2+ Cara Update CV di LinkedIn dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara update CV di Linkedin ? Untuk kamu para pencari kerja tentu sudah tidak asing dengan platform yang bernama Linkedin. Aplikasi Linkedin sendiri sudah merupakan aplikasi bawaan dari setiap handphone baru, kamu pasti bisa menemukan aplikasi Linkedin ini.

Aplikasi tidak hanya bisa kamu buka di handphone, namun juga bisa kamu buka melalui laptop atau PC melalui website resmi dari Linkedin. Platform Linkedin ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang mencari lowongan pekerjaan, mencari lowongan magang, sharing mengenai pekerjaan, dan lain-lain yang berhubungan dengan dunia pekerjaan profesional.

Jika kamu ingin mencari lowongan pekerjaan maupun lowongan magang, penting untuk melakukan upload CV supaya profil Linkedin kamu bisa dilirik oleh perusahaan yang kamu inginkan. Sebab dari CV itulah perusahaan bisa mengetahui apakah kamu cocok atau tidak dengan posisi yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan.

Jika kamu pengguna lama Linkedin ataupun sudah pernah melakukan upload CV di profil Linkedin kamu maka kamu harus melakukan update CV Linkedin milikmu, agar jika kamu sudah memiliki pencapaian-pencapaian atau pengalaman baru bisa turut kamu sertakan pada CV tersebut.

Update CV pada Linkedin sendiri penting karena biasanya keterangan yang sudah kamu sampaiakan di profil platform Linkedin kurang lengkap, sehingga lebih mudah bagi perusahaan yang sedang mengadakan lowongan pekerjaan untuk melihat pengalaman milikmu melalui CV yang telah kamu upload dan update.

Cara update CV di Linked sangat mudah untuk dilakukan, meskipun sebagian orang masing-masing mengenai langkah-langkahnya. Dan jika kamu kesulitan melakukan update CV di Linkedin maka kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Apa Itu Linkedin ?

Sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari Linkedin. Linkedin sendiri merupakan sebuah platform yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk mencari pekerjaan, magang, dan memperkuat relasi dengan berbagai pihak dari seluruh dunia.

Dengan menggunakan Linkedin maka kamu bisa mendapatkan relasi-relasi baru dari berbagai negara maupun dari dalam negeri. Kamu bisa mengunduh aplikasi Linkedin di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Selain itu jika kamu menggunakan laptop atau PC untuk mengakses Linkedin, kamu bisa langsung menuju website resmi dari Linkedin.

Hal Apa Saja yang Perlu disertakan di CV ?

Berikutnya sebelum kita membahas mengenai cara update CV Linkedin, kamu juga perlu tahu mengenai hal-hal apa saja yang bisa kamu sertakan pada CV milikmu. Curriculum Vitae (CV) sendiri merupakan dokumen yang berisi informasi mengenai latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengelaman profesional, dan lain sebagainya. Intinya adalah pengalaman profesional anda di dunia pekerjaan.

Berikut contoh hal-hal yang harus kamu sertakan pada CV :

  • Pertama adalah data diri seperti nama, TTL, alamat, nomor telepon, email, dan lain sebagainya.
  • Lalu sertakan juga Riwayat pendidikan.
  • Pengalaman pekerjaan, pengelaman magang, pengelaman organisasi, pengalaman volunteering.
  • Keterampilan, dan lain-lain.

Kamu bisa membuat CV semenarik mungkin dengan informasi jelas dan benar, supaya peluang kamu diterima pekerjaan menjadi semakin tinggi.

Cara Update CV di LinkedIn



Jika kamu ingin melakukan update CV di LinkedIn, namun kamu belum mengetahui caranya maka kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini. Ikuti langkah-langkah yang dibahas dengan cermat dan simak penjelasan artikel ini dari awal hingga selesai.

1. Cara Update CV di LinkedIn

Pada bagian ini akan dibahas mengenai cara update CV di Linkedin, cara update CV di Linkedin sendiri sama dengan cara upload CV. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini untuk melakukan update CV terbaru milikmu.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka aplikasi atau website Linkedin. Dan jika sudah maka kamu bisa log in menggunakan akun Linkedin yang kamu miliki ataupun menggunakan akun Gmail atau Facebook.
  • Berikutnya kamu bisa tekan Me atau Saya pada bagian atas tampilan Linkedin.
  • Setelah itu kamu akan menemukan opsi Lihat Profil, kamu bisa klik tombol Lihat Profil.
  • Jika sudah maka halaman profil Linkedin mulikmu akan terbuka, kamu bisa melakukan edit pada profil Linkedin seperti yang kamu inginkan yaitu melakukan update terkait data-data milikmu seperti halnya melakukan update CV.
  •  Langkah selanjutnya untuk melakukan update CV di Linkedin kamu bisa klik tombol Add Profil Section (Tambahkan ke profil).
  • Kemudian kamu bisa klik opsi Featured (Tambahkan), lalu klik Media.
  • Dan terakhir kamu bisa memilih CV terbaru yang akan kamu gunakan untuk update CV di profil Linkedin milikmu.
  • Selesai.

Itulah cara update CV di platform Linkedin yang bisa kamu coba dan ikuti untuk melakukan update pada CV yang ada di profil Linked supaya kamu bisa mengupdatenya ke CV mu yang paling baru.

2. Cara Upload CV Untuk Melamar Kerja di LinkedIn

Selain melakukan update CV di profil Linkedin, kamu juga bisa mengubah pengaturan supaya CV mu bisa tersimpan di Linkedin suoata bisa memudahkan kamu saat ingin melamar pekerjaan yang mana CV yang sudah kamu simpan di Linkedin tersebut secara otomatis akan terkirim ke perusahaan yang sudah kamu lamar melalui akun Linkedin.

Langkah-langkah untuk melakukannya juga mudah, berikut langkah-langkah untuk upload CV dengan tujuan untuk melamar pekerjaan, simak penjelasannya :

  • Langkah pertama adalah buka website atau aplikasi Linkedin melalui handphone maupun laptop atau PC.
  • Jika sudah log in menggunakan akun Linkedin milikmu.
  • Langkah berikutnya adalah buka tab Me atau Saya yang terdapat pada bagian atas tampilan platform Linkedin.
  • Setelah itu kamu bisa memilih menu Setting and Privacy.
  • Kemudian kamu bisa klik Job Seeking Preference.
  • Lalu klik pada bagian Job Application Settings.
  • Jika sudah kamu bisa memilih CV terbaru yang akan kamu upload untuk melamar pekerjaan di Linkedin, lalu tekan Save.
  • Berikutnya jika kamu sudah selesai upload CV. Jika kamu melamar pekerjaan melalui platform Linkedin maka CV milikmu akan secara otomatis terkirim ke perusahaan tersebut.
  • Selesai.

Itu dia cara upload CV di Linkedin untuk kepentingan melamar pekerjaan supaya CV milikmu bisa secara otomatis terkirim ke perusahaan yang kamu lamar tanpa harus kamu melakukan upload lagi secara manual. Cukup mudah bukan ?

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Upload CV di LinkedIn

Dengan adanya banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan upload maupun update CV di platform Linkedin, ada juga kekurangan dari melakukan upload CV di Linkedin. Berikut ini penjelasannya :

Kelebihan :

  • Kelebihan pertama adalah dapat melengkapi poin yang tidak ada di dalam profil Linkedin.
  • Mempermudah perusahaan recruiter dan jaringan untuk menghubungi kamu secara langsung.
  • Mempermudah proses lamaran pekerjaan.
  • Membuat tampilan profil lebih profesional.

Kekurangan :

  • Rentan penyalahgunaan informasi pribadi.
  • Harus selalu melakukan update CV supaya tidak out of date.

Demikianlah informasi mengenai cara update CV di Linkedin yang bisa kamu praktekan pada akun Linkedin milikmu. Selamat mencoba.