3+ Cara Upgrade Android Samsung dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara upgrade Android Samsung ? samsung merupakan salah satu brand smartphone Android yang banyak dipilih dan digunakan oleh masyarakat. Karena Samsung memiliki banyak keunggulan tersendiri.

Ada banyak perusahaan smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya, bukan hanya Samsung namun kamu juga bisa memilih untuk menggunakan merek smartphone Android lain jika kamu ingin menggunakan handphone Android.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tahunnya Google selalu meluncurkan versi terbaru dari Android, dan biasanya smartphone terbaru sudah memiliki update versi terbaru tersebut.

Dan smartphone versi lama harus menunggu hingga mendapatkan bagian untuk upgrade sistem operasi Android versi terbaru. Selain pembaruan versi Andorid, handphone samsung juga kerap kali melakukan upgrade perangkat lunak untuk menambah fitur, menghilangkan bug, ataupun untuk meningkatkan sistem keamanan.

Namun untuk pengguna baru smartphone Android Samsung mungkin masih bingung cara upgrade Android Samsung. Sebenarnya cara upgrade smartphone Samsung cukup mudah karena biasanya akan ada notifikasi pembaruan perangkat lunak yang akan muncul di jendela notifikasi saat pembaruan perangkat lunak telah tersedia.

Akan tetapi kamu juga bisa memeriksa pembaruan Android Samsung melalui pengaturan, langkah-langkahnya juga mudah. Dan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan upgrade smartphone Samsung milikmu.

Sebelum kamu melakukan upgrade Android milikmu, pastikan kamu memiliki cukup baterai dan jaringan internet yang lancar serta stabil. Karena biasanya melakukan pembaruan perangkat lunak akan memerlukan waktu yang cukup lama dan menggunakan banyak daya baterai smartphone.

Untuk kamu yang masih bingung cara upgrade Android Samsung, maka kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini. Ikuti cara upgrade Android Samsung untuk mendapatkan banyak manfaat dari pembaruan perangkat lunak.

Cara Upgrade Android Samsung



Upgrade sistem operasi Android adalah satu hal yang perlu untuk dilakukan oleh pengguna smartphone karena dengan adanya upgrade perangkat lunak inilah kamu akan mendapatkan pembaruan dari sistem operasi smartphone milikmu.

Selain melakukan pembaruan sistem Android ke versi terbaru, smartphone Samsung juga sering ada pembaruan untuk perangkat lunak. Pembaruan ini bisa mencakup banyak hal seperti halnya pembaruan keamanan perangkat supaya tingat keamanan dari smartphone milikmu bisa lebih aman lagi, kamu juga bisa mendapatkan fitur-fitur baru Samsung jika sudah melakukan pembaruan dan masih banyak lagi.

Dan pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas lebih jelas lagi mengenai cara upgrade Android Samsung. Simak cara-cara yang akan dibahas dari awal hingga selesai.

1. Cara Upgrade Android Samsung Melalui OTA

Cara pertama yang bisa kamu coba jika kamu ingin melakukan upgrade smartphone Samsung yang kamu gunakan sekarang adalah dengan melalui OTA. OTA adalah kependekan dari Over the Air, sebelum kamu melakukan pembaruan sistem operasi Android pada smartphone Samsung yang kamu miliki ada baiknya jika kamu melakukan pembaruan Android saat terhubung dengan WiFi.

Dengan Menggunakan WiFi untuk upgrade Android, kamu bisa lebih hemat waktu lagi jika ingin melakukan upgrade Android karena file pembaruan yang akan kamu unduh cukup besar sehingga lebih cepat jika menggunakan smartphone Android.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan upgrade Android Samsung melalui Over the Air (OTA), simak :

  • Pertama hubungkan smartphone Samsungmu ke jaringan WiFi terlebih dahulu.
  • Berikutnya kamu bisa membuka menu Pengaturan di smartphone kamu dengan tekan tombol berbentuk roda gigi.
  • Jika sudah kamu bisa scroll kebawah dan cari opsi About Phone (Tentang Ponsel). Untuk letaknya sendiri biasanya smartphone Samsung memiliki opsi Tentang Ponsel di bagian paling bawah.
  • Setelah itu kamu bisa menekan tombol Update perangkat lunak yang letaknya berbeda setiap tipe smartphone Samsung dan untuk Samsung A20s opsi Update perangkat lunak terletak di bagian bawah tampilan Pengaturan.
  • Langkah berikutnya jika kamu sudah masuk ke opsi Update perangkat lunak maka akan ada beberapa menu dan kamu bisa memilih opsi Unduh dan Install untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak yang tersedia.
  • Jika belum ada versi terbaru maka hanya akan ada beberapa informasi seperti Your Software is Up to Date.
  •  Apabila sudah muncul kamu bisa klik Unduh dan jika smartphone kamu terhubung dengan jaringan internet maka akan secara otomatis mengunduh. Akan lebih cepat jika kamu menggunakan WiFi.
  • Jika sudah selesai terunduh kamu bisa memilih menu Instal Sekarang, Jadwalkan Penginstalan, atau opsi Nanti.
  • Setelah itu jika kamu memilih untuk Install Sekarang maka tunggu hingga proses pembaruan perangkat milikmu selesai, sebelumnya pastikan dulu jika baterai smartphone kamu mencukupi.
  • Selesai kamu sudah bisa menikmati Android Samsung versi terbaru.

Itulah cara pertama yang bisa kamu ikuti jika kamu ingin melakukan upgrade smartphone Samsung milikmu ke versi terbaru. Cukup mudah bukan ?, kamu hanya perlu memiliki baterai yang cukup dan terhubung dengan internet.

2. Cara Upgrade Android Samsung Melalui PC

Berikutnya selain kamu bisa melakukan upgrade smartphone Samsung kamu secara langsung di perangkat, kamu juga bisa melakukan upgrade Android milikmu melalui PC. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka website resmi dari Samsung.
  • Jika sudah klik bagian Support (halaman dukungan).
  • Jika sudah kamu bisa mengisi informasi perangkat lunak yang kamu gunakan atau mendaftarkan smartphone Android Smasung milikmu untuk bisa mengakses pembaruan sistem operasi terbaru.
  • Setelah itu download dan install software Samsung Kies.
  • Lalu jika sudah terinstall kamu bisa membuka Samsung Kies dan menghubungkan antara smartphone Samsung milikmu ke komputer hingga terkoneksi.
  • Apabila smartphone Samsung kamu sudah terkoneksi dengan PC maka kamu bisa melakukan back up semua data yang ada pada SD Card terlebih dahulu.
  • Berikutnya lakukan pemeriksaan notifikasi firmware information.
  • Selanjutnya jika ada notifikasi available kamu bisa klik firmware update.
  • Setelah itu ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.
  • Lalu smartphone Samsung milikmu akan melakukan proses upgrade sistem operasi Android.
  • Tunggu hingga selesai, tanda apabila proses upgrading selesai adalah smartphone milikmu melakuakan rebooting secara otomatis.
  • Selesai.

3. Cara Upgrade Android Samsung Dengan Root

Cara ketiga untuk melakukan upgrade smartphone Samsung adalah dengan melalui root. Sebelum kamu melakukan cara ini hal-hal penting yang harus kamu lakukan adalah melakukan back up data terlebih dahulu, lalu jika kamu melakukan rooting yang tidak didukung oleh pihak produsen maka dapat membatalkan garansi perangkat.

Oleh karena ini cara ketiga ini sangat tidak disarankan untuk kamu ikuti, karena ada banyak risiko. Untuk kamu yang masih ingin melakukan upgrade Android dengan cara ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini :

  • Pertama download an install aplikasi root di PC.
  • Lalu hubungkan smartphone Samsung milikmu ke PC melalui kabel USB.
  • Jika sudah mulai lakukan rooting sesuai dengan prosedur.
  • Kemudian rebooting smartphone kamu supaya nisa mengakses Android versi terbaru.
  • Selesai.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara upgrade Android Samsung supaya kamu berhasil melakukan upgrade sistem operasi Android di smartphone Samsung milikmu. Selamat mencoba.