Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan: Kenapa?

Caracekonline.net | Sudah tau belum apa saja yang jadi penyebab voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan? Tanya kenapa voucher pengguna baru Shopee tidak bisa digunakan? 

Salah satu marketplace populer yang menjadi pilihan banyak user adalah Shopee. Marketplace ini menawarkan banyak keuntungan. Selain itu, aplikasi Shopee dianggap sebagai superapp karena menawarkan berbagai layanan populer.

Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

User tidak hanya bisa melakukan pembelian produk marketplace. Bahkan, aplikasi ini menawarkan layanan pembelian makanan online hingga pengantaran barang. Sebagian layanan ini bisa dinikmati dengan harga cukup terjangkau. Hal ini karena adanya voucher shopee yang tersedia dalam periode waktu tertentu. Misalnya saja voucher gratis ongkir shopee.

Kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan?

Jumlah voucher gratis ongkir shopee memang cukup terbatas. Bahkan, banyak user yang bisa menggunakan dalam periode tertentu. Hal ini juga yang membuat sebagian voucher gratis ongkir shopee tidak bisa digunakan. 

User harus terlebih dahulu memahami ketentuan dari penggunaan voucher shopee itu. Apalagi banyak voucher yang berlaku secara terbatas. 

Berikut ini ada beberapa kendala yang sering terjadi kenapa voucher graris ongkir shopee tidak bisa digunakan seperti:

1. Kode voucher dianggap tidak sah

Salah satu penyebab dari voucher gratis ongkir shopee tidak bisa digunakan adalah dianggap tidak sah. Pengalaman ini sering terjadi karena voucher salah dan tidak bisa terintegrasi dengan sistem. 

Selain itu, user shopee juga dianggap telah melanggar ketentuan utama dari penggunaan voucher itu. 

Misalnya, user memiliki akun lebih dari satu untuk pengiriman pada alamat yang sama. Bila hal ini terjadi maka sistem pada Shopee akan mengenali secara langsung sehingga kode voucher tidak akan berlaku lagi. Apalagi user juga akan mendapatkan peringkatan melalui pesan pop up.

2. Voucher tidak berlaku untuk produk

Penggunaan kode voucher gratis ongkir memiliki ketentuan. Bila user tidak bisa menggunakan voucher itu bisa saja tidak berlaku pada pembelian jenis maupun katagori produk. 

Misalnya saja, voucher berlaku untuk produk fashion yang akan digunakan untuk pembelian produk elektronik. Hal itu tentu saja akan membuat sistem penggunaan voucher tidak berlaku. 

Bahkan, user juga akan mendapatkan peringatan langsung melalui halaman checkout. Pastikan untuk memahami kategori pemberlakuan voucher gratis ongkir di Shopee.

3. Tidak sesuai dengan metode pembayaran

Shopee memberikan kemudahan bagi banyak user yang ingin melakukan pembelian produk dengan banyak pilihan metode pembayaran. Beberapa metode pembayaran itu seperti transfer bank, shopeepay, shopee paylater hingga COD. 

Masing-masing pilihan metode pembayaran ini juga memiliki sinkronisasi terhadap kebijakan penggunaan voucher gratis ongkir. 

Ada beberapa voucher yang memang berlaku untuk pembayaran metode tertentu saja. Bila user tidak bisa menggunakan sebagian dari voucher mungkin pilihan metode pembayaran tidak sesuai dengan persyaratan. Pilihan pembayaran shopeepay dan shopee paylater paling banyak mendapatkan kemudahan voucher gratis ongkir.

4. Tidak sesuai minimum pembelian

Setiap voucher gratis ongkir yang ditawarkan kepada user Shopee memiliki persyaratan dan ketentuan berbeda. Hal ini juga berlaku terhadap persyaratan jumlah menimum pembelian dalam satu keranjang. 

Ada beberapa voucher gratis ongkir yang berfungsi pada saat user melakukan jumlah pembelian sesuai batas minimum. 

Namun, voucher gratis ongkir bisa saja tidak berlaku bila jumlah pembelian belum mencapai batas yang telah ditentukan. 

Hal ini bisa diatasi dengan memilih produk dengan harga yang melebihi batas mininum atau menambahkan jumlah produk yang akan dibeli. Bila persyaratan itu sudah terpenuhi maka secara otomatis voucher bisa digunakan.

5. Tidak sesuai dengan pilihan pengiriman

Marketplace seperti Shopee memiliki beberapa pilihan metode pengiriman. Jenis pengiriman akan mempengaruhi biaya yang harus ditanggung oleh user. 

Misalnya saja, kategori pengiriman reguler hingga ekspress. Semakin cepat metode pengiriman produk maka nominal biaya ongkir juga akan semakin mahal. 

Hal ini juga yang membuat banyak kode voucher gratis ongkir di Shopee yang tidak berlaku. Persyaratan dari beberapa voucher gratis ongkir biasanya hanya memberlakukan untuk jenis pengiriman tertentu saja. 

Bila user tidak memilih sesuai dengan ketentuan metode pengiriman maka hal itu akan membuat kode voucher tidak bisa digunakan sama sekali. Cobalah untuk mencoba masing-masing metode pengiriman.

6. Masa berlaku yang habis

User harus ingat bahwa setiap voucher yang terdapat pada Shopee memiliki masa berlaku. Rincian masa berlaku biasanya ditampilkan pada bagian bawah gambar voucher. 

Kadangkala voucher yang digunakan user sudah melewati batas masa berlaku. Hal itu tentu saja tidak akan membuat ongkir menjadi gratis. 

Pahami seluruh rincian dari ketentuan penawaran voucher gratis ongkir yang dikirim melalui email maupun whatsapp. Bila masa berlaku sudah habis maka secara otomatis kode voucher gratis ongkir tidak akan bisa digunakan lagi. 

User juga akan mendapatkan keterangan pada bagian kolom redeem voucher bahwa masa berlaku sudah habis.

7. Hanya ditujukan bagi user tertentu

Banyak voucher gratis ongkir yang berlaku untuk kalangan user tertentu saja. Misalnya saja penawaran kode voucher gratis ongkir untuk pembelian produk apapun bagi user baru. Kode voucher seperti ini bisa digunakan hanya untuk user yang baru melakukan pembelian produk pertama kali. Kode voucher tentu saja tidak akan berlaku bagi user lama. 

Namun, ada juga penawaran gratis ongkir yang diberikan kepada user lama. Hal ini sering terjadi karena user masuk dalam kategori pelanggan loyal. Jumlah voucher yang diberikan tentu saja berdasarkan status loyalitas yang biasanya ditampilkan pada bagian profil. Bila voucher gratis ongkir tidak berlaku mungkin persyaratan user belum sesuai dengan peraturan.

8. Sudah digunakan sebelumnya

Sebagian dari voucher gratis ongkir yang ada di Shopee hanya bisa digunakan beberapa kali saja. Biasanya jumlah penggunaan dari kode voucher itu akan ditampilkan pada bagian gambar. 

Misalnya saja, user hanya bisa menggunakan 3 kali pembelian saja. Bila kode voucher gratis ongkir itu sudah digunakan sebelumnya maka user tidak bisa lagi menggunakan.

Hal itu tentu saja melanggar ketentuan dari Shopee. User akan mendapatkan peringatan sebelumnya bila menggunakan kode voucher gratis ongkir yang sama secara berulang.

9. Kuota voucher sudah habis

Shopee memberikan voucher gratis ongkir kepada user secara terbatas. Hal ini sering terjadi untuk menyambut tema tertentu. 

Misalnya saja penawaran gratis ongkir untuk melakukan pembelian pada tanggal dan bulan kembar. Perlu diingat kuota dari voucher gratis ongkir seperti ini tersedia sangat terbatas. Bila banyak user menggunakan kode voucher ini maka akan semakin cepat habis. 

User lain tentu saja akan merasa kesulitan untuk mendapatkan gratis ongkir. Selain itu, user juga akan mendapatkan notifikasi bila kuota voucher sudah habis. Cobalah lakukan pengecekan setiap waktu pada menu voucher yang ada di dashboard shopee.

10. Akun user dibatasi oleh Shopee

Kendala ini sering terjadi bagi user yang mendapati akun shopee telah dibatasi. Pada saat mengalami hal ini maka user tidak bisa menggunakan voucher gratis ongkir dan lainnya. Pembatasan akun terjadi akibat user melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh Shopee. 

Bahkan, bisa saja user terindikasi melalukan kecurangan pada beberapa program yang ditawarkan Shopee.

Nah, mungkin hanya itu saja yang bisa kami ulas perihal apa saja yang menjadi penyebab kenapa voucher Shopee tidak bisa digunakan. Baca ulasan lainnya agar lebih paham.