3+ Cara Membuka Pola HP Vivo dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara membuka pola HP Vivo? Apakah ada cara untuk membuka pola HP merk Vivo tanpa harus melakukan reset data agar tidak kehilangan semua data didalamnya? Dan apakah cara membuka pola HP Vivo juga sama dengan beberapa jenis ponsel lainnya?

Ngomongin tentang HP vivo, mungkin mimin yakin kalian semua sudah mengetahui salah satu brand atau vendor smartphone Tiongkok yang cukup menjamur di pasaran Indonesia. Ponsel satu ini memang memberikan banyak fitur dan juga harga yang terjangkau untuk para penggunanya.

Mulai dari harga 1 jutaan sampai 2 jutaan saja, kamu sudah bisa memiliki smartphone vivo dengan kualitas yang bagus, serta beragam fitur didalamnya. Bahkan, ponsel ini juga dikatakan menjadi pesain dari Oppo karena kualitas kamera dan juga kemampuannya untuk menunjang aktivitas pengguna yang senang bermain game di ponsel.

Tak sampai situ saja, brand vivo sendiri juga tak hentinya terus mengeluarkan produk terbaru yang mana kerap menjadi incaran para pecinta gawai atau ponsel, untuk menunjang kebutuhan mereka. Sebab kembali lagi hal ini diperkuat dengan bagaimana vivo memberikan harga yang terjangkau untuk para penggunanya.

Selain daripada beberapa fitur yang sudah mimin jelaskan tadi, sampai saat ini juga vivo terus berkembang dan memberikan fitur keamanan yang sangat mutakhir untuk para penggunanya. Mulai dari jenis kode keamanan berupa pin, password, pola, dan bahkan fingerprint.

Tapi gak jarang juga kok, banyak pengguna yang sudah menggunakan kode keamanan berupa fingerprint yang mengkombinasikannya dengan pattern atau pola pada ponsel demi mendapatkan kode keamanan ganda. Dan hal ini tentunya menjadi salah satu cara untuk melindungi semua data, dan juga privasi pengguna.

Kebayang kan, jika kamu menggunakan ponsel tanpa adanya screen lock atau kode keamanan? pastinya semua data, dan juga aplikasi kamu mungkin akan disalah gunakan oleh tangan tangan jahil ketika mungkin ponselmu tertinggal, atau hilang dan ditemukan oleh orang lain.

Maka dari itulah, penting sekali bagi para pengguna untuk menggunakan kode keamanan yang memang sulit untuk diaksess atau diretas oleh orang lain. Salah satunya adalah pattern. Namun sayangnya, kadang ada saja para pengguna yang mengalami kesalahan, ketika menggunakan kode keamanan yang berupa pattern.

Dimana, kadang pengguna kerap kali lupa dengan kombinasi urutan kode pattern yang mereka buat sebelumnya. Dan alhasil, ketika mereka mengalami hal seperti ini, para pengguna tidak dapat mengaksess home screen atau tampilan utama dari ponsel mereka sendiri.

Cara Membuka Pola HP Vivo

Cara Membuka Pola HP Vivo
membuka pola HP Vivo

Itulah mengapa, jika mungkin kamu mengalami hal serupa, setidaknya ada beberapa cara membuka pola HP Vivo yang bisa kamu gunakan, untuk menjadi alternatif ketika kamu tidak ingat kombinasi pola pattern pada hp vivo yang kamu gunakan. Seperti

Cara Membuka Pola HP Vivo dengan Android Device Manager

Langkah pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan Android Device Manager. Dimana, aplikasi besutan Google ini, bisa kamu dapatkan baik dalam bentuk aplikasi di perangkat smartphone android, atau bahkan kamu juga bisa kok mengunjungi websitenya untuk mengatasi pola hp yang lupa. Caranya

  1. Kamu bisa menggunakan komputer ataupun laptop, dan kemudian membuka browser untuk masuk ke laman Android Device Manager di situs https://www.google.com/android/find
  2. Jika sudah, kamu bisa langsung login dengan menggunakan email yang terdaftar atau ada di hp vivo kalian
  3. Lalu, kamu akan langsung diarahkan ke laman Android Device Manager, dan melihat perangkat yang terhubung dengan email yang kamu login tadi
  4. Ada 3 pilihan yang akan kamu temukan, seperti
    - Bunyikan Suara selama 5 Menit
    - Kunci Ponsel
    - Hapus Perangkat
  5. Karna disini kita akan melakukan unlock pada ponsel, maka menu yang kita gunakan adalah Kunci ponsel dimana, hal ini akan membuat kita untuk memasukkan password baru untuk melakukan unlock pada hp vivo yang kita gunakan
  6. Setelah itu, kamu bisa mengisi password baru, dan jika sudah, kamu bisa langsung menggunakan password baru tersebut kedalam hp vivo kalian.

Sedikit tips dari mimin ketika hendak menggunakan password baru, mimin menyarankan kalian untuk menggunakan kombinasi password yang mana mudah untuk diingat, ataupun kombinasi pola yang mudah untuk diaksess namun tidak diketahui oleh orang banyak. 

Dengan begitu, kamu bisa kembali menggunakan hp vivo kamu yang sebelumnya terkunci akibat lupa pola.

Cara Membuka Pola HP Vivo dengan Forgot Password

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan forgot password, yang mana cara ini tidak membutuhkan bantuan komputer, laptop, atau kamu tidak perlu meminjam ponsel temanmu. Melainkan, kamu bisa melakukannya langsung dari ponsel vivo kalian masing-masing. Dengan cara

  1. Buka smartphone kalian sampai masuk kedalam lock scree
  2. Setelah itu, kamu bisa memasukkan sembaran pattern sebanyak 2 - 3 kali, sampai muncul opsi forgot password/lupa password
  3. Jika sudah mengklik pada opsi tersebut, nantinya kamu akan diarahkan dengan beragam pilihan
  4. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan opsi masukkan akun google atau masukkan identitas akun google
  5. Lalu, kamu bisa memasukkan email yang ada dan terdaftar di hp vivo kalian
  6. Jika data yang kamu masukkan adalah valid dan benar, maka kamu secara otomatis layar kunci pada hp kalian akan terbuka, dan kamu bisa menggunakan atau membuat pola baru pada hp vivo kalian.
Cara ini berlaku untuk kamu yang memang memiliki email atau sudah login kedalam hp vivo. Jika kamu menggunakan lebih dari 1 email, pastikan kamu memasukkan email pertama yang kamu masukkan pertama kali di hp vivo kalian.

Cara Membuka Pola HP Vivo dengan Minimal ADB

Kemudian untuk cara yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Minimal ADB yang mana jelas harus dilakukan di komputer ataupun laptop. Cara ini juga hampir mirip dengan cara mengatasi pola hp samsung yang lupa yang sebelumnya sudah mimin bahas. Caranya

  1. Pastikan kamu sudah terlebih dahulu mendownload aplikasi Minimal ADB melalui pencarian di Google, dan pastikan kamu sudah mengeri tentang cara menggunakan minimal ADB di komputer atau laptop
  2. Setelah itu, kamu bisa menghubungkan hp vivo kalian ke komputer atau laptop menggunakan kabel data
  3. Kemudian jika sudah, kamu bisa menunggu beberapa saat sampai hp vivo terbaca di komputer atau laptop
  4. Dan jika sudah, kamu bisa membuka command prompt minimal ADB dan mengetikkan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key dan tekan enter
  5. Nantinya, kamu akan diminta untuk menunggu prosess penghapusan gesture atau pattern yang terkunci tadi, dan jika sudah kamu bisa langsung me-restart ponsel kalian seperti biasa.
Nah, setelah prosess restart selesai, kamu bisa langsung mencoba mengaksess smartphone kalian dengan menekan tombol power, dan lihat apakah masih ada lock screennya atau tidak. Dan barulah setelah itu kamu bisa membuat kembali kode keamanan yang kamu inginkan. Mulai dari Pin, Password, atau menggunakan pattern lagi.

Dan itulah tadi bebebrapa cara membuka pola hp vivo yang mungkin saja kamu lupa. Gimana? Kamu bisa mencoba salah satu cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga bermanfaat.
Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!