2+ Cara Upgrade RAM Laptop dengan Benar (Update)

caracekonline.net | Laptop memiliki banyak sekali kompenen yang bisa mendukung kinerja dari laptop itu sendiri, baik itu berupa software maupun hardware. Dan salah satu komponen dari laptop adalah adanya RAM, fungsi RAM sangat penting untuk mendukung kinerja dari laptop. Jika kamu ingin mengetahui cara upgrade RAM laptop maka simak artikel ini.

RAM atau kependekan dari Random Access Memory adalah media penyimpanan data sementara letika laptop sedang digunakan. Jika laptop milikmu memiliki RAM yang kecil maka kamu hanya bisa membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu.

Karena jika kamu membuka banyak aplikasi dalam satu waktu sedangkan RAM laptop milikmu tidak mendukung maka kinerja dari laptop kamu akan lambat dan bahkan bisa terjadi laptop mengalami hang.

Laptop dengan RAM kecil juga tidak bisa digunakan untuk menginstal aplikasi yang memerlukan kapasitas RAM yang besar seperti halnya CorelDraw ataupun game-game.

Oleh karena itu banyak pemilik laptop yang ingin melakukan upgrade RAM laptop mereka supaya kapasitas RAM menjadi lebih besar, untuk melakukan upgrade RAM laptop tidak semudah melakukan upgrade RAM di PC karena jika ingin mengupgrade RAM di PC kamu hanya perlu membuka bagian casing atau penutup komputer saja.

Namun untuk melakukan upgrade RAM laptop, kamu perlu membuka banyak hal dan memerlukan keterampilan khusus. Dan untuk kamu yang ingin melakukan upgrade RAM laptop ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba seperti dengan upgrade RAM secara fisik maupun secara virtual.

Untuk itu pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara upgrade RAM laptop. Kamu bisa menyimak dan memilih cara yang sekiranya mudah untuk kamu lakukan.

Fungsi-fungsi RAM Untuk Laptop

Selanjutnya kamu juga perlu mengetahui fungsi RAM untuk laptop, berikut ini bebarapa fungsi dari RAM pada laptop atau komputer :

1. Membaca Data

Fungsi pertama dari RAM pada komputer atau laptop adalah untuk membaca data. Data yang tersimpan didalam harddisk biasanya kan memerlukan waktu lebih  lama untuk ditampilkan karena dalam harddisk tersimpan banyak data dan memerlukan waktu untuk menemukannya. Sehingga untuk mengurangi keterlambatan proses pencarian data atau file saat pertama kali dibuka maka data akan dibaca dan disimpan sementara di RAM sehingga proses membuka data akan lebih cepat.

2. Sebagai Penyimpanan Sementara

Fungsi berikutnya seperti yang sudah dibahas bahwa fungsi utama dari RAM adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara pada saat program sedang dijalankan. seperti apabila kamu mengetik di Microsoft Word maka kata-kata yang kamu ketik tersebut akan tersimpan secara otomatis pada program namun hal ini bersifat sementara. Dengan adanya penyimpanan data sementara maka program dapat berjalan lebih cepat.

Itulah fungsi-fungsi dari RAM untuk laptop atau PC, selain kedua fungsi diatas RAM juga masih memiliki banyak fungsi lainnya.

Syarat-syarat Upgrade RAM Laptop

Sebelum kamu upgrade kapasitas RAM ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, berikut syarat-syarat untuk melakukan upgrade RAM pada laptop :

1. Slot RAM Tidak disolder Secara Permanen

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah slot RAM pada laptop kamu tidak disolder secara permanen, karena ada beberapa produsen laptop yang melakukan solder pada RAM secara permanen sehingga motherboard tidak dapat diganti. Apabila slot RAM laptop kamu sudah disolder secara permanen maka secara otomatis kamu tidak akan bisa mrngupgrade RAM atau mengantinya. Akan tetapi jika ada dua slot RAM dan hanya salah satunya yang di solder maka kamu masih bisa menambah RAM pada bagian slot yang tidak disolder.

2. Masih Ada Slot Kosong

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan saat akan upgrade RAM adalah adanya slot kosong karena kebanyakan laptop pada saat ini sudah memiilki dua slot RAM dan salah satunya masih kosong, dan pada bagian kosong tersebut bisa kamu tambahkan RAM.

3. Memeriksa Kompatibilitas Laptop

Selanjutnya kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kompatibilitas laptop, setiap laptop akan terdapat informasi mengenai kapasitas RAM maksimal yang bisa dipasang, hal ini sangat penting. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan hal ini sebelum melakukan pertambahan RAM untuk laptop.

Selain ketiga hal diatas masih ada lagi yang kamu perlu perhatikan seperti menentukan ukuran RAM, menentukan jenis, dan menentukan transfer rate dari RAM.

Cara Upgrade RAM Laptop

cara-upgrade-ram-laptop


Untuk kamu yang sedang mencari cara upgrade RAM laptop, maka artikel ini cocok untuk kamu. Akan dibahas beberapa cara yang bisa kamu coba supaya kamu berhasil melakukan upgrade RAM pada laptop milikmu.

Dengan melakukan upgrade RAM, maka RAM pada laptop kamu akan bertambah jadi kamu bisa menginstal aplikasi-aplikasi favoritmu. Dan dengan kapasitas RAM yang besar, kinerja laptop akan menjadi lebih cepat serta bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa khawatir laptop lemot.

Berikut beberapa cara untuk melakukan upgrade RAM di laptop.

1. Cara Upgrade RAM Laptop Dengan RAM Fisik

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan cara upgrade RAM laptop secara fisik. Jika sudah melihat syarat-syarat upgrade RAM laptop kamu bisa membeli dan memasang RAM, apabila kamu takut membongkar laptop sendiri maka kamu bisa membawa laptop ke tempat service laptop untuk upgrade kapasitas RAM.

  • Langkah pertama untuk melakukan untuk upgrade RAM adalah dengan membeli RAM terlebih dahulu. Setelah kamu memenuhi syarat-syarat untuk upgrade RAM laptop maka kamu bisa membeli RAM baik itu baru maupun bekas yang cocok dengan laptop kamu.
  • Jika sudah bongkar laptop milikmu.
  • Lalu cari slot untuk RAM pada Motherboard.
  • Kemudian pasang RAM, langkahnya adlaah pasang RAM dengan posisi miring dan tekan sampai masuk. Pastikan semua logam PIN masuk kedalam slot RAM.
  • Jika sudah kamu bisa kunci RAM, dengan cara tekan bagian RAM sampai ada bunyi Klik.
  • Berikutnya rakit kembali laptop kamu.
  • Selesai.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengupgrade RAM laptop kamu sendiri. Namun ingat untuk mengupgrade RAM kamu memerlukan keterampilan supaya tidak terjadi kesalahan jadi jika kamu ragu kamu bisa membawanya ke tempat service laptop.

2. Cara Upgrade RAM Laptop Dengan Virtual Memory

Cara berikutnya jika kamu ternyata tidak bisa upgrade RAM fisik kamu juga bisa mengupgrade RAM dengan virtual memory, virtual memory adalah memori pinjaman dari hard disk untuk membantu kinerja dari RAM. Namun penggunaan virtual memory ini akan mengurangi kapasitas hard disk laptop kamu. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka Windows Explorer.
  • Kemudian klik kanan pada My Computer dan pilih menu Properties.
  • Jika sudah pilih opsi Advanced System Setting pada bagian yang ada kolom sebelah kiri.
  • Lalu beralih ke tab Advanced dan klik tombol Settings yang terdapat pada bagian bahwah Performances.
  • Kemudian beralih lagi ke tab Advanced lalu klik tombol Change pada bagian bawah kategori Virtual Memory.
  • Setelah itu hilangkan ceklis pada opsi Automatically Manage Panging File Size for All Drivers.
  • Selanjutnya pilih partisi yang akan digunakan untuk virtual memory.
  • Lalu masukan jumlah virtual memory yang ingin kamu gunakan seperti 4000 MB untuk Initial Size dan 8000 MB untuk Maximum Size.
  • Klik OK dan Restart laptop.
  • Selesai.

Demikianlah informasi mengenai cara upgrade RAM laptop yang bisa kamu coba dan ikuti. Pilih cara yang menurut kamu paling mungkin untuk kamu coba suoaya berhasil melakukan upgrade RAM.Selamat mencoba.