3+ Cara Upgrade Kartu Telkomsel dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Cara upgrade kartu Telkomsel adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh pengguna operator seluler ini, karena semua pengguna atau pelanggan operator seluler khususnya Telkomsel ini harus segera upgrade kartu mereka ke jaringan 4G.

Salah satu keunggulan dari layanan 4G dibandingkan dengan 3G adalah jaringan 4G memiliki kecepatan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan jaringan 3G dalam hal internet.

Jika kamu penguna kartu Telkomsel dan ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel, kamu bisa melakukannya baik secara offline maupun secara online. Untuk melakukan upgrade secara offline kamu bisa datang ke GraPARI terdekat di kota kamu dengan membawa syarat seperti kartu lama, nomor hanphone, dan kartu identitas kamu.

Dan jika ingin melakukan upgrade secara online kamu bisa melakukannya melalui berbagai cara, namun untuk melakukan upgrade secara online ada banyak syarat yang harus kamu penuhi.

Selain itu kamu juga bisa melakukan upgrade kartu Telkomsel melalui e-commerce seperti melalui Shopee, Tokopedia, Lazada, dan masih banyak lagi yang menyediakan layanan upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G.

Jika kamu masih bingung mengenai langkah-langkahnya kamu bisa menyimak syarat maupun cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel pada artikel ini, simak dari awal hingga selesai.

Syarat Upgrade Kartu Telkomsel

Sebelum kamu bisa melakukan upgtade kartu Telkomsel secara online kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan, berikut ini hal-hal yang harus kamu siapkan dan perhatikan jika ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G secara online :

  • Pertama kamu harus tercatat sebagai pelanggan Telkomsel PraBayar dan Telkomsel Halo.
  • Untuk pelanggan Telkomsel Halo, pastikan bahwa billing sudah terlunasi.
  • Untuk kamu yang pelanggan Telkomsel PraBayar, pastikah bawah kartu tidak melewati masa berlaku atau masa tenggang.
  • Kartu hanti akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pengiriman yang telah ditentukan oleh pelanggan.
  • Untuk biasa pengiriman kartu ganti akan dikenakan kepada pelanggan dan dibayar pada awal metode pembayaran melalui mitra Telkomsel sesuai dengan apa yang dipilih oleh pelanggan.
  • Kartu ganti akan dikirim oleh kurir mitra Telkomsel sesuai dengan pilihan pelanggan Telkomsel, waktu pengiriman sesuai dengan latanan yang dipilih oleh pelanggan.
  • Wajib menyiapkan Kartu Identitas (KTP/Paspor/KITAS/KITAP), Kartu Keluarga (KK), Foto diri (Selfie bagian wajah), Foto diri memegang Kartu Identitas dan alamat email. Foto diri memegang kertas bertuliskan Ganti Kartu disertai tanda tangan dan tanggal pemesanan.
  • Ukuran foto yang di upload tidak lebih dari 10 MB per-file atau per-foto.
  • Untuk layanan upgrade 4G, kartu pelanggan tidak dapat digunakan sementara dan terutama saat sedang proses pergantian kartu atau migrasi.

Itu dia beberapa persyaratan untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel secara online yang harus kamu siapkan.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel

Cara Upgrade Kartu Telkomsel

Pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara upgrade kartu Telkomsel. Jadi untuk kamu yang masih menggunakan jaringan 3G dari kartu Telkomsel kamu bisa segera melakukan upgrade kartu Telkomsel kamu.

Untuk kamu yang ingin melakukan upgrade namun masih bingung caranya dan persyaratan untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel itu seperti apa maka kamu bisa menyimak penjelasan dalam artikel ini.

Dibawah ini akan dibahas beberapa cara yang memungkinkan untuk kamu lakukan supaya bisa upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G. Karena seperti yang kamu tahu bahwa jika jaringan 3G sudah dihapus dan kamu masih belum upgrade ke kartu 4G maka kamu tidak akan bisa lagi menikmati fasilitas internet.

Internet merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkah oleh masyarakat khususnya pada masa serba digital seperti sekarang ini. Dan dengan melakukan upgrade kartu ke 4G kamu bisa menikmati jaringan internet lebih cepat.

1. Cara Upgrade Kartu Telkomsel Melalui GraPARI

Apabila kamu tidak ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel secara online kartu prosedur yang lebih ribet dibandingkan dengan datang langsung ke GraPARI, maka kamu bisa mengikuti cara pertama ini. Yaitu dengan langsung melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G di GraPARI terdekat.

Sebelumnya untuk memastikan persyaratan mengupgrade kartu secara offline kamu juga bisa menghubungi call center Telkomsel di 188. Jika kamu bingung langkah-langkahnya, maka ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya :

  • Pertama kunjungi GraPARI terdekat yang ada di kota kamu.
  • Jika sudah sampaikan bahwa kamu ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G.
  • Setelah itu ambil nomor antrean dan tunggu hingga nomor antrean kamu dipanggil oleh petugas operator.
  • Pastikan terlebih dahulu bahwa mode 4G pada handphone kamu sudah dalam keadaan aktif.
  • Lalu kamu akan diminta untuk mengisi formulir migrasi jaringan 3G ke 4G.
  • Jika sudah selesai mengisi form, maka nomor kartu kamu akan diproses oleh operator untuk diganti ke jaringan 4G.

Itulah cara pertama untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel dari sebelumnya jaringan 3G ke jaringan 4G dengan cara langsung datang ke GraPARI. Jadi untuk kamu yang tidak mau ribet untuk mengupgrade kartu Telkomsel kamu sendiri, kamu bisa langsung saja datang ke GraPARI dan nantinya akan dibantu oleh petugas GraPARI.

2. Cara Upgrade Kartu Telkomsel Melalui Website Resmi Telkomsel

Cara kedua yang juga bisa kamu pilih untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel adalah secara online, yaitu dengan melalui website resmi Telkomsel. Caranya cukup untuk dilakukan, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama buka web resmi provider Telkomsel di URL https://www.telkomsel.com/4g-lte atau di https://www.telkomsel.com/4g.
  • Jika sudah pilih tombol Upgrade.
  • Selanjutnya isi formulir atau data-data sesuai yang diminta oleh Telkomsel, seperti nomor telkomsel, alamat lengkap, nama lengkap, dan lain sebagainya.
  • Kemudian baca ketentuan dan persyaratannya, dan centang pada tulisan Saya sudah membaca dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan jika kamu sudah setuju.
  • Setelah itu klik Next.
  • Lalu ikuti petunjuk sampai selesai.
  • Selesai

Itu dia cara kedua yang bisa kamu pilih jika ingin melakukan upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G secara online yaitu dengan melalui website Telkomsel. Bagaimana cukup mudah bukan ?

3. Cara Upgrade Kartu Telkomsel Melalui MyTelkomsel

Berikutnya adalah cara upgrade kartu Telkomsel ke 4G tanpa kartu upgrade melalui MyTelkomsel. Dengan menggunakan cara ini kamu tidak perlu antre dan tidak harus mengganti kartu baru. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke website https://my.telkomsel.com/sim-replacement melalui browser handphone kamu.
  • Lalu masukan nomor handphone kamu.
  • Kemudian masukan juga alamat email aktif.
  • Jika sudah klik Lanjutkan.
  • Lalu kamu akan diminta untuk foto selfie sesuai dengan insruksi yang diberikan.
  • Setelah itu ikuti semua tahapannya hingga selesai.

Demikianlah beberapa cara upgrade kartu Telkomsel yang bisa kamu pilih dan ikuti. Pilih cara yang sekiranya cocok untuk kamu lakukan sendiri seperti ingin memilih upgrade secara online atau offline. Selamat mencoba!