Cara Upgrade Kartu XL 3G Ke 4G yang Benar [3 METODE]

caracekonline.net | Bagaimana cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu ? jika kamu pengguna layanan kartu XL dan kartu kamu masih 3G tentu kamu harus segera melakukan upgrade menjadi kartu 4G. Cara untuk melakukan upgrade kartu XL juga cukup mudah, kamu bisa melakukannya tanpa harus ganti kartu XL lama kamu ke kartu baru.

Pada akhir tahun 2022 jaringan 3G kan dihapus oleh pemerintah Indonesia jadi semua jaringan akan berganti menjadi jaringan 4G secara keseluruhan pada semua operator.

Sebetulnya layanan jaringan 3G memiliki fungsi untuk mengakses data dengan kecepatan yang lebih direndah dibandingkan dengan 4G. Dan apabila jaringan 3G dihapuskan maka masyarakat yang beralih menggunakan jaringan 4G untuk bisa mengkases data dan 2G untuk bisa mengakses layanan suara.

Oleh karena itu sebelum jaringan 3G dihapuskan maka masyarakat dimintai untuk segera upgradr kartu SIM yang mendukung jaringan 4G supaya penggunanya bisa tetapi menikmati latanan yang diberikan oleh pihak operator seluler.

Akan tetapi sebelum kamu bisa melakukan upgrade operator XL dari layanan 3G ke layanan 4G tanpa kamu ganti kartu kamu perlu memastikan terlebih dahulu, bahwa handphone kamu sudah mendukung jaringan 4G. Rata-rata handphone sekarang ini sudah mendukung jaringan 4G.

Untuk kamu pengguna operator seluler XL yang masih menggunakan layanan 3G kamu harus segara beralih atau melakukan upgrade ke kartu XL 4G, agar kamu bisa menikmati semua layanan yang ada pada jaringan 4G dan pastinya pastikan bahwa handphone kamu mendukung layanan 4G LTE.

Setelah itu kamu bisa melakukan pengecekan cakupan jaringan untuk memastikan bahwa wilayah domisili kamu sudah mendapatkan cakupan layanan jaringan 4G dari XL.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan upgrade kartu dari 3G ke 4G dan cara paling mudah adalah dengan membeli kartu XL baru yang mendukung layanan 4G.

Namun pada pemabahasan kali ini akan difokuskan mengenai cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu. Karena pastinya kamu merasa masih ingin mempertahankan nomor lama kamu sebab sudah banyak kontak yang menyimpan nomor kamu yang mengharuskan kamu perlu menghubungi mereka satu persatu saat harus menganti nomor baru.

Oleh karena itu kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini untuk melakukan upgrade kartu XL tanpa kamu harus ganti kartu atau ganti nomor baru.

Cara Cek Kartu XL Apakah Sudah 4G atau Masih 3G

Berikutnya seperti yang sudah dijelaskan bahwa sebelum kamu bisa melakukan upgrade kartu XL ke layanan 4G kamu harus memastikan bahwa handphone kamu mendukung jaringan 4G LTE, selanjutnya memastikan bahwa wilayan domisili kamu juga mendukung jaringan 4G XL.

Setelah kamu memastikan semua itu kamu bisa masuk ketahap selanjutnya yaitu dengan cara melakukan pengecekan apakah kartu XL yang kamu pakai sudah menggunakan layanan 4G atau belum.

Untuk bisa mengetahuinya kamu tidak memerlukan pulsa, kamu hanya perlu berada di tempat dengan kondisi koneksi sinyal penuh. Kemudian lakukan pengecekan dengan mengetikan kode USSD *123*817#. Lalu akan tampil beberapa informasi seputar kartu XL kamu seperti status dukungan HP 4G, mengenai paket data 4G aktif atau tidak, lalu mengenai dukungan lokasi atau arena jaringan 4G.

Cara Upgrade Kartu XL 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu

cara-upgrade-kartu-xl-3g-ke-4g-tanpa-ganti-kartu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pada pembahasan artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu. Jadi jika kamu pengguna XL dan ingin melakukan upgrade kartu ke 4G maka kamu tidak perlu susah-sudah ganti kartu baru.

Karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk upgrade XL dari 3G ke 4G tanpa harus ganti kartu atau nomor baru. Kamu juga tidak harus datang langsung ke XL Center untuk melakukannnya, karena dengan adanya teknologi OTA kamu bisa melakukan upgrade kartu XL dari 3G ke 4G sendiri.

Berikut ini beberapa cara untuk upgrade kartu XL dari jaringan 3G ke jaringan 4G, simak penjelasannya dari awal sampai selesai.

Metode 1. Menghubungi *123*46#

Img src: xl.co.id

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk melakukan upgrade kartu XL dari 3G ke 4G adalah dengan menggunakan kode Kode USSD. Namun cara pertama ini mengharuskan kamu untuk untuk membeli kartu XL baru. Jadi jika kamu tidak keberatan harus menganti kartu untuk melakukan upgrade kamu bisa mencoba cara pertama ini.

Akan tetapi jika kamu keberatan jika harus menganti kamu bisa mencoba cara-cara berikutnya yang akan dibahas. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk upgrade kartu XL dengan melalui USSD :

  • Pertama kamu harus membeli kartu XL 4G ke konter terdekat.
  • Jika sudah kamu bisa membuka menu dial di handphone kamu.
  • Lalu hubungi *123*46# menggunakan nomor XL lama kamu.
  • Kemudian pilih opsi 1. Jika sudah kamu bisa cabut dan keluarkan kartu SIM XL 3G kamu tanpa harus mematikan handphone.
  • Setelah itu masukan kartu SIM XL 4G yang baru kamu beli ke handphone kamu.
  • Selanjutnya buka menu dial kembali dan hubungi *123*46#. Lalu pilih opsi 2. Konfirmasi Setelah Ganti.
  • Kamu harus memastikan jaringan 4G di handphone kamu telah aktif.
  • Kemudian kamu bisa merestart HP kamu untuk menyelesaikan proses upgrade kartu.
  • Selesai.

Metode 2. Kunjungi Website Resmi XL

Berikutnya kamu bisa mengikuti cara kedua yaitu dengan melalui website resmi dari XL. Cara kedua ini kamu tidak perlu membeli kartu baru. Langkah-langkahnya mudah untuk kamu lakukan sendiri.

Nanti kartu 4G kamu akan dikirim ke alamat kamu. Sebelunya ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan sepeti NIK, Nomor KK, dan Nomor XL lama milikmu. Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya.

  • Siapkan dulu KTP, nomor kartu keluarga, SIM card yang ingin diaktifkan (dilepas dari HP), kertas polos, dan pulpen untuk memudahkan pengajuan.
  • Untuk memulai proses, buka browser dan kunjungi https://prioritasforyou.xl.co.id/apply/simcard-services
  • Jika sudah kamu bisa memilih Jenis Layanan > Ganti Kartu, lalu Input dan Masukkan Nomor HP kamu dari kartu XL 3G.
  • Berikan tanda centang "I'm not a robot", Setelah itu klik Lanjut.
  • Kemudian isi form Informasi Pribadi data diri yang berisi Nama Lengkap, NIK, Nomor KK, dan Nomor Telepon XL lama kamu.
  • Lalu Upload Foto data diri, masukan alamat dan 
  • Ikuti petunjuk berikutnya sesuai panduan yang diberikan pada web tersebut untuk selesaikan prosesnya.
  • Jika proses ganti kartu 3g ke 4g XL sudah tervalidasi, maka kartu 4G XL baru kamu bisa langsung diambil di XL Center terdekat. Atau, jika memungkinkan akan dikirim langsung ke alamat rumahmu.
  • Selesai.

Jika proses upgrade kartu XL telah divalidasi, maka kartu XL 4G kamu bisa diambil di XL Center terdekat atau dikirim ke alamat kamu. Dan untuk mengantinya kamu bisa mengikuti cara pertama.

Metode 3. Datangi XL Center Terdekat

Cara berikutnya kamu juga bisa melakukan upgrade kartu XL kamu dari 3G ke 4G dengan langsung datang ke kantor XL Center terdekat, dan cutomer service XL akan langsung membantu kamu melakukan upgrade kartu ke 4G.

Sebelumnya kamu juga perlu membawa KTP dan kartu XL 3G kamu sebelum datang.

Demikianlah cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu yang bisa kamu ikuti. Ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan supaya kamu berhasil melakukan upgrade kartu XL kamu.