2+ Cara Update Driver Windows 10 dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Untuk kamu pengguna sistem operasi Windows pada laptop maupun komputer yang kamu gunakan, kamu perlu mengetahui jika driver memiliki peran yang sangat penting untuk menjembatani antara perangkat keras dengan sistem operasi pada komputer atau laptop. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara update driver Windows 10.

Sebetulnya semua versi Windows memerlukan update driver dan tidak hanya pada Windows 10 saja, namun pada kesempatan artikel kali ini akan fokus membahas mengenai cara update driver untuk Windows 10.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa driver sendiri merupakan program yang menghubungkan antara sistem operasi dengan perangkat keras pada komputer ataupun laptop. Dan diver ini memungkinkan sistem operasi Windows untuk mengontrol perangkat keras sepertii VGA, touch pad, WiFi Card, dan lain sebagainya.

Jadi tanpa adanya driver maka perangkat keras yang ada pada komputer tidak akan bisa berfungsi karena tidak ada sebuah program yang mengerakannya. Contonnya apabila kamu membeli VGA baru dan memasangkannya pada komputer, maka kamu butuh untuk menginstall driver terlebih dahulu supaya VGA tersebut dapat berfungsi.

Pada saat kamu menginstall sistem operasi Windows, maka hampir semua perangkat lunak yang ada dikomputer atau laptop akan terdeteksi dan secara otomatis Windows akan menginstall drivernya dengan menggunakan library yang telah ada seperti halnya software umum misal WiFi Card, Monitor VGA On Board, dan lain sebagainya.

Dan jika sudah seperti itu maka kamu tidak perlu lagi melakukan instalasi driver secara manual kecuali software tersebut belum terdeteksi. Cara update driver Windows 10 juga cukup mudah untuk dilakukan.

Kamu bisa melakukannya sendiri, melakukan update driver ini sangat penting untuk Windows 10 karena jika driver tidak update maka akan terjadi masalah pada kinerja perangkat yang kamu gunakan.

Kenapa Perlu Melakukan Update Driver ?

Seperti yang telah dijelaskan jika melakukan update driver itu sangat penting untuk keberlangsungan kinerja dari komputer atau laptop karena driver memiliki fungsi penting yaitu sebagai penerjemah antara sistem operasi dan hardware yang digunakan pada laptop atau komputer.

Dan update driver sendiri berguna untuk menyesuaikan perubahan yang telah terjadi pada aplikasi maupun pada sistem operasi Windows 10.dan saat kamu telah melakukan update driver kamu bisa mendapatkan fitur-fitur barum patch, perbaikan bug, dan menjamin jika driver tetap kompatibel pada laptop atau komputermu.

Apabila kamu tidak melakukan update driver maka kinerja dari komputer atau laptop milikmu akan bermasalah, sebab jika driver pada perangkat permasalah maka perangkat keras juga akan ikut bermasalah dan membuat kinerja dari perangkat keras tersebut berhenti, itulah sebabnya melakukan update driver sangat amat penting untuk dilakukan.

Cara Update Driver Windows 10



Biasanya driver pada laptop atau komputer yang memiliki sistem operasi Windows akan diupdate secara otomatis, jadi kamu tidak perlu melakukan update secara manual.

Namun ada kalanya driver pada Windows 10 milikmu tidak terupdate secara otomatis yang membuat kamu perlu melakukan langkah-langkah untuk update driver pada sistem operasi Windows 10 milikmu. Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara update driver Windows 10.

Kamu bisa menyimak penjelasan dari cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini, simak dari awal hingga selesai agar kamu berhasil melakukan update driver dengan benar dan tidak terjadi eror.

Cara Update Driver Windows 10 Secara Otomatis

Cara pertama yang akan dibahas adalah cara melakukan update driver secara otomatis, dengan cara ini maka kamu bisa mengatur agar driver yang ingin kamu update bisa melakukan pembaruan sendiri secara otomatis. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

1. Pastikan Jika Laptop Atau Komputer Sudah Terhubung Dengan Internet

Langkah pertama adalah kamu perlu memastikan jika laptop atau komputer yang akan kamu update drivernya dalam keadaan terhubung dengan jaringan internet, karena jika kamu ingin melakukan update secara otomatis kamu membutuhkan jaringan internet supaya bisa terhubung dengan server.

2. Buka Device Manager

Langkah berikutnya kamu harus membuka Device Manager. Untuk melakukannya kamu bisa klik kanan pada bagian tombol Start lalu pilih Device Manager. Untuk kamu yang menggunakan Windows 7 maka kamu bisa klik Start, setelah itu klik Control Panel, lalu System and Security, kemudian Device Manager.

3. Pilih Pada Driver yang Ingin Kamu Update

Selanjutnya apabila program Device Manager sudah terbuka maka kamu bisa melihat semua perangkat yang ada di komputer atau laptop milikmu seperti Monitor, WiFi, VGA, dan lain sebagainya. Untuk memilih driver kamu bisa klik satu kali untuk expand dari daftar driver yang akan.

4. Lalu Klik Kanan

Setelah kamu memilih driver yang ingin kamu update maka kamu bisa klik kanan pada driver tersebut.

5. Pilih Opsi Update Driver

Langkah selanjutny jika kamu sudah klik kanan pada driver yang ingin kamu update maka kamu akan menemukan beberapa opsi. Dan untuk melakukan update driver kamu bisa memilih opsi Update Driver.

6. Pilih Update Otomatis

Berikutnya supaya kamu bisa mengatur agar driver melakukan update secara otomatis maka kamu bisa memilih opsi Search automatically for updates driver software pada jendela wizard yang muncul.

7. Tunggu Proses Update Selesai

Setelah itu Windows akan memulai melakukan proses pencarian apakah sudah ada update terbaru yang tersedia atau belum. Dan apabila sudah ada pembaruan yang tersedia maka Windows akan melakukan update driver secara otomatis.

Dan jika driver yang ada pada Windows 10 sudah merupakan versi terbaru maka artinya kamu tidak perlu melakukan update driver.

8. Selesai.

Selesai itulah cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan update driver secara otomatis. Dan seperti yang terlah dijelaskan bahwa hampir semua hardware yang ada pada laptop atau komputer akan secara otomatis diupdate oleh Windows jika telah terdeteksi dan jika ada hardware yang tida terdeteksi maka kamu perlu melakukan instalasi driver secara manual.

Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual

Berikut ini jika ada perangkat yang ada pada komputermu yang tidak bisa melakukan update driver secara otomatis disebabkan karena driver belum terinstal maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka Device Manager

Pertama kamu perlu membuka Device Manager dengan cara klik kanan pada bagian tombol Start lalu pilih Device Manager. Untuk kamu yang menggunakan Windows 7 maka kamu bisa klik Start, setelah itu klik Control Panel, lalu System and Security, kemudian Device Manager.

2. Lalu Klik Kanan

Setelah kamu memilih driver yang ingin kamu update maka kamu bisa klik kanan pada driver tersebut.

3. Pilih Properties

Jika sudah maka kamu bisa klik opsi Properties.

4. Masuk ke Tab Detail

Langkah berikutnya kamu bisa memilih tab Details. Dan kemudian pilih opsi Property dan klik satu kali. Lalu pilih menu Hardware Ids.

5. Copy Hardware Ids

Selanjutnya jika kamu sudah klik Hardware Ids maka akan muncul keterangan dari hardware id. Kamu bisa copy dengan cara klik kanan dan pilih Copy.

6. Paste di Situs Pencari Driver

Lalu kamu bisa masuk ke situs web http://driverpacks.net/ dan paste keterangan yang telah kamu copy.

7. Download dan Install

Dan langkah terakhir adalah pilih driver sesuai dengan hardware yang sudah kamu pilih tadi, lalu unduh dan install.

8. Selesai

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai cara update driver Windows 10 yang dapat kamu ikuti. Ikuti cara tersebut dengan benar supaya berhasil.