3+ Cara Uninstall Aplikasi Laptop dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara uninstall aplikasi laptop? Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menguninstall aplikasi di laptop yang kita gunakan? Apa efek dari menguninstall aplikasi di laptop?

Bicara soal laptop, mungkin kita sudah tak lagi asing dengan gadget yang saat ini banyak digunakan dan dipakai orang-orang untuk mengerjakan pekerjaan mereka.

Mulai dari pekerjaan seperti menulis, membuat laporan, sampai membuat desain dan segala macamnya, bisa kita lakukan dengan mudah di laptop yang tentunya memiliki spesifikasi yang memupuni.

Namun sayangnya saat ini ada saja para pengguna yang mengalami keterbatasan atas laptop yang mereka miliki.

Mulai dari kekurangan RAM yang menghabat pekerjaan secara multitasking untuk membuka aplikasi, atau bahkan kurangnya penyimpanan pada laptop mereka akibat banyaknya data yang mereka simpan dilaptop.

Itulah mengapa, tak heran jika saat ini banyak para pengguna laptop yang mencari beragam cara untuk bisa memaksimalkan kinerja laptop mereka.

Mulai dari menambah RAM, melakukan tweaking, atau bahkan melakukan upgrade pada media penyimpanan mereka.

Namun tentu saja, untuk perihal upgrade yang dilakukan di atas, para pengguna harus mengeluarkan budget agar bisa melakukan upgrade dari laptop yang mereka miliki.

Tapi ternyata, selain melakukan upgrade, kamu juga bisa kok melakukan tweaking sederhana untuk membuat kinerja laptop tidak lagi lemot, dan memiliki ruang penyimpanan untuk data dan juga aplikasi yang kamu miliki.

Cara paling sederhana yang dimaksud adalah dengan melakukan uninstall pada beberapa aplikasi yang tidak digunakan.

Cara Uninstall Aplikasi Laptop

Cara Uninstall Aplikasi Laptop
Cara Uninstall Aplikasi Laptop

Tentu saja, cara uninstall aplikasi laptop di sini bisa kamu lakukan dengan beberapa cara mudah yang mungkin bisa kamu terapkan di laptop kalian, untuk membuat laptop lebih ringan dan memiliki ruang simpan yang luas. Caranya

Cara Uninstall Aplikasi Laptop lewat CCleaner

Langkah pertama yang paling mudah dan bisa kamu lakukan untin menguninstall aplikasi laptop ialah dengan menggunakan CCleaner.

Tentunya kita sudah tau jika CCleaner ini merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan tweaking dengan membersihkan file-file temp atau sampai di laptop, menghapus registry yang tak terpakai, dan juga menguninstall aplikasi di laptop kalian.

Caranya juga gampang banget kok.

1. Silakan download aplikasi CCleaner untuk laptop dari situs resmi CCleanernya

2. Setelah itu kamu bisa menginstall aplikasi CCleaner seperti biasa hingga selesai

3. Jika sudah, kamu bisa mengklik pada opsi Tools > Uninstaller

4. Pada laman Uninstaller, kamu bisa memilih aplikasi mana yang hendak di Uninstall

5. Klik pada tombol uninstaller, dan tunggu hingga prosesnya selesai

Jika proses penguninstallan sudah selesai, maka kamu bisa melihat jika penyimpananmu akan memiliki ruang lebih dari aplikasi yang sudah di uininstall tadi.

Tapi perlu juga untuk diingat ya sob, pastikan kamu memang menguninstall aplikasi yang jarang digunakan, dan tidak begitu penting.

Cara Uninstall Aplikasi Laptop lewat Revo Uninstaller Pro

Kemudian untuk langkah yang kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi Revo Uninstaller Pro, yang mana memang aplikasi ini dikhususkan untuk kamu yang ingin menguninstall aplikasi secara cepat, mudah, dan tentu sampai ke akarnya.

Karena memang Revo uninstaller ini selain mampu menguninstall aplikasi di laptop, aplikasi ini juga mampu membersihkan file-file registry dari aplikasi yang di uninstall, serta folder-folder yang tak terpakai dari aplikasi yang di uninstall.

Caranya juga tak jauh beda kok dengan CCleaner.

1. Kamu bisa mendownload aplikasi Revo Uninstaller Pro dari situs resminya

2. Setelah proses download selesai, kamu bisa menginstall Revo Uninstaller Pro seperti biasa hingga selesai

3. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi Revo Uninstaller Pro yang mana akan langsung menampilkan daftar aplikasi yang ada di laptopmu

4. Klik pada aplikasi yang hendak di Uninstall, kemudian klik pada tombol Uninstall yang ada di sebelah kiri

5. Nantinya Revo Uninstaller Pro akan menanyakan kamu untuk membuat restore point atau checkpoint agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa kembali ke titik tersebut

6. Setelah restore point selesai dibuat, kamu akan langsung diarahkan ke laman uninstaller

7. Lanjut untuk memilih next saja, dan tunggu sampai prosess uninstallasinya selesai

Setelah prosess uninstall selesai dilakukan, kamu juga akan langsung melihat beberapa file bekas aplikasi yang di uninstall tadi dan kamu bisa menghapusnya dengan memilih select all > remove

Hal ini tentunya bisa menambah space lebih untuk media penyimpananmu agar lebih leluasa dalam menyimpan file, data ataupun aplikasi lain.

Cara Uninstall Aplikasi Laptop lewat Control Panel

Langkah yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan bantuan control panel yang mana fitur ini tentu saja ada di semua laptop ataupun komputer yang kamu miliki.

Kamu tidak perlu mendownload aplikasi tambahan memang, namun tentu saja uninstall lewat control panel ini tidak dapat menghapus semua file yang seperti Revo Uninstaller Pro.

1. Buka Control Panel dari start menu > Search > Control Panel. Atau kamu bisa menekan tombol windows + R, lalu ketikkan perintah control panel kemudin enter

2. Pada laman Control panel, kamu bisa memilih menu Programs > Program and Features

3. Nantinya kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstall di laptop kalian

4. Klik pada aplikasi yang hendak di uninstall, lalu klik pada tombol delete di laptop, atau kamu juga bisa double klik pada aplikasi yang hendak di uninstall

5. Nantinya akan muncul opsi Yes / No untuk melakukan uninstall, kamu pilih saja YES

Nantinya prosess uninstall akan dimulai, dan kamu bisa menunggu sampai proses uninstallasi aplikasi di laptop kalian selesai.

Tips Menghemat Penyimpanan Laptop

Selain melakukan uninstall pada aplikasi laptop untuk mendapatkan penyimpanan yang lebih besar lagi, soba juga bisa mempertimbangkan beberapa aplikasi alternatif dari aplikasi yang hendak digunakan di laptop.

Biasanya, mimin sendiri akan mempertimbangkan spesifikasi laptop baik dari penyimpanan dan juga processor pada saat menginstall aplikasi.

Semisal mimin menggunakan harddisk sebesar 500 GB, maka mimin akan memilih untuk menginstall Adobe Photoshop CS 3 ketimbang Adobe Photoshop CC 2020 atau versi terbarunya.

Dengan melakukan hal tadi, tentunya kamu bisa lebih mendapatkan ruang penyimpanan lebih dari laptop yang kamu gunakan, dan tidak terjadi lemot ketika hendak menggunakan laptop untuk urusan pekerjaan dan lain hal.

Kamu juga bisa mempertimbangkan OS atau operating system dari laptop kamu. Semisal kamu hanya seorang blogger dan tidak menggunakan beragam aplikasi seperti edit video, kamu bisa menggunakan linux, ataupun Windows 7 yang jauh lebih ringan daripada Windows 11.

Dan mungkin itu saja tips yang bisa mimin bagikan seputar cara uninstall aplikasi di laptop, semoga hal ini bisa menjadi referensi untuk kamu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!