Cara Voice Typing di Word dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Tak banyak yang tahu cara voice typing di Word, padahal langkahnya begitu mudah. Sebagaimana diketahui, Word merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer untuk pembuatan dokumen atau file berbasis teks. 

Aplikasi ini tersedia untuk banyak perangkat mobile hingga desktop. Ada banyak fitur dan tools penting yang tersedia dari aplikasi. Bahkan, kamu bisa juga menggunakan berbagai tools penting untuk memudahkan proses pembuatan dokumen berbasis teks. 

Hal paling penting adalah selalu menggunakan aplikasi Word yang original sehingga bebas dari malware. Salah satu fitur penting yang bisa digunakan dengan sangat mudah seperti Voice Typing. 

Ini adalah fitur yang membantu kamu untuk membuat dokumen teks hanya dengan perekaman suara langung. Cara voice typing di word juga sangat mudah.

Manfaat Penting Voice Typing di Word

Sebelum membahas tentang metode dan cara voice typing di word dengan mudah cobalah pertimbangkan berbagai manfaat penting dari voice typing. 

Apalagi fitur ini dianggap akan memberikan fungsional yang sangat maksimal. Kamu juga bisa mendapatkan kemudahan dalam pembuatan teks dokumen. 

Bahkan, fitur seperti ini juga tersedia dengan mudah dan memiliki pengaturan yang sederhana. Ini menjadi pertimbangan bagi kamu yang membutuhkan banyak dokumen teks dalam waktu yang lebih singkat. 

Berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan voice typing yang ada di word seperti:

1. Mempercepat Penulisan Teks

Manfaat utama dari Voice typing atau pengetikan suara adalah mempercepat proses menulis. Kamu bisa segera mendapatkan hasilnya dan memberikan semangat baru untuk terus menulis. 

Kecepatan menulis adalah cukup penting untuk menjaga produktivitas. Di sini Voice typing memberikan solusi yang luar biasa karena menulis dilakukan seperti mengobrol biasa. 

Bahkan, manfaar ini juga sangat penting bagi kamu yang membutuhkan jumlah teks lebih banyak lagi. Semakin sering melakukan metode ini maka hasil dari dokumen teks juga bisa bertambah lebih banyak lagi.

2. Melatih Akses Bicara dari User

Saat melakukan Voice typing otomatis kamu akan langsung berbicara. Ini sekaligus melatih kamu untuk berbicara dengan vokal dan lafal yang sangat baik. 

Perlu diingat bahwa pelatihan bicara melalui fitur ini juga memberikan keuntungan agar kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam berbicara. 

Selain itu, berbicara di depan umum atau sering disebut dengan public speaking saat ini sangat dibutuhkan bagi banyak personal. Ini membantu kamu dalam penyampaian pesan.

3. Semakin Mudah Berpendapat

Fitur seperti voice typing justru memberikan kesempatan yang sangat baik bagi kamu untuk berbicara dengan lancar. Hal ini berkaitan dengan pengungkapan pendapan hingga cara berpikir secara langsung. Proses yang dilakukan juga akan sangat cepat. 

Apalagi proses konversi suara ke teks dengan fitur yang tersedia juga akan semakin membuat kamu mendapatkan fungsional lebih maksimal. Metode ini membuat kamu bisa mengungkapkan seluruh hal penting yang terdapat pasa pikiran. 

Bahkan, hasil dokumen teks yang tersedia juga merupakan pola pemikiran sendiri.

4. Skill Tambahan Konten Kreatif

Perlu diingat bahwa cara yang dilakukan dengan memanfaatkan voice typing yang ada di word justru memberikan keuntungan besar. Metode ini juga sering dilakukan untuk pembuatan podcast. 

Apalagi saat ini layanan podcast juga sudah berkembang dengan pesat. Secara garis besar Podcast adalah salah satu bentuk blogging menggunakan file audio. Hasil dari voice typing justru bisa dibagikan melalui media sosial. 

Ini menjadi sebuah akses keuntungan yang lebih baik. Adanya fitur voice typing akan membantu kamu dalam pengelolaan manajemen talent personal. 

Bahkan, ini bisa menjadi latihan yang sangat penting dalam memulai konten podcast. Kemampuan bicara yang ditampilkan juga sangat efektif untuk waktu yang lebih lama.

Cara Voice Typing di Word

Cara Voice Typing di Word

Sebenarnya metode dan cara voice typing di word bisa dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, metode yang digunakan juga bisa melibatkan layanan Google hingga aplikasi Microsoft Word.

Pastikan juga kamu memilih perangkat desktop agar lebih mendapatkan fungsional yang sangat maksimal. 

Hal paling penting tentu saja dengan memperhatikan kualitas bagian perangkat seperti microphone yang digunakan. Jangan khawatir karena metode yang diterapkan juga dianggap lebih mudah. 

Berikut ini adalah metode yang paling mudah dari cara voice typing di word yaitu:

1. Akses Login Google

  • Pada halaman utama Google Chrome, buka situs Google Docs pada https://docs.google.com
  • Lakukan login (masuk) terlebih dahulu menggunakan akun Google milik kamu.

2. Buka Layanan Google Docs

Selanjutnya pada halaman Google Docs yang sudah terbuka, klik Blank untuk membuat dokumen Word baru.

Atau kamu juga bisa langsung upload file Microsoft Word yang sudah kamu buat sebelumnya untuk dilanjutkan pengetikannya di Google Docs. 

Dengan Cara: klik ikon Folder, lalu pilih tab Upload, lalu klik Select a file from your device, dan tambahkan file Word yang ingin dilanjutkan pengetikannya

3. Buka Tools Voice Typing

Setelah dokumen terbuka di halaman Google Docs, silahkan klik Tools.

Lalu pilih Voice typing yang berguna untuk mengaktifkan fitur bawaan Google Docs berupa alat pengetikan menggunakan suara. Kamu juga bisa gunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Ctrl + Shift + S secara bersamaan

Setelah itu akan muncul ikon mikrofon di sebelah kiri jendela dokumen

4. Buat Pengaturan Voice Typing

Sebelum mengetik dokumen dengan suara, pastikan kamu telah mengubah bahasa dokumen yang ingin diketik dengan klik tombol bahasa di bagian atas ikon mikrofon. Jika kamu ingin mengetik dalam bahasa Indonesia, maka ubah menjadi Bahasa Indonesia

Setelah mengganti bahasa, klik area dokumen untuk tempat pengetikan. Lalu, klik ikon mikrofon untuk mulai mengetik dokumen Word menggunakan suara

5. Mulai Perekaman Suara

Apabila muncul pop-up Use your microphone, maka silahkan klik Allow untuk mengizinkan Google Chrome menggunakan dan menerima suara dari mikrofon Laptop ataupun perangkat yang digunakan.

Pada saat ikon mikrofon sudah berwarna merah, itu tandanya sudah aktif dan kamu bisa langsung mulai mengetik menggunakan suara.

Perlu diingat bahwa seluruh kata yang kamu ucapkan dan diterima oleh mikrofon akan diketikkan pada halaman dokumen tersebut. Pastikan kamu mengucapkan setiap kata dengan jelas agar tidak terjadi kesalahan pengetikan. Hal ini juga membutuhkan pelafalan yang baik. Penggunaan tanda baca bisa dilalukan dengan pengucapan juga. Namun, untuk beberapa bagian seperti enter atau paragraf baru harus secara manual.

Untuk berhenti mengetik menggunakan suara, kamu tinggal klik lagi ikon mikrofon yang sedang berwarna merah tersebut.

6. Pindahkan ke Word

Apabila sudah selesai, kamu bisa copy semua isi dokumen di Google Docs tersebut ke Microsoft Word. Metode lain yang digunakan adalah melakukan download file dokumen dengan format Microsoft Word. 

Silahkan klik menu File, kemudian arahkan kursor ke Download, dan pilih Microsoft Word (.docx).

Setelah itu file dokumen yang sudah diketik menggunakan suara akan terunduh dalam format Microsoft Word.

7. Lakukan Editing Jika Diperlukan

Kamu bisa membuka kembali dokumen tersebut apabila ingin melakukan perubahan (editing). Metode editing file juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Penyimpanan file juga bisa langsung dilakukan otomatis selama proses editing.