2+ Cara Upgrade LinkAja dengan Benar (Update)

Cara Upgrade LinkAja - caracekonline.net | Pada era yang serba digital seperti sekarang ini membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah, salah satunya adalah dibidang keuangan. Jika dulu jika ingin pergi kemana-mana kita harus membawa dompet yang berisikan uang tunai atau kartu. Namun sekarang kamu bisa melakukan transaksi pembayaran hanya melalui handphone kamu saja. Salah satu aplikasi penyedia layanan e-wallet adalah LinkAja, cara upgrade LinkAja juga mudah supaya bisa menikmati fitur yang lebih lengkap.

LinkAja adalah salah satu aplikasi penyedia layanan e-wallet atau dompet digital yang cukup populer sekarang ini, dengan menggunakan LinkAja kamu bisa melakukan transaksi pembayaran secara cashless atau non-tunai.

Selain bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi pembayaran non-tunai, aplikasi LinkAja juga memiliki banyak fitur lainnya yang bisa kamu gunakan seperti transfer saldo, tarik saldo, atau kirim saldo ke rekening Bank.

Akan tetapi untuk bisa menikmati fitur-fitur yang ada di LinkAja, pengguna LinkAja perlu melakukan upgrade dari akun sebelumnya ke akun LinkAja Full Service. Dengan melakukan upgrade ke akun premium ini tentu saja supaya pengguna bisa menikmati semua fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi LinkAja.

Selain itu ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan upgrade ke akun LinkAja Full Service seperti kamu bisa menikmati lebih banyak promo dan cashback, kamu juga bisa menambah limit saldo hingga Rp.10.000.000.

Dan kamu juga bisa melakukan tarik tunai saldo kamu melalui minimarket maupun mesin ATM, serta mengirim saldo ke sesama pengguna LinkAja dan ke rekening bank.

Dengan adanya layanan-layanan tersebut maka untuk kamu yang memiliki akun LinkAja lebih baik melakukan upgrade akun supaya kamu bisa menikmasi semua layanan yang tersedia di aplikasi LinkAja yang akan memudahkan transaksi keuangan milikmu.

Namun untuk melakukan upgrade akun masih ada banyak pengguna LinkAja yang belum mengetahui caranya, oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas mengenai cara upgrade LinkAja yang bisa kamu ikuti.

Apa Itu LinkAja?

Sebelum itu untuk kamu yang belum tahu mengenai LinkAja, kamu perlu menyimak pengertian dari LinkAja terlebih dahulu. LinkAja sendiri adalah aplikasi dompet digital yang dimiliki oleh Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), yang awalnya bernama T-Cash.

Jadi berbeda dari aplikasi e-wallet lainnya seperti DANA, OVO, GoPay, dan lain-lain yang dimiliki oleh perusahaan swasta LinkAja termasuk dimiliki oleh pemerintah, ada banyak fitur yang ditawarkan oleh LinkAja yang tidak kalah dari aplikasi e-wallet lain seperti untuk membayar tagihan, beli pulsa, membayar pajak, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur LinkAja

Berikutnya kamu juga perlu tahu fitur-fitur dari LinkAja yang bisa kamu gunakan jika kamu sudah melakukan upgrade dari akun Basic ke akun Full Service. Simak penjelasannya :

1. Fitur Beli/Bayar Tagihan

Fitur pertama dari LinkAja adalah fitur untuk membayar tagihan seperti tagihan listrik, PDAM, TV Kabel, Internet, Pendidikan, dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga bisa melakukan pembelian pulsa, Paket Roaming, pembelian data, dan lain-lain.

Selain itu salah satu keunggulan dari LinkAja adalah kamu bisa melakukan pembayaran properti, pendidikan, dan e-commerce yang mana masih belum banyak aplikasi e-wallet yang memiliki fitur yang satu ini. Namun kamu hanya bisa melakukan pembayaran untuk mitra LinkAja saja.

2. Fitur Bayar Transportasi

Berikutnya kamu juga bisa menggunakan layanan LinkAja untuk membayar transportasi seperti kapal, pesawat, bus, dan lain-lain. Selain itu LinkAja juga bekerja sama dengan Grab dan Gojek, jadi kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan LinkAja jika sedang menggunakan kendaraan online tersebut.

Selain itu kamu juga bisa melakukan pembayaran parkir dan membeli bahan bakar karena LinkAja telah bermitra dengan banyak pihak.

3. Fitur Bayar Pajak dan Retribusi

Kamu juga bisa membayar pajak dan retribusi melalui aplikasi dompet digital LinkAja, hal ini tentu saja akan memudahkan kamu karena bisa membayar pajak secara online tanpa harus datang ke samsat.

4. Fitur LinkAja Syariah

Untuk kamu yang beragama Islam kamu juga bisa menggunakan fitur LinkAja syariah ini untuk melakukan transaksi, pengelola dana, seperti zakat, infaq, wakaf dan lain sebagainya hanya dalam satu aplikasi.

Itulah beberapa fitur dari LinkAja yang bisa memudahkan kamu dalam mengatur keuangan.

Syarat Upgrade LinkAja

Sebelumnya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum melakukan upgrade LinkAja, jika kamu melakukannya melalui Grapari. Berikut syarat-syarat untuk upgrade LinkAja :

  1. KTP Asli
  2. Nomor Telepon yang sudah terdaftar di LinkAja
  3. Foto diri pengguna LinkAja
  4. Bersedia mengisi data diri
  5. Mengisi alamat domisi

Itu dia beberapa persyaratan untuk upgrade akun LinkAja.

Cara Upgrade LinkAja


Jika kamu pengguna layanan LinkAja dan ingin melakukan upgrade akun ke akun LinkAja Full Service maka kamu bisa mengikuti cara yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Metode 1. Upgrade LinkAja Melalui Aplikasi LinkAja

Cara pertama yang bisa kamu ikuti adalah dengan melakukan upgrade akun dari akun LinkAja Basic ke akun LinkAja Full Service secara langsung di aplikasi LinkAja. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

  1. Pertama buka aplikasi LinkAja yang ada di handphone kamu. Jika belum punya bisa download via Google Play atau App Store.
  2. Login ke aplikasi LinkAja.
  3. Jika sudah login, pilih menu Akun yang terdapat pada bagian bawah tampilan aplikasi.
  4. Setelah itu pilih opsi Tipe Akun
  5. Lalu di bagian Upgrade Full-Service, tap Upgrade Sekarang.
  6. Selanjutnya kamu bisa menambahkan Kartu Identitas (e-KTP) dan tekan Ambil Foto.
  7. Arahkan kamera HP dan KTP kamu sesuai area yang sudah ditentukan.
  8. Lanjut, tap menu Foto Wajah
  9. Silahkan selfie, dan arahkan wajah kamu di area lingkaran yang diberikan. (ikuti saja petunjuk yang diberikan)
  10. Tap Gunakan Foto
  11. Masuk ke bagian Data Diri, lengkapi data diri kamu seperti Nomor e-KTP, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan lain-lain. 
  12. Tap Simpan.
  13. Lanjut, isikan Data Alamat kamu. Masukkan Provinsi, Kota / Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, Alamat Lengkap. Lalu, tap Simpan.
  14. Jika semua sudah terisi, tap Centang di bagian "Data yang tertera disini sudah sesuai dengan data pada e-KTP saya"
  15. Lanjut tap Ajukan Dokumen
  16. Permintaan Upgrade dalam Proses, silahkan tunggu konfirmasi dari LinkAja ya.
  17. Proses pengajuan upgrade akun kamu biasanya diproses maksimal 3 x 24 Jam.
  18. Jika proses sudah selesai, maka akun kamu sudah selesai diupgrade ke layanan Full Service.
  19. Selesai. Untuk mempermudah, berikut ini kami sertakan tutorial bergambar ya!










Itu dia cara pertama yang bisa kamu pilih jika melakukan upgrade akun secara langsung melalui aplikasi LinkAja.

Metode 2. Upgrade LinkAja Melalui Grapari


Cara kedua yang bisa kamu coba ikuti untuk upgrade akun LinkAja ke Full Service adalah dengan melalui Grapari terdekat dengan lokasi kamu, dengan datang ke Grapari kamu bisa langsung dibantu oleh 
customer service. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama datang ke Grapari terdekat dari lokasi kamu.
  • Jangan lupa membawa persyaratan seperti e-KTP dan Nomor HP yang masih aktif.
  • Jika sudah pastikan bahwa data yang ada di aplikasi LinkAja sesuai dengan KTP.
  • Lalu isi data diri seperti Nama Ibu Kandung, Alamat Email, dan lain-lain.
  • Setelah itu serahkan data diri tersebut ke customer service Grapari.
  • Kemudian tunggu sampai proses upgrade kamu di proses oleh CS.
  • Selesai.

Itulah kedua metode yang bisa kamu coba dan lakukan jika ingin melakukan upgrade akun LinkAja dari akun Basic ke akun Full Service. Mudah bukan? kamu akan langsung dipandu oleh customer service.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara upgrade LinkAja, dari kedua cara diatas kamu bisa memilih ingin menggunakan cara yang mana untuk melakukan upgrade akun LinkAja ke Full Service. Selamat mencoba lur! 😁