mode 4G pada handphone kamu sudah dalam keadaan aktif.
  • Lalu kamu akan diminta untuk mengisi formulir migrasi jaringan 3G ke 4G.
  • Jika sudah selesai mengisi for, maka nomor kartu kamu akan diproses oleh operator untuk diganti ke jaringan 4G.

Itulah cara pertama untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G secara offline.

2. Cara Upgrade Kartu Telkomsel Ke 4G Tanpa Kartu Upgrade Melalui Website Telkomsel

Cara kedua yang juga bisa kamu pilih untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel adalah secara online, yaitu dengan melalui website resmi Telkomsel. Caranya cukup untuk dilakukan, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama buka web resmi Telkomsel di URL https://www.telkomsel.com/4g-lte atau di https://www.telkomsel.com/4g.
  • Jika sudah pilih tombol Upgrade.
  • Selanjutnya isi formulir atau data-data sesuai yang diminta oleh Telkomsel, seperti nomor telkomsel, alamat lengkap, nama lengkap, dan lain sebagianya.
  • Kemudian baca ketentuan dan persyaratannya, dan centang pada tulisan Saya sudah membaca dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan jika kamu sudah setuju.
  • Setelah itu klik Next.
  • Lalu ikuti petunjuk sampai selesai.
  • Selesai

Itu dia cara kedua yang bisa kamu pilih jika ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G secara online dan melalui website Telkomsel.

3. Cara Upgrade Kartu Telkomsel Ke 4G Tanpa Kartu Upgrade Melalui MyTelkomsel

Berikunya adalah cara upgrade kartu Telkomsel ke 4G tanpa kartu upgrade melalui MyTelkomsel. Dengan menggunakan cara ini kamu tidak perlu antre dan tidak harus menganti kartu baru. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke website https://my.telkomsel.com/sim-replacement melalui browser hanphone kamu.
  • Lalu masukan nomor handphone kamu.
  • Kemudian masukan juga alamat email aktif.
  • Jika sudah klik Lanjutkan.
  • Lalu kamu akan diminta untuk foto selfie sesuai dengan insruksi yang diberikan.
  • Setelah itu ikuti semua tahapannya hingga selesai.

Demikianlah 3 cara upgrade kartu Telkomsel ke 4G tanpa kartu upgrade yang bisa kamu pilih untuk melakukan upgrade kartu kamu. Selamat mencoba.