Cara Cek Resi ID Express Shopee dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Ingin tahu bagaimana cara cek resi ID Express Shopee melalui website dan aplikasi? Shopee merupakan marketplace populer yang menawarkan banyak pilihan produk dan layanan. Aplikasi Shopee bisa digunakan pada banyak perangkat android. 

Selain itu, metode berbelanja di Shopee dianggap sangat mudah dan menguntungkan. Customer bisa mendapatkan keuntungan seperti voucher bebas ongkir. 

Layanan pengiriman paket juga sangat baik dan cepat. Salah satu pilihan ekspedisi yang tersedia yaitu ID Express. 

Pengiriman dengan ekspedisi ini dianggap cepat dan menawarkan pelacakan secara real time. User bisa dengan mudah cek resi id express Shopee langsung setelah rincian pengiriman diterbitkan.

Mengenal Apa Itu ID Express Shopee?

ID express adalah salah satu layanan ekspedisi yang juga partner dari marketplace Shopee. Saat ini, perkembangan dari ekspedisi ini juga semakin pesat. 

Layanan pengiriman paket sudah tersedia di Jabodetabek dengan tujuan pengiriman hampir seluruh wilayah pulau Jawa. 

Ekspedisi ini menawarkan kemudahan pengiriman paket dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan, tersedia aplikasi untuk perangkat mobile yang memudahkan pickup dan pengiriman paket. Hal paling penting tentu saja akses cek resi ID express shopee juga sangat mudah dilakukan.

Cara Cek Resi ID Express Shopee


Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk cek resi ID express shopee. Metode yang diterapkan dianggap sangat responsif. Apalagi pengecekan dari layanan ini juga tersedia secara real time. Ini memberikan kenyamanan bagi customer untuk melakukan pelacakan pengiriman paket. 

Cara yang digunakan bisa melalui beberapa metode. Customer bisa langsung melakukan pengecekan melalui situs resmi atau dengan aplikasi resmi milik ID express. Berikut ini beberapa cara cek resi ID express shopee yang bisa dicoba yaitu:

1. Cek Resi ID Express Shopee dari Situs Resmi

Salah satu cara cek resi ID express shopee adalah dengan mengakses situs resmi. Layanan ekspedisi ini memiliki situs resmi di idexpress.com. Situs ini berisi rincian dari layanan perusahaan hingga biaya dari layanan. 

Selain itu, user juga bisa menggunakan akses situs ini untuk melakukan pelacakan barang yang dikirim. Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.

  • Salin nomor resi yang telah diterbitkan di rincian marketplace shopee. Nomor resi merupakan kombinasi kode huruf dan angka.
  • Akses situs resmi di IDexpress.com
  • Pilih menu lacak resi dari dashboard.
  • Tempel/Paste rincian resi pada kolom yang telah tersedia.
  • Tekan tombol Cek Paket lalu tunggu hingga proses selesai.
  • Rincian dari pelacakan akan ditampilkan secara lengkap.

2. Cek Resi ID Express Shopee dari Aplikasi Resmi

Metode pelacakan resi lain yang bisa dicoba user adalah dengan aplikasi resmi. Saat ini, aplikasi Id express bisa didapatkan melalui android dan iOS. 

Cara yang dilakukan juga dianggap sangat mudah dan cepat. Selain itu, metode ini dianggap efisien karena berlaku secara real time. Beberapa langkah mudah cek resi id express Shopee dari aplikasi yaitu:

  • Pastikan perangkat mobile tersambung dengan internet.
  • Install aplikasi resmi IDExpress. Aplikasi ini tersedia secara gratis.
  • Salin kode resi yang terdapat dari marketplace shopee.
  • Buka aplikasi id express lalu pilih menu Cek resi.
  • Tempel kode resi pada bagian kolom yang tersedia.
  • Tap bagian tombol lacak lalu tunggu hingga proses selesai.
  • Aplikasi akan menampilkan rincian dari pelacakan barang atau paket sesuai dengan nomor resi.
  • Rincian pelacakan akan diperbarui secara real time.

Layanan ID Express Shopee

Saat ini tersedia beberapa pilihan layanan dari ID express. Tentu saja layanan itu dibedakan dengan durasi pengiriman hingga biaya kirim. 

Hal ini juga menjadi pertimbangan bagi banyak user shopee untuk menentukan layanan paling ideal. Bahkan, pemilihan layanan dari metode pengiriman juga mempengaruhi biaya ongkir yang akan dibebankan pada saat check out. 

Beberapa layanan populer yang tersedia dari layanan ekspedisi ini seperti:

1. Reguler Service

Ini adalah salah satu pilihan dari layanan IDexpress yang populer. Bahkan, banyak user dari shopee yang memilih pengiriman ini. Biasanya layanan ini sering mendapatkan voucher bebas ongkir. 

Reguler Service yang tersedia dari aplikasi ini memberikan opsi pengiriman dengan tujuan banyak wilayah.

Durasi pengiriman yang berlaku memang 2-10 hari. Selain itu, biaya pengiriman dari layanan ini dianggap lebih terjangkau. 

Layanan ini juga memiliki fitur pick up yang disesuaikan dengan lokasi dari pengirim paket.

2. Sameday Service

Ini adalah layanan yang juga sangat populer bagi banyak customer. Layanan Sameday Service memiliki keunggulan durasi pengiriman paket yang lebih cepat. 

Bahkan, layanan ini memberikan jaminan pengiriman sampai di tujuan pada hari yang sama. Namun, salah satu ketentuan yang harus dipahami adalah proses input data pengiriman tidak melebihi jam 9 pagi pada hari itu. 

Layanan ini bisa diakses langsung melalui aplikasi atau pilihan pada metode pengiriman di shopee.

3. Cargo

Rekomendasi layanan pengiriman lain yang tersedia termasuk Cargo. Ini juga menjadi pilihan bagi banyak seller maupun customer service yang membutuhkan pengiriman paket atau barang dengan ukuran maupun berat tertentu. 

Jenis pengiriman ini akan disesuaikan dengan berat total dan dimensi paket. Durasi pengiriman juga akan bergantung pada lokasi, jalur yang digunakan hingga armada. 

Perhitungan dari biaya ongkir biasanya akan berdasarkan total dimensi seperti berat, panjang hingga lebar.

Keuntungan Menggunakan ID Express Shopee

Customer  bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan ID Express sebagai layanan ekspedisi utama. 

Apalagi layanan ini juga memiliki akses mudah melalui banyak platform. Selain itu, keuntungan ini memang mempengaruhi user dalam memilih ekspedisi jangka panjang saat berbelanja di Shopee. 

Beberapa keuntungan yang bisa dipertimbangkan bagi user untuk memilih ID express yaitu:

1. Biaya terjangkau

Salah satu keuntungan menggunanan ID express adalah biaya yang sangat terjangkau. Bahkan, customer bisa mendapatkan biaya yang lebih rendah bila berat dari paket kurang dari 500 gram. 

Ini yang membuat banyak seller produk tertentu selalu menjadikan ID express sebagai pilihan utama.

2. Durasi pengiriman cepat

Layanan ekspedisi ini memberikan layanan pengiriman yang dianggap lebih cepat. Selain itu, jangkauan untuk wilayah di pulau Jawa juga membuat kurir semakin mudah dalam pengiriman. 

Pemilihan layanan memang mempengaruhi durasi pengiriman. Jangan khawatir proses pick up dari barang atau paket juga dilakukan dengan sangat baik. Ini mempengaruhi total durasi dari pengiriman.

3. Pelacakan real time

Salah satu keunggulan yang sangat penting adalah pelacakan dari resi paket secara real time. Ini memudahkan customer untuk mengetahui status paket yang sedang dalam pengiriman. 

Selain itu, pelacakan dilakukan melalui situs resmi hingga aplikasi resmi dengan mudah. Rincian akan diperbarui secara real time sesuai dengan input data.

4. Layanan cs responsif

Id express memberikan layanan penting lain berupa bantuan customer service. Layanan ini bisa diakses melalui situs resmi atau chat widget aplikasi. 

Respon yang diberikan juga sangat cepat. Customer bisa melaporkan kendala atau masalah pada status paket atau lainnya.