Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7+ Cara Zoom Meeting di Laptop dengan Benar

Sudah tahu belum bagaimana cara Zoom Meeting di laptop yang benar? Ulasan berikut menyajikan beragam panduan penggunaan Zoom Meeting memakai laptop yang mudah dilakukan bagi siapa saja pengguna Zoom. 

Kondisi pandemi saat ini yang belum usai membuat banyak perubahan bagi pekerjaan yang dilakukan. Pembatasan tatap muka mempengaruhi metode dalam mengadakan rapat atau meeting. Hal ini juga yang membuat banyak perusahaan dan pekerja profesional menerapkan metode rapat secara online. 

Apalagi saat ini ada banyak pilihan aplikasi atau software yang bisa digunakan dengan sangat mudah dalam rapat online. Salah satunya adalah aplikasi Zoom. Aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk mengadakan rapat online. User bisa menggunakan versi gratis dan berbayar. 

Dukungan perangkat untuk meeting online juga termasuk laptop. Tentu saja user bisa melakukan cara zoom meeting di laptop dengan mudah.

Mengenal Apa Itu Zoom

Sebelum mengetahui cara zoom meeting di laptop sebaiknya pahami terlebih dahuku apa itu zoom. Perlu diingat bahwa Zoom merupakan salah satu layanan platform video confrence yang sering digunakan untuk meeting. 

Layanan ini tersedia melalui aplikasi perangkat mobile hingga akses dengan browser. Banyak keunggulan yang bisa dinikmati user dengan layanan aplikasi Zoom. 

Selain itu, saat ini Zoom sangat membantu bagi para pekerja profesional hingga institusi dalam melalukan pertemuan virtual.

Akses dari layanan untuk meeting virtual ini dianggap sangat mudah. User bisa menggunakan layanan secara gratis maupun berbayar. Hal paling menyenangkan adalah banyak fitur yang membantu jalannya meeting virtual dengan baik. 

User harus ingat bahwa layanan meeting virtual dengan zoom memang membutuhkan jaringan internet yang sangat stabil. Apalagi bila layanan ini melibatkan banyak user sekaligus.

Cara Zoom Meeting di Laptop

Cara Zoom Meeting di Laptop

Perangkat mobile seperti laptop sering menjadi pilihan bagi banyak pekerja dalam melalukan zoom meeting. Hal ini karena sebagian besar file yang dibutuhkan memang tersedia dari perangkat itu. 

Bahkan, user juga bisa mudah membagikan banyak file karena integrasi pengaturan aplikasi yang responsif. Ini juga yang membuat banyak user lebih memilih untuk mengakses zoom meeting dengan menggunkan perangkat laptop. 

Jangan khawatir karena metode dan cara zoom meeting di laptop bisa dilakukan dengan mudah dan cepat seperti:

1. Akses situs Zoom

Tahap pertama yang harus dilakukan user dengan mengunjungi situs resmi di zoom.us. User harus mendaftarkan terlebih dahulu untuk menggunakan layanan secara lebih mudah. Apalagi persyaratan yang diberlakukan dari layanan ini dianggap sangat mudah. 

Pastikan perangkat laptop yang digunakan tersambung dengan jaringan internet. Hal ini untuk memudahkan proses registrasi dan aktivasi.

2. Daftar

Klik tombol SIGN UP, IT'S FREE yang terdapat di halaman utama dari situs resmi. Biasanya ada di pojok atas sebelah kanan.

3. Isi Form Pendaftaran

Setelah klik tombol SIGN UP, kamu akan diberikan form online pendaftaran yang harus diisi.

Pertama, isi tanggal lahir kamu dulu. Lanjut klik tombol Continue. Jika sudah, isikan alamat email kamu pada kolom yang tersedia lalu klik tombol Sign Up.

Untuk mempercepat, kamu juga bisa langsung klik icon Google untuk daftar menggunakan akun Google milikmu.

4. Aktivasi

Selanjutnya, user akan mendapatkan email balasan dari Zoom yang berupa link untuk aktivasi. Pastikan email yang dikirim sudah benar dari Zoom. Buka dan cek inbox pada email yang sudah kamu daftarkan tadi, kemudian klik link untuk aktivasi pada pesan email. 

Selain itu, user bisa menyalin link dan menempel pada tab browser. Hal ini dilakukan bila link tidak bekerja secara otomatis. 

Tunggu hingga proses verifikasi selesai dilakukan dan user mendapatkan notifikasi bahwa akun telah aktif.

5. Download aplikasi Zoom

Segera download aplikasi Zoom melalui situs resmi. Install di perangkat laptop hingga berhasil. Pastikan bahwa proses install aplikasi berjalan dengan sempurna. Buka aplikasi Zoom dan lakukan login.

6. Login User

Masukkan username dan password yang telah dibuat oleh user. Pastikan user mengingat rincian login yang tersedia. 

Selain itu, user juga harus mengingat alamat email yang digunakan untuk registrasi. Bila terjadi kendala teknis maka segera lakukan reset password.

7. Pilih Menu

User yang sudah berhasil login bisa langsung menggunanan Zoom. Ada beberapa pilihan menu penting yang harus dipahami user.

Pilihan menu itu terdiri dari New Meeting, Join dan Schedule. Masing-masing menu memiliki ketentuan yang berbeda.

New Meeting ditujukan bagi user yang bertugas menjadi host atau moderator. Ini biasanya dilakukan oleh pengelola dari meeting yang membuat undangan kepada user. 

Menu Join ditujukan bagi user yang sudah mendapatkan ID meeting atau link yang dibagikan oleh user lain untuk ikut serta dalam rapat virtual. 

Selain itu, terdapat menu Schedule yang memudahkan user untuk membuat meeting baru dengan jadwal selanjutnya. Rincian jadwal bisa ditampilkan secara lengkap dan mengirimkan notifikasi kepada para peserta meeting. 

Fitur Penting Zoom untuk Meeting Online 

Aplikasi dan layanan zoom memiliki banyak keunggulan. Fitur yang tersedia juga sangat beragam. Selain itu, user juga bisa mendapatkan akses fitur sesuai dengan mode layanan yang tersedia. 

Biasanya semakin banyak fitur yang bisa digunakan maka ini akan membantu pekerja dan user dalam menyelesaikan zoom meeting. Masing-masing fitur memiliki fungsi berbeda dan akan membantu user dalam berkomunikasi dengan user lain. Hal paling penting adalah dukungan dari jaringan internet yang sangat stabil. 

Beberapa pilihan fitur penting zoom untuk meeting online seperti:

1. Kualitas Video dan Audio HD

Keunggulan dari layanan Zoom yang ditawarkan kepada user adalah kualitas video dan audio HD. Ini membuat informasi yang ditampilkan pada meeting juga terlihat sangat jelas. 

Selain itu, kualitas audio dianggap sangat dibutuhkan bagi para peserta yang ingin melakukan meeting dengan durasi yang lebih lama sekaligus. 

Pengaturan audio dan video bisa dilakukan secara otomatis maupun manual. Ini juga tergantung dari kualitas jaringan internet.

2. Tools bawaan interaktif

Banyak tools yang tersedia di Zoom untuk memudahkan proses rapat virtual. Bahkan, fungsi dari tools akan membantu dalam manajemen file. 

Misalnya saja, tools file sharing untuk berbagai format dokumen. User yang membutuhkan tools presentasi juga tersedia secara lengkap. Akses dokumen yang bisa didapatkan juga sangat mudah.

3. Dukungan rekaman dan transkrip

Layanan Zoom juga memiliki dukungan fitur rekaman dan transkrip dari seluruh rincian rapat yang dilakukan. Biasanya tools dan fitur ini bisa diakses oleh host atau moderator. 

Layanan Zoom berbayar memungkinkan user untuk melakukan perekaman dari meeting dengan durasi yang lebih lama sekalipun. 

Bahkan, saat ini tersedia fitur transkrip yang digunakan untuk konversi dari seluruh obrolan yang dilakukan user. Kecepatan transkrip akan disesuaikan dengan dialek dari masing-masing user.

4. Sistem keamanan yang terjamin

Jangan khawatir karena layanan Zoom menerapkan sistem keamaan yang sangat baik. Perbaikan bug dan peningkatan sistem keamanan terus dilakukan agar user bisa melakukan meeting dengan mudah tanpa gangguan. 

Bahkan, hasil rincian dari obrolan hingga rekaman menerapkan mode enkripsi.

5. Fitur schedule

Ini menjadi salah satu fitur yang sangat penting bagi user. Apalagi fitur schedule juga bisa digunakan untuk beberapa meeting sekaligus. 

Notifikasi akan dikirimkan kepada user yang telah mendapatkan undangan meeting. Biasanya akses fitur ini hanya berlaku bagi layanan Zoom berbayar.

Hanya itu saja yang bisa kami ulas perihal beragam cara Zoom Meeting di laptop yang baik dan benar. Jika kamu merasa terbantu, silahkan share dan bagikan artikel ini ke teman-teman kamu dimanapun berada. Sebagai informasi tambahan kamu juga disarankan untuk tahu bagaimana cara upgrade Zoom di laptop ke versi pro.