2+ Cara Update Versi Android Oppo dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Android merupakan salah satu sitem operasi smartohone yang banyak digunakan oleh berbagai merek smartphone salah satunya adalah brand Oppo. Oppo merupakah brand smartphone asal China yang banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk terus meningkatkan kinerja dari sistem Android, smartphone Oppo juga terus melakukan update. Cara update versi Android Oppo juga mudah untuk dilakukan secara mandiri oleh penggunanya.

Mempunyai smartphone yang memiliki kinerja baik dan fitur-fitur lengkap merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh banyak orang sekarang ini, karena di era digital seoerti sekarang yang segalanya memerlukan smartphone baik untuk berkomunikasi, berkerja, ataupun hal-hal lainnya.

Salah satu cara untuk mendapatkan fitur-fitur baru yang terus dikembangkan oleh Android Oppo adalah dengan cara melakukan pembaruan software. Karena dengan melakukan pembaruan atau update kamu akan mendapatkan fitur-fitur tambahan ataupun perbaikan bug supaya bisa meningkatkan kinerja dari smartphone Android Oppo.

Setiap tahunnya sistem operasi Android terus melakukan pembaruan versi Android dan biasa smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi oleh sistem Android terbaru juga, dan untuk smartphone keluaran lama harus menunggu giliran untuk melakukan upgarde sistem Android.

Begitu juga jika kamu pengguna Oppo, jika versi Android terbaru sudah muncul maka kamu perlu menunggu giliran tipe smartphone Oppo kamu untuk melakukan update versi.

Selain melakukan update versi Android Oppo terbaru, smartphone Oppo juga terus melakukan pembaruan software untuk memperbaiki bug ataupun untuk menambah-nambah fitur yang sudah ada.

Jika kamu ingin melakukan update sistem Android Oppo yang kamu miliki, kamu bisa melakukanya secara mandiri dan pastinya caranya juga mudah. Jika kamu masih belum tahu caranya maka kamu dapat mengikuti cara-cara yang akan dibahas lebih lanjut pada artikel ini.

Manfaat Melakukan Update Versi Android Oppo

Sebelum kita langsung ke pembahasan utama yaitu mengenai cara update versi Android Oppo, kamu perlu mengetahui manfaat dari melakukan update Android. Karena meskipun sekarang ini smartphone Android sudah banyak digunakan namun masih banyak yang belum mengetahui mengenai manfaat dari pembaruan sistem Android.

Berikut ini beberapa manfaat melakukan update sistem Android, khususnya untuk smartphone Oppo, simak penjelasannya :

1. Kompatibilitas Aplikasi Meningkat

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan update sistem Android pada smartphone Oppo yang kamu gunakan sekarang adalah kompatibilitas terhadap aplikasi akan meningkat.

Contohnya jika kamu menginstall suatu aplikasi di Google Play Store dan saat kamu membuka aplikasi terssebut aplikasi tersebut terhenti atau keluar sendiri maka kamu bisa mengatasinya dengan melakukan pembaruan sistem Android.

2. Sistem Menjadi Lebih Aman

Berikutnya dengan melakukan pembaruan sistem Android pada smartphone kamu, maka kaemanan dari Android milikmu akan semakin meningkat. Ini adalah salah satu manfaat utama dari pembaruan atau update Android. Keamanan ini menyangkat banyak hal seperti lebih aman dari virus, dan lain sebagainya.

3. Tampilan Smartphone Menjadi Lebih Nyaman

Berikutnya biasanya setelah kamu melakukan update sistem Android pada smartphone milikmu kamu akan mendapatkan pembaruan tampilan atau UI (User Interface). UI ini menyangkaut icon apliaksi, notifikasi, dan tampilan-tampilan lainnya yang membuat tampilan smartphone menjadi lebih nyaman.

4. Mendapatkan Fitur-fitur Baru

Selain kamu bisa mendapatkan pembaruan UI, kamu juga bisa mendapatkan fitur-fitur baru. Namun hal ini juga hanya terkadang terjadi tidak semua pembaruan sistem Android akan mendapatkan fitur-fitur baru.

Itulah beberapa manfaat jika kamu melakukan update sistem Android smartphone Oppo milikmu, jadi jika sudah ada notifikasi untuk melakukan pembaruan perangkat lunak kamu bisa segera melakukan update perangkat lunak supaya kamu bisa mendapatkan banyak menfaat.

Cara Update Versi Android Oppo



Pada pembahasan artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara update versi Android Oppo. Jika kamu ingin melakukan pembaruan sistem Android pada smartphone Oppo yang sedang kamu gunakan sekarang namun kamu bisa belum mengetahui caranya. Kamu bisa mengikuti salah satu cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba jika ingin melakukan pembaruan sistem Android. Simak penjelasannya dari awal hingga selesai.

1. Cara Update Versi Android Oppo Menggunakan SD Card

Cara pertama yang bisa kamu coba jika kamu ingin melakukan update smartphone Oppo milikmu adalah dengan menggunakan SD Card atau kartu memori. Melakukan update menggunakan SD Card memiliki beberapa keunggulan seperti kemampuan untuk mengunduh file update secara bertahap dan memiliki risiko kegagalan yang rendah.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukannya :

  • Pertama kamu bisa membuka browser dan unduh file update di website resmi Oppo.
  • Jika sudah kamu bisa memeriksa apakah file update sudah terunduh di SD Card dan bukan di folder lain.
  • Berikutnya kamu bisa tekan tombol volume dan power secara bersamaan samapi muncul layar recovery mode.
  • Langkah selanjutnya adalah pilih install dari media penyimpanan, lanjut kartu SD dari layar recovery mode.
  • Setelah itu vari file pembaruan yang sudah kamu unduh sebelumnya.
  • Kemudian akan muncul pesan konfirmasi, kamu bisa menekan OK dan proses update sistem akan segera dimulai.
  • Apabila proses update sudah selesai maka smartphone milikmu akan secara otomatid melakukan reboot dan memuat sistem Android yang baru saja di install.
  • Selesai, smartphone Oppo milikmu sudah berhasil di update.

Itulah cara pertama yang bisa kamu coba jika kamu ingin melakukan update sistem operasi Android di smartphone Oppo milikmu.

2. Cara Update Versi Android Oppo Melalui Pengaturan

Berikutnya kamu juga bisa melakukan update sistem Android pada smartphone Oppo yang kamu gunakan adalah dengan melalui pengaturan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama kamu bisa membuka smartphone Oppo kamu, dan buka menu Pengaturan.
  • Jika sudah kamu bisa memilih opsi Pembaruan Perangkat Lunak ataupun kamu bisa mencari langsung di bilah pencarian aplikasi diatas.
  • Setelah itu takan opsi Check Now for Updates untuk memeriksa dan mendownload pembaruan sistem Android.
  • Jika sudah tersedia pembaruan kamu bisa mengunduh dan menginstall pembaruan software. Akan lebih baik jika kamu mengunduh menggunakan WiFi karena sinyal lebih stabil dan lebih cepat.
  • Berikutnya klik Unduh dan Install supaya kamu bisa memulai proses unduhan.
  • Jika sudah maka smartphone kamu akan secara otomatis melakukan reboot, tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Selesai.

Itulah cara kedua yang bisa kamu coba jika kamu ingin melakukan pembaruan sistem Android di smartphone Oppo.

Demikianlah cara update versi Android Oppo yang bisa kamu coba dan ikuti, dengan melakukan pembaruan perangkat lunak maka kamu bisa mendapatkan banyak manfaat seperti peningkatan keamanan, fitur-fitur baru, perbaikan bug, ataupun eror-eror yang terjadi pada smartphone yang kamu gunakan juga bisa hilang oleh karena itu segera lakukan pembaruan sistem perangkat lunak di smartphone Oppo milikmu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.