Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Wantek Baju Paling Mudah dan Tahan Lama

Cara Wantek Baju | Baju yang sudah memiliki warna kusam sebenarnya bisa mendapatkan pembaruan kembali. 

Hal ini dilakukan dengan metode wantek atau membuat pewarnaan pada baju menjadi lebih baru. Metode seperti ini sebenarnya seriny dilakukan bagi jasa laundry ataupun penjahit konvensional. 

Cara yang dilakukan juga dianggap sangat sederhana. Namun, perlu diingat bahwa cara wantek baju seperti ini memang berlaku hanya beberapa waktu saja. 

Selain itu, setelah melakukan wantek pada baju juga harus melalukan perawatan. Hal paling penting adalah menerapkan metode yang baik untuk menghasilkan pewarnaan sempurna.

Apa Itu Metode Wantek

Wantek merupakan zat pewarna khusus yang sering digunakan untuk mengembalikan kontras pada warna baju seperti tampak baru. Biasanya zat ini bisa dibeli dengan mudah di toko tekstil atau lainnya. 

Selain itu, wantek juga menjadi sebuah istilah yang sering digunakan untuk melalukan pewarnaan ulang dengan metode sederhana. Ada banyak pilihan warna dari zat ini. 

Namun, detail warna memang hanya berlaku bagi jenis kain tertentu saja.

Metode wantek bisa dilakukan siapa saja dengan mudah cepat. Selain itu, kualitas pewarnaan juga akan disesuaikan dengan jenis kain hingga cara yang diterapkan. Zat wantek seperti ini memiliki durasi waktu bertahan yang sebenarnya cukup terbatas.

Cara Wantek Baju

Cara Wantek Baju

Sebenarnya ada beberapa cara wantek baju yang sangat mudah dan tahan lama. Metode yang digunakan dengan zat wantek seperti ini akan mempengaruhi durasi ketahanan warna baru pada baju. Bila melakukan metode dengan benar maka warna baru akan lebih tahan lama. 

Selain itu, cara yang diterapkan biasanya tidak membutuhkan perlengkapan yang sangat berlebihan. Pastikan juga untuk memahami kualitas dan jenis kain pada baju. Biasanya cara ini bisa diterapkan dengan perhitungan waktu yang sangat lama juga. 

Berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk cara wantek baju seperti:

1. Cuci Baju yang Akan Diwantek

Ini merupakan cara wantek baju yang pertama kali harus dilakukan. Pastikan baju bersih dan bebas noda. Metode pencucian juga bisa dilakukan sengan sangat sederhana. 

Misalnya dengan menggunakan deterjen biasa hingga menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada bagian sisi baju. 

Perlu diingat bahwa bila ada noda yang menempel, warna wantek tidak akan merata. Hal itu tentu saja akan mempengaruhi kualitas hasil warna di baju. 

Cobalah untuk menangani noda secara benar terlebih dahulu sesuai jenisnya, misalnya noda minyak, noda tinta, dan sebagainya. 

Periksa kembali setelah mencuci bahwa tidak ada sedikitpun kotoran yang menempel.

2. Siapkan Air dan Wantek

Metode ini juga membutuhkan perlengkapan seperti wadah berupa panci yang sangat besar. 

Tuangkan air yang memiliki suhu cukup panas. Biasanya air yang baru matang dari proses memasak sangat disarankan. Satu bungkus wantek ukuran biasa bisa digunakan untuk sekitar 3 liter air. 

Pastikan menggunakan sarung tangan yang berkualitas agar tidak ada warna wantek yang menempel. Aduk rata campuran wantek dan air beberapa menit. 

Cara seperti ini bisa dilakukan juga dengan memasak air dan campuran wantek dengan waktu cukup lama sambil diaduk. 

Setelah itu, tempatkan campuran air dan wantek itu pada wadah lain seperti ember dengan ukuran yang lebih besar lagi. 

Pastikan mencuci panci yang digunakan untuk mencampur air dengan wantek. Apalagi karakter warna pada wantek bisa menempel dalam durasi lama.

3. Masukkan Pakaian dan Aduk

Aduk kembali campuran air dan wantek pada wadah baru. Siapkan baju yang akan diproses.

Aduk-aduk dan bolak-balik pakaian selama 15-20 menit dengan perangkat kayu tambahan. 

Lakukan cara ini secara merata hingga seluruh bagian dari baju mendapatkan warna wantek. Biasanya beberapa orang juga melakukan bolak-balik terus menerus. 

Jangan pernah untuk melepas sarung tangan yang digunakan. Perbandingan yang paling ideal sebenarnya campuran wantek ini hanya cukup untuk 1-2 baju. 

Namun, bila ingin menambah jumlah baju maka air dan zat wantek juga harus ditambah. 

Perlu diingat bahwa semakin banyak jumlah baju maka waktu atau durasi untuk cara wantek akan terus bertambah lama.

4. Bilas Pakaian dan Jemur

Pastikan baju telah diaduk dan dibolak-balik dengan sangat sempurna. Apalagi, hasil akan lebih baik bila melakukan cara ini hingga air campuran wantek berubah menjadi lebih dingin. 

Setelah air dingin, bilas pakaian dengan air bersih. Perlu diingat proses pembilasan tidak perlu menggunakan deterjen. Cukup lakukan bilasa  5-6 kali. Pastikan penggantian air bilasan selama 2-3 kali. 

Cara ini sangat ideal agar menjaga kualitas dari warna wantek. Setelah itu, segera jemur pakaian di ruangan yang berventilasi baik atau di tempat teduh. 

Hindari proses jemur di bawah terik matahari agar warna wantek tetap melekat di baju. Biasanya metode ini bisa dilakukan pada ruangan khusus tanpa pencahayaan dari matahari sama sekali. 

Tunggu hingga kering lalu lihat hasilnya.

Metode Perawatan Baju Setelah Wantek

Perlu diingat bahwa setelah melakukan cara wantek baju juga diperlukan untuk perawatan. Hal ini memang dilakukan agar warna baru bisa bertahan dan tidak cepat luntur. 

Selain itu, beberapa metode perawatan juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Semakin sering menerapkan metode perawatan yang baik maka warna pada baju juga akan semakin bertahan. 

Selain itu, metode ini menjaga kualitas bahan atau jenis kain pada baju yang sudah mendapatkan pewarnaan baru.

Berikut ini ada beberapa perawatan mudah untuk menjaga kualitas warna wantek pada baju yaitu:

1. Cuci Sesuai Warnanya

Pastikan untuk selalu mencuci baju hasil wantek sesuai dengan warnanya. 

Metode ini memang dilakukan agar tidak ada pencapuran warna lain pada bagian baju. 

Bila mencuci baju dengan warna berbeda maka bagian zat wantek warna lain bisa saja menempel. Hal itu tentu saja memberikan dampak yang sangat buruk bagi kontras warna.

2. Balik Bagian Pakaian Sebelum Menjemur

Perawatan lain yang sangat penting dengan selalu membalik bagian pakaian sebelum menjemur.

Biasanya cara ini dengan membalik bagian luar ke bagian dalam. Cara ini akan membuat warna bisa bertahan dengan lama meskipun berkali-kali dijemur.

3. Selalu Gunakan Deterjen Warna Cerah

Cobalah untuk selalu menggunakan deterjen yang memiliki karakteristik warna cerah. 

Cara ini memang akan berlaku bila baju hasil wantek sering dicuci. Bahkan, formula pada deterjen itu dianggap sangat ideal untuk zat wantek sehingga tidak mudah luntur.

4. Mencuci dengan Air Dingin

Selalu cuci pakaian berwarna dengan air dingin yang membantu menjaga warna tetap melekat di baju. 

Selain itu, praktik mencuci ini juga ramah lingkungan. Air hangat atau air panas justru akan membuat warna wantek cepat luntur.

5. Pengeringan dengan Benar

Lalukan pengeringan  cucian secara benar. Biasanya menjemur pakaian di tempat yang agak teduh paling tepat untuk menjemur pakaian berwarna gelap.

Itu saja, bahasan lengkap perihal bermacam cara wantek baju yang benar dan paling mudah dilakukan siapa saja. Jika ada waktu, silahkan baca dulu cara yoga yang benar agar semakin tahu. Moga bermanfaat!