Cara Ubah Nama Gmail dengan Benar [7 LANGKAH]

caracekonline.net | Bicara tentang cara ubah nama Gmail, hal ini tentu menjadi salah satu cara yang kerap di cari para pengguna layanan Google, ketika mereka mungkin salah memasukkan data diri berupa nama depan, ataupun nama belakang.

Sebagaimana kita tau, Gmail atau Google Mail sendiri merupakan layanan dari google yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna baik dari smartphone berbasis Android, iOS, dan tentu saja untuk urusan pekerjaan dalam berkirim pesan atau surat elektronik.

Layanan gmail sendiri saat ini sudah menjadi salah satu hal vital untuk para pengguna smartphone, karena memang operating system android ini sendiri sudah di akusisi oleh Google yang mana menjadi milik Google.

Sebab itulah, banyak para pengguna smartphone android yang sangat bergantung pada akun gmail mereka untuk mengakses beragam aplikasi ataupun layanan dari Google, ntah itu google play store, youtube, gmail itu sendiri, play store, dan lain sebagainya.

Namun terlepas dari itu semua, peran Gmail dalam urusan pekerjaan juga tak kalah penting loh, terlebih untuk mereka yang mungkin ingin melamar kerja dengan mengirimkan CV ataupun surat lamaran.

Tentu saja para pengguna Gmail harus menggunakan nama sesuai dengan data diri mereka ataupun dengan menggunakan nama yang formal, terlebih lagi jika email yang digunakan memang sudah cukup lama di buat.

Alih alih kamu bisa membuat akun baru, mungkin saja ada beberapa aplikasi ataupun smartphone yang terhubung dengan akun gmail, sehingga akan merasa sayang untuk menghapus akun lama tadi, dengan alasan mungkin saja nama yang digunakan masih 'alay' atau tidak sesuai dengan data diri.

Cara Ubah Nama Gmail

Cara Ubah Nama Gmail

Itulah mengapa, untuk kamu yang mungkin sudah terlanjur memiliki akun Gmail namun masih menggunakan nama yang belum formal, kamu bisa banget nih mengikuti beberapa cara ubah nama gmail yang bisa kamu gunakan, agar nama di akun gmail kalian sesuai dengan data diri yang kamu miliki.

Setidaknya, ada beberapa pilihan cara yang bisa kamu gunakan, seperti.

Cara Ubah Nama Gmail lewat Android

Langkah pertama adalah kamu bisa mengubah nama di akun Gmail kalian melalui smartphone. Cara ini terbilang cukup mudah, karena hampir sebagian pengguan gmail juga sudah memiliki smartphone.

    1. Buka terlebih dahulu aplikasi Gmail di HP android kamu. Jika belum punya, bisa download di Google Play Store.

    2. Pastikan kamu sudah login kedalam smartphone kalian dengan menggunakan email yang hendak di ganti nama nya.

    3. Tekan icon Profil akun Gmail kamu. Jika ada beberapa email yang login, pilih salah satu yang ingin diganti nama emailnya.

    4. Tekan Kelola Akun Google Anda. Maka kamu akan masuk ke pengaturan akun Google.

    5. Tekan dan masuk ke Info pribadi, lalu tap NAMA

    6. Silahkan ganti Nama Depan dan Nama Belakang kamu, sesuai keinginan atau berdasarkan identitas kartu nama kamu. Sesudahnya, tekan tombol Simpan.

    7. Untuk mengeceknya, tekan icon Profil akun Gmail. Lihat namanya sudah berubah apa belum?

    Mungkin maksud kamu ingin mengganti nama user email Gmail (alamat email)? Langsung saja masuk ke Info pribadi > Info kontak > EMAIL. Nah, perlu diketahui bahwa Alamat email yang digunakan untuk mengidentifikasi Akun Google kamu tidak dapat diubah.

    Nah, setelah berhasil melakukan perubahan, secara otomatis nama di gmail kalian akan berubah sesuai dengan perubahan yang kamu buat tadi. Biasanya, hal ini akan memakan waktu kurang dari 1 jam untuk menyesuaikan perubahan nama yang sudah kamu ubah.

    Pastikan kamu sudah benar mengisi nama depan dan nama belakang mengikuti data diri yang kamu miliki ya, tentunya dengan tujuan agar gmail yang kamu gunakan terlihat lebih professional.

    Cara Ubah Nama Gmail lewat Komputer

    Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa melakukan perubahan nama gmail dari perangkat desktop berupa komputer ataupun laptop, bahkan cara ini akan lebih mudah dilakukan karena kamu hanya perlu melakukannya lewat browser yang ada di komputer atau laptop kalian.

    • Silakan buka browser yang kamu miliki, di utamakan menggunakan google chrome
    • Setelah itu kamu bisa langsung mengunjungi situs google.com dan nantinya akan muncul tombol di bagian pojok kanan atas yang bertuliskan login atau masuk
    • Silakan login seperti biasa menggunakan akun gmail yang ingin kamu ubah namanya
    • Dan jika sudah, kamu bisa klik pada profile kalian yang ada di pojok kanan atas dan pilih pada Manage Your Google Account atau Kelola Akun Google Anda
    • Nantinya kamu akan di bawa ke laman pengaturan akun google
    • Masuk ke Personal info atau Info pribadi
    • Lalu lihat dibagian Basic info atau Info dasar, tekan Name atau Nama.
    • Dibagian Nama, klik icon pensil untuk Edit nama kamu.
    • Masukkan Nama Depan dan Nama Belakang kamu.
    • Klik tombol Simpan.
    Sama seperti cara yang sebelumnya, proses perubahan nama ini akan memakan waktu sekitar 1 - 3 menit saja, dan setelah itu secara otomatis nama dari akun gmail kalian akan berubah sesuai dengan perubahan yang sudah kamu buat tadi.

    Dan jika kamu ingin merubah alamat email bisa langsung masuk ke Personal info > Contact info >Email. Atau Info pribadi > Info kontak >EMAIL

    Cara Ubah Nama Gmail lewat iPhone

    Kemudian untuk cara yang ketiga adalah kamu bisa menggunakan browser yang ada di perangkat iPhone. Karena sebagaimana kita tau, iPhone sendiri memang tidak mendukung layanan akun Google untuk bisa login ke dalam perangkat iPhone penggunanya, melainkan menggunakan akun iCloud atau Apple ID.

    Walaupun demikian, nyatanya kamu yang menggunakan iPhone juga masih bisa kok merubah nama akun gmail kalian, melalui browser safari ataupun Google Chrome yang terinstall di perangkat kalian.

    Caranya juga gampang banget

    • Pertama-tama, kamu bisa membuka browser yang ada di perangkat iphone kalian
    • Setelah itu, silakan kamu kunjungi situs google.com dan tunggu sampai loading nya selesai
    • Jika sudah, kamu bisa langsung mengklik pada opsi sign in atau masuk yang biasanya ada di bagian pojok kanan atas tampilan layar
    • Silakan login dengan menggunakan akun google ataupun gmail yang hendak kamu ubah namanya
    • Setelah itu, klik lagi pada icon profile yang ada di pojok kanan atas lalu pilih menu Kelola Akun Google Anda atau Manage Your Google Account
    • Nantinya kamu akan diarahkan ke laman akun google kalian
    • Pada laman ini kamu bisa langsung mengganti nama depan, nama belakang, beserta foto profile kalian seperti biasa.

    Perlu diperhatikan ya, jika mungkin kamu mengalami kendala untuk mencari tombol sign in atau login ke dalam akun google pada laman google.com, kamu bisa mengubah view atau tampilan layarnya dari mode mobile, ke mode desktop untuk mempermudahnya.

    Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kembali setelah melakukan perubahan nama. Baik dengan cara pertama, kedua ataupun ketiga, semuanya memiliki rentang waktu yang di perlukan untuk memperbarui perubahan nama dari akun google kalian.

    Jika setelah 1 - 3 menit perubahan yang dilakukan namun tidak terjadi perubahan nama, kamu bisa melakukan restart perangkat, untuk melihat perubahan dari nama akun gmail yang kamu ubah tadi.

    Akhir kata, itulah tadi beberapa cara ubah nama gmail yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan saja dengan cara yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

    Admin Cans
    Admin Cans Hai, siapa aku?