Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rincian Penghasilan Grab Motor dan Tips Meningkatkan Pendapatan

Seberapa besar sih penghasilan grab motor, ada yang sudah tahu belum? Salah satu layanan ride sharing yang populer saat ini adalah Grab Motor. 

Layanan ini memiliki jangkauan yang sangat luas hingga ke berbagai wilayah kecil di Indonesia. Kemudahan dalam menggunakan layanan hingga harga relatif terjangkau tentu saja menarik perhatian bagi para customer. 

Selain itu, Grab juga menawarkan keuntungan atau komisi yang cukup adil bagi driver. Ini yang membuat respon driver grab dianggap sangat baik sehingga memberikan kenyamanan bagi customer. 

Tentu saja penghasilan grab motor memiliki perhitungan berbeda. Bahkan, komisi yang berlalu untuk jam sibuk atau jam reguler juga berbeda.

Perhitungan Penghasilan Grab Motor

Perlu dipahami bahwa pihak aplikator memang memiliki kebijakan tertentu berkaitan dengan perhitungan penghasilan grab motor. 

Hal ini juga disesuaikan dengan beberapa aspek penting yang dapat mempengaruhi nominal penghasilan dalam jangka waktu tertentu. Perhitungan dasar dari penghasilan driver grab motor memang disesuaikan dengan waktu tempuh atau jarak pengantaran hingga jumlah pengantaran. 

Selain itu, driver juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan insentif bila mendapatkan capaian target pengantaran dari waktu yang sudah ditetapkan pihak aplikator.

Berikut ini adalah perhitungan sederhana dari pendapatan grab motor. Jumlah penghasilan itu juga disesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah yaitu tarif batas bawah dimulai nominal 9000 dengan perhitungan jarak pendek sekitar 3200 untuk setiap km.

Secara mendasar, Grab sebagai aplikator melakukan pembagian hasil. Beberapa driver mengungkapkan bahwa pembagian hasil itu yaitu 90:10. Perhitungan 90 persen diberikan kepada driver dan 10 persen untuk aplikator. 

Namun, Grab juga bisa melakukan perubahan pembagian hasil melalui kebijakan baru sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Misalnya saja, dalam satu hari driver mendapatkan penghasilan dari mengantar customer yaitu 100 ribu. 

Maka, nominal penghasilan yang diterima adalah 90 ribu dan 10 ribu akan dipotong langsung untuk aplikator. Tentu saja ini masih penghasilan kotor karena belum dipotong biaya operasional sewaktu pengantaran.

Perhitungan lain yang diberlakukan adalah jam sibuk atau kondisi tertentu yang membuat ketersediaan driver sangat sedikit. Saat ini, perhitungan jam sibuk mencapai 2700 per km dan jam reguler sekitar 2500 per km.

Misalnya saja, pada jam sibuk seperti waktu berangkat sekolah dan pulang kerja driver mendapatkan total pengantaran hingga 20 km. Maka, perhitungan yang berlaku sekitar 20x2700 yaitu 54 ribu.

Bila pada jam reguler driver mendapatkan pengantaran dengan jarak 20 km maka perhitungan akan berbeda. Penghasilan driver yaitu 20x2500 yaitu 50 ribu.

Total dari penghasilan setiap hari juga akan disesuaikan dengan insentif yang didapatkan. Hal ini tergantung dari target pengantaran setiap hari. Apalagi driver juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan melalui tip yang diberikan oleh customer.

Tips Meningkatkan Penghasilan Grab Motor

Sebenarnya setiap driver grab motor bisa melakukan beberapa tips mudah agar memperoleh pendapatan yang lebih banyak. 

Cara yang digunakan tentu saja tidak bertentangan dengan kebijakan aplikator. Perlu diingat bahwa jumlah pengantaran memang memberikan pengaruh terhadap nominal penghasilan yang diterima driver. 

Namun, layanan yang diberikan driver juga akan menjadi pertimbangan bagi customer dalam menilai. 

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan penghasilan bagi driver grab motor seperti:

1. Mulailah dari pagi

Ini adalah tips yang paling penting untuk dilakukan driver. Cobalah untuk memulai mengantar dari pagi sebelum jam berangkat sekolah atau sebelum waktu kerja. Ini merupakan jam sibuk yang membuat perhitungan dari penghasilan driver juga meningkat. 

Selain itu, jumlah customer pada pagi hari juga dianggap lebih banyak. Hal ini karena banyak customer yang ingin melakukan berbagai kegiatan.

2. Hindari ngetem terlalu lama

Jangan pernah melalukan ngetem atau berhenti di salah satu titik untuk jangka waktu yang lama. Aplikator bisa melakukan pelacakan dengan mudah bagi driver yang dianggap sangat pasif. 

Hal ini tentu saja akan memberikan pengaruh terhadap algoritma pesanan dari customer. Bahkan, penilaian yang diberikan kepada driver juga akan semakin menurun dari pihak aplikator.

3. Fokus pada satu daerah

Driver bisa mencoba untuk fokus pada pengantaran di salah satu lokasi. Biasanya pemilihan lokasi ini dianggap sangat potensial karena cenderung memiliki banyak customer. 

Beberapa lokasi yang sangat potensial seperti kawasan perkantoran, kawasan sekolah hingga kampus. Metode ini juga bisa memberikan nilai penghasilan lebih banyak bila berada di jam sibuk.

4. Berikan layanan terbaik

Selalu berikan layanan terbaik kepada customer. Cara seperti ini bisa saja dengan mengendarai motor yang baik dan nyaman. 

Selain itu, pastikan juga memahami kondisi dari customer. Ada sebagian customer yang memang tidak ingin mengobrol atau sebaliknya. 

Layanan terbaik yang diberikan akan mempengaruhi penilaian dari customer. Bahkan, driver bisa saja mendapatkan tip dalam jumlah besar.

5. Selalu aktifkan akun

Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan akun. Hal ini dengan mengisi top up pada akun driver agar menerima orderan.

Selain itu, pastikan juga kondisi kendaraan yang digunakan sangat baik. Ini untuk menghindari keadaan yang dianggap sangat merugikan bagi customer.

Keuntungan Menggunakan Grab Motor Bagi Customer

Layanan grab motor saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak customer. Bahkan, Grab juga sering memberikan keuntungan lain sehingga jumlah pengguna terus meningkat. 

Sebenarnya ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan bagi customer. Apalagi layanan ini juga terus mendapatkan pembaruan dengan penyesuaian tarif hingga pemberian voucher. 

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan customer dalam menggunakan layanan grab motor seperti:

1. Jangkauan Driver yang Luas

Keuntungan seperti ini memang menjadi pertimbangan bagi banyak customer yang sangat mengandalkan grab bike. 

Semakin luas jangkauan dari driver maka customer mendapatkan pelayanan yang nyaman dan tidak sulit melakukan perjalanan. 

Apalagi jumlah driver dari Grab bike saat ini sangat banyak dan tersebar di berbagai wilayah. Customer juga tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan jauh sekalipun.

2. Harga Layanan Terjangkau

Penawaran harga layanan Grab Bike dianggap terjangkau. Bahkan, perhitungan layanan ini dianggap transparan karena ditampilkan pada dashboard user. 

Selain itu, banyak customer menganggap bahwa layanan ini dianggap lebih terjangkau dibanding ojek konvensional. 

Perhitungan biaya layanan yang transparan memudahkan customer untuk menyiapkan nominal cash untuk pembayaran dalam perjalanan berikutnya.

3. Voucher

Keuntungan lain yang menjadi perhatian bagi customer adalah ketersediaan voucher. User bisa menggunakan voucher ini untuk mendapatkan potongan harga. 

Bahkan, Grab selalu memberikan notifikasi kepada customer melalui inbox tentang penawaran dan kode voucher. Potongan yang diberikan kadang cukup besar. Namun, voucher ini hanya berlaku dengan sangat terbatas.

4. Metode pembayaran

Keunggulan seperti ini membuat customer bisa melakukan pembayaran layanan tanpa cash. Bahkan, customer juga bisa membayar dengan kombinasi OVO dan OVO point. 

Bila user memiliki jumlah OVO point yang sangat banyak maka itu bisa digunakan untuk berbagai layanan Grab.