2+ Cara Membuka Rekening BCA dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Ditengah kebutuhan digital yang saat ini semakin meningkat, masih saja ada banyak masyarakat yang belum mengetahui cara membuka rekening BCA yang bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi mereka.

Sebagaimana kita tau, saat ini hampir seluruh kegiatan keuangan yang kita lakukan sudah sepenuhnya bisa diakess secara mobile dengan menggunakan layanan perbankan yang memang banyak kita temukan dimana saja.

Mulai dari melakukan penarikan uang tunai melalui ATM, setor tunai, sampai juga melakukan pembayaran atas pembelanjaan online yang kita lakukan, atau juga untuk pembayaran lain yang biasa kita butuhkan.

Untuk itu, gak heran jika sekarang ini kita harus setidaknya memiliki satu rekening bank yang mana bisa digunakan untuk memenuhi beberapa kebutuhan tadi. Karena memang, awalnya mungkin kita mengetahui jika bank atau rekening sendiri kerap digunakan untuk kegiatan menabung uang saja.

Namun semakin berkembangnya teknologi dan informasi, sekarang ini kita bisa melakukan semua jenis transaksi keuangan melalui satu akun rekening bank yang kita miliki. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi khawatir ketika hendak ingin membayar, transfer, atau bahkan melakukan penarikan tunai.

Nah, salah satu layanan bank yang menurut mimin paling lengkap adalah bank BCA, atau Bank Central Asia. Menjadi salah satu bank swasta yang memiliki jumlah nasabah yang cukup besar, bank BCA hadir untuk memenuhi semua kebutuhan para nasabahnya.

Mulai dari sekedar untuk menabung di bank, melakukan penarikan tunai, setor tunai, dan lain sebagainya, dengan bank BCA, kamu bisa melakukan hal tersebut hanya dari ponselmu saja. Sebab, bank BCA juga hadir dengan fitur mobile banking yang semakin memudahkan para nasabahnya melakukan transaksi keuangan melalui ponsel ataupun website.

Itulah mengapa, bank BCA sangat banyak kita temukan, dan tak sedikit dari masyarakat indonesia pasti memiliki rekening BCA untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan mereka.

Cara Membuka Rekening BCA

Cara Membuka Rekening BCA
membuka rekening BCA

Nah, buat kamu yang mungkin belum memiliki rekening bca dan berniat untuk membuatnya, disini mimin akan memberitahu kamu tentang bagaimana cara membuka rekening BCA dengan beragam metode mudah yang bisa kamu gunakan. Seperti

Cara Membuka Rekening BCA secara Online

Cara pertama adalah dengan menggunakan cara online, yang mana kamu bisa melakukan cara ini kapan saja dan dimana saja tanpa harus mengunjungi kantor cabang bca untuk melakukan pendaftarannya. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut

Langkah1: Download BCA Mobile

Langkah pertama adalah kamu harus terlebih dahulu mendownload aplikasi BCA mobile yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android, dan juga App Store untuk pengguna iPhone. 

Langkah2: Isi Data yang Dibutuhkan

Setelah prosess download BCA mobile selesai, maka kamu bisa langsung membuka layanan BCA Mobile, dan memilih menu buka rekening BCA.

Nah, nantinya kamu akan diarhkan untuk mengisi seluruh data data yang dibutuhkan. Pastikan, data yang kamu isi adalah valid, dan memang seusai dengan yang tertera pada kartu identitas kamu.

Kamu bisa mengisikan nama, alamat, tanggal lahir, nomor handphone, dan juga email yang nantinya berguna untuk login kedalam aplikasi bca mobile atau mobile banking dari BCA.

Setelah prosess pengisian data selesai, maka kamu bisa ke step atau tahap selanjutnya.

Langkah3: Pilih Kartu yang akan Digunakan

Untuk tiap kartu yang digunakan disini pastinya memiliki layanan fitur dan juga potongan admin tiap bulan yang berbeda. Kamu bisa menggunakan layanan Tahapan BCA, atau bahkan BCA Xpresi yang mana memang kerap diguankan untuk kamu yang ingin mendapatkan potongan admin tiap bulan yang minim.

Setelah memilih kartu, dan semua tahapan selesai, maka kamu bisa langsung melakukan video call dengan pihak call center BCA, untuk melakukan validasi data dan juga aktivasi mobile banking kamu. Biasanya juga, kamu akan diminta untuk mengisikan PIN ATM dan Kode Aksess serta PIN dari BCA Mobile demi keamanan akun.

Prosess validasi atau video callnya tidak begitu lama kok, hanya sekitar 5 - 10 menit saja. Namun, kamu disarankan berada di ruangan yang pribadi, dan menggunakan earphone atau headset.

Langkah4: Lakukan Setoran Awal

Barulah setelah prosess validasi selesai, kamu bisa melakukan setoran awal, dengan cara transfer dari bank lain, ke rekening BCA yang sudah kamu buat. Nah, sampai sini kamu sudah bisa langsung menggunakan layanan BCA mobile untuk melakukan transfer, atau bahkan penarikan tunai tanpa menggunakan kartu.

Langkah5: Kunjungi CS Online/Kantor Cabang BCA Terdekat

Terakhir, jika kamu ingin mendapatkan kartu ATM BCA yang sudah kamu buat atau daftarkan dari BCA Mobile tadi, kamu bisa mengunjungi kantor cabang BCA terdekat yang memiliki layanan CS Online atau Customer Service Online untuk melakukan pencetakan kartu sesuai identitas kamu.

Untuk tahap ini kamu tidak akan dikenakan biaya, terkecuali kamu melakukan perubahan kartu dari Xpresi ke Tahapan BCA.

Dan selesai deh. Kamu sudah berhasil membuat rekening BCA pertama kamu, dengan menggunakan smartphone mu saja. Gampang banget kan?

Cara Membuka Rekening BCA secara Offline

Kemudian jika kamu tidak ingin menggunakan cara online, kamu juga bisa kok menggunakan cara offline untuk membuat rekening BCA pertama kamu. Bahkan, caranya jauh lebih mudah dan simple.

Langkah1: Siapkan Data Diri yang Dibutuhkan

Langkah pertama sudah pasti jelas. Kamu harus menyiapkan semua data data yang harus dibawa ketika membuat rekening BCA untuk pertama kali. Seperti

  • KTP/Identitas lain
  • NPWP (jika ada)
  • Uang Setoran awal (100 - 500rb)

Semua perlengkapan ini adalah syarat yang diharuskan untuk kamu yang akan membuat rekening BCA pertama kali. Tentunya, agar mempermudah pihak BCA dalam mencatat data data kamu yang akan didaftarkan nantinya.

Langkah2: Kunjungi Kantor Cabang BCA

Kemudian setelah data data disiapkan, kamu bisa langsung mengunjungi kantor cabang BCA terdekat, dan mintalah pada pihak security jika kamu ingin membuka rekening BCA untuk pertama kalianya.

Nantinya pihak security akan meminta kamu untuk mengisi formulir pendaftaran, serta kamu bisa menunggu sampai nomor antrianmu dipanggil

Langkah3: Pilih Kartu yang akan Digunakan

Sesampainya nomor antrianmu dipanggil, kamu bisa langsung menuju ke bagian staff yang bertugas, lalu kamu akan kembali diminta untuk mengisi data diri yang dibutuhkan, pada lembar formulir pembukaan rekening.

Pastikan ketika mengisi data, kamu sudah menyesuaikan dengan data yang kamu bawa, baik itu KTP dan juga data lainnya.

Sementara itu, biasanya pihak staff akan memfotocopy data kalian sebagai data yang disimpan oleh pihak BCA.

Langkah4: Lakukan Setoran Awal

Setelah semuanya beres, nantinya staff akan meminta kamu untuk menyerahkan uang tunai sebagai setoran awal, untuk pengaktifan rekening kamu. Dan setelah itu, kamu akan diberikan kartu ATM dan juga buku tabungan BCA yang bisa kamu gunakan.

Nah, uang setoran awal tadi hanya sebagai formalitas saja sebenarnya. Karena setelah ATM kamu aktif, kamu bisa mendatangi ATM BCA terdekat, dan melakukan penarikan tunai dari uang setoran awalmu tadi. Gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membuka rekening bca yang bisa kamu coba. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!