7+ Cara Usaha Sampingan dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Usaha sampingan memang pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan lebih disamping penghasilan yang kamu dapatkan dari perkerjaan yang kamu miliki saat ini. Cara usaha sampingan juga cukup mudah, dan ada banyak sekali ide usaha sampingan yang bisa kamu lakukan.

Pengertian dari usaha sampingan sendiri adalah pekerjaan yang dilakukan disela-sela pekerjaan utama, dan melakukan pekerjaan sampingan ini tanpa harus menganggu pekerjaan utama yang sedang dimiliki. Pekerjaan sampingan bisa dilakukan oleh siapa saja seperti ibu rumah tangga, mahasiswa, dan lain sebagainya.

Bahkan jika sekarang ini kamu adalah seorang karyawan kamu juga bisa memiliki usaha sampingan. Walaupun mungkin jadwal kamu sudah padat, akan tetapi kamu masih bisa melakukan perkerjaan sampingan jika kamu pandai mengatur waktu.

Salah satu usaha sampingan yang bisa kamu lakukan tanpa menyita banyak waktu adalah usaha sampingan online, jenis perkerjaan sampingan ini bahkan bisa kamu kerjakan dari rumah. Kamu bisa melakukannya dengan modal yang tidak banyak atau bahkan melakukan usaha sampingan online yang tanpa modal sama sekali.

Melakukan pekerjaan sampingan ini bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan yang lebih banyak lagi, karena disamping perjaan tetap yang sedang kamu lakukan kamu juga akan mendapatkan pendapatan dari usaha sampingan yang kamu lakukan.

Oleh karena itu pada pembahasan artikel ini akan dibahas beberapa cara usaha sampingan yang bisa kamu lakukan dan kamu coba untuk mendapatkan penghasilan. 

Cara Usaha Sampingan



Jika kamu merasa bahwa kamu memiliki cukup banyak waktu disamping kegiatan yang kamu lakukan sekarang dan ingin memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mendapatkan penghasilan lebih, kamu bisa memulai mencoba usaha sampingan. 

Cara usaha sampingan sendiri cukup mudah, kamu bisa menyesuaikan dengan keterampilan yang kamu miliki, atau modal yang kamu miliki sekarang. Karena dengan memanfaatkan peluang yang ada kamu akan bisa melakukan usaha sampingan dan tentukan akan menghasilkan pendapatan lebih.

1. Dengan Mengikuti Program Afiliasi

Usaha sampingan pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan mengikuti program afiliasi, dengan mengikuti program afiliasi ini kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan secara offline dan tanpa modal. Selain itu kamu juga akan mendapatkan keuntungan.

Apabila kamu belum tahu apa itu program afiliasi, program afiliasi sendiri yaitu program yang akan memberikan kamu komisi jika kamu berhasil menjual suatu produk. Atau afiliasi juga bisa dikatakan dengan program berbagi pendapatan (revenue sharing).

Oleh karena itu untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dari pekerjaan sampingan tidak ada salahnya mencoba mengikuti program afiliasi ini untuk mendapatkan pendapatan. Ada banyak perusahaan yang mempunyai program afiliasi seperti Bukalapak, Tokopedia, Zalora, dan masih banyak lagi.

2. Dengan Menjadi Dropshipper

Berikutnya kamu dengan banyaknya online shop saat ini membuat dropshiper  bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang ingin memiliki perkerjaan sampingan tanpa modal seperpun. Dropshiper merupakan pekerjaan dengan menjual produk miliki orang lain, dan nantinya kamu akan mendapatkan komisi dari produsen atau supplier.

Dropshiper ini sama-sama menjualkan produk orang lain seperti reseller namun perbedaannya adalah kamu tidak perlu menyetok barang karena nantinya kamu tinggal melakukan setoran orderan ke produsen dan nantinya pihak produsen atau supplier akan mengirimkan barang secara langsung kepada customer.

Usaha sampingan yang satu ini tidak memerlukan modal sedikitpun karena kamu tidak perlu melakukan pembelian barang terlebih dahulu untuk stok. Caranya kamu hanya perlu bekerja sama dengan produsen atau supplier, setelah itu mempromosikan atau memasarkan produk mereka di marketplace, media sosial, dan lain-lain.

3. Dengan Menjual Barang atau Pakain Bekas yang Masih Layak

Jika kamu memiliki banyak barang yang sudah tidak terpakai seperti tas, baju yang kekecilan, sepatu, atau skincare, dan lain sebagainya yang sekiranya masih cocok untuk dijual lagi. Maka kamu bisa menjual barang tersebut kembali atau bisa disebut dengan preloved.

Dengan melakukan cara yang satu ini kamu bisa mendapatkan penghasilan, dan tidak perlu mengeluarkan modal lagi. Caranya juga cukup mudah kamu hanya harus memfoto barang yang ingin kamu preloved, kemudian beri deskripsi dan informasi harga lalu posting di marketplace atau media sosial.

4. Dengan Membuka Jasa Titip (Jastip)

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba melakukan usaha sampingan dengan membuka jasa titip (jastip), jenis usaha yang satu ini cukup populer dan banyak dilakukan oleh pengguna media sosial. Kamu juga bisa melakukan perkejaan yang satu ini dari rumah dengan modal laptop/ PC dan handphone saja.

Alasan kenapa usaha jasa titip ini patut dicoba adalah sekarang ini ada banyak online shop yang menerapkan sisten open order dan hal ini membuat banyak customer menjadi harus berebut produk jika ingin membeli suatu produk yang diinginkan dan tentunya tidak semua customer bisa mendapatkan produk tersebut dan tentunya ada yang tidak kebagian juga.

Dan hal ini terjadi karena customer memiliki keterbatasan waktu atau bisa jadi karena keterbatasan perangkat yang digunakan, oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan peluang yang satu ini untuk melakukan pekerjaan sampingan dengan bermodal laptop/PC, serta jaringan internet yang stabil.

Kamu bisa menentukan sendiri fee dari barang yang di jasa titip. Selain itu kamu bebas membuka banyak online shop untuk membuka jasa titip ini. Cukup menarik bukan ?.

5. Dengan Menjadi Penulis Freelance

Apabila kamu termasuk orang yang hobi menulis, atau memiliki skill menulis kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan pekerjaan sampinga. Yaitu dengan cara menjadi penulis freelance atau penulis lepas.

Ada banyak peluang untuk menjadi penulis freelance, seperti menulis buku, menulis artikel, copywriter, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu kamu bisa menfaatkan keahlian menulis kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Selain itu kamu bisa mencari pekerjaan menulis freelance di situs-situs informasi pekerjaan, kamu juga bisa menjadi kontributor di situs berita seperti Mojok, dan lain sebagainya.

6. Dengan Membuka Jasa Penerjemah Bahasa

Untuk kamu yang memiliki keahlian dibidang bahasa asing seperti bahasa inggris, bahasa arab, bahasa prancis, dan lain-lain. Kamu bisa memanfatkan skill kamu itu untuk membuka usaha sampingan, pekerjaan yang satu ini cukup menjanjikan dan bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan tinggi.

Caranya kamu tentukan terlebih dahulu target klien seperti bidang apa yang kamu kuasai, dab bahasa apa yang kamu bisa. Kamu bisa mempromosikan jasa kamu ke plaform online yang membutuhkan jasa translator.

7. Dengan Menjadi Freelancer Desain Grafis

Selain menjadi freelance di bidang penulis, jika kamu memiliki keahlian dibidang desain grafis kamu juga bisa membuka jasa desain grafis. Jenis usaha sampingan yang satu ini juga cukup menguntungan, karena kamu memerlukan skill untuk menentukan konsep dari project yang sedang kamu kerjakan dan lain-lain.

Selain itu keahlian dibidang desain grafis juga tidak banyak orang yang mempunya keahlian ini, dan kamu juga bisa mengembangkan bisnis desain grafis menjadi bisnis yang besar dan menjanjikan. 

Demikianlah cara usaha sampingan yang bisa kamu coba dan pilih mana usaha yang sekiranya cocok untuk kamu lakukan. Selamat mencoba.