Alasan Kenapa Shopeepay Tidak Bisa Digunakan + Solusi Cara Mengatasi

Caracekonline.net | Salah satu metode pembayaran yang populer saat ini adalah Shopeepay. Layanan ini juga bisa berfungsi sebagai dompet digital untuk berbagai pembayaran merchant. 

Selain itu, fungsi paling utama adalah untuk memudahkan pembayaran banyak layanan dan produk yang tersedia di marketplace Shopee. Metode pembayaran ini sangat diminati banyak pengguna. Apalagi persyaratan transaksi juga berlaku tidak terlalu rumit. Selain itu, user juga bisa mendapatkan berbagai fitur penting lainnya. 

Namun, sebagian user pernah mengalami Shopeepay tidak bisa digunakan. Ada beberapa penyebab yang harus diketahui oleh user agar ewallet ini bisa berfungsi kembali.

9 Penyebab Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

User harus memahami berbagai penyebab bahwa shopeepay tidak bisa digunakan lagi. Hal ini untuk mendapatkan fungsional yang lebih maksimal dalam penggunaan jangka panjang. 

Apalagi ada banyak keuntungan yang ditawarkan Shopee kepada pengguna aktif. User yang mengalami kendala juga bisa melaporkan kepada customer service agar mendapatkan solusi dari kendala teknis dompet digital. 

Berikut ini ada 9 penyebab shopeepay tidak bisa digunakan user untuk berbagai transaksi seperti:

1. Akun Shopeepay Belum Diverifikasi

Salah satu penyebab dari shopeepay tidak bisa digunakan adalah belum verifikasi identitas. Perlu diingat bahwa shopeepay memiliki banyak fungsi dan keunggulan. 

Namun, sebagian besar fungsi penting dari metode pembayaran ini hanya berlaku setelah user melakukan verifikasi identitas seperti mengisi data sesuai dengan ektp. Fungsi utama seperti penarikan dana, transfer bank hingga pembelian merchant bisa saja tidak bisa berfungsi dengan baik bila akun belum mendapatkan verifikasi. 

Bahkan, akun yang belum diverifikasi tidak bisa mengirimkan dana kepada user lain. Hal ini dianggap cukup merugikan bila user sering melakukan transaksi.

2. Saldo Shopeepay Tidak Cukup

User yang ingin menggunakan layanan shopeepay sebaiknya memperhatikan jumlah saldo yang dimiliki. Bila saldo akun shopeepay dianggap kurang atau tidak ada sama sekali maka sangat sulit untuk melakukan pembelian atau pembayaran. 

Apalagi nominal dari shopeepay juga mempengaruhi beberapa penggunaan voucher yang tersedia. Bila nominal saldo masih kurang cukup melakukan pembayaran maka beberapa voucher ongkir tidak akan berlalu. 

Bahkan, user juga tidak bisa melakukan pengiriman dana kepada user lain bila saldo kurang dari 10 ribu. Lakukan deposit agar fungsi shopeepay normal kembali.

3. User Lupa PIN Shopeepay

Setiap kali akan melakukan transaksi seperti pembayaran atau pengiriman dana maka user harus memasukkan kombinasi angka untuk pin. Jumlah kolom pin yang tersedia mencapai 6 angka. 

Bila user lupa atau tidak ingat sama sekali kombinasi pin yang telah didaftarkan maka layanan Shopeepay juga tidak bisa digunakan. Hal ini sangat merugikan karena nominal saldo shopeepay juga tidak bisa ditarik kembali. 

Biasanya user harus melakukan penggantian pin yang mudah diingat dalam waktu lama. Penggantian pin juga harus melalui beberapa langkah penting termasuk menghubungi customer service.

4. Shopeepay Mengalami Gangguan

Penyebab lain yang mungkin terjadi karena layanan pembayaran ini tidak berfungsi adalah kendala teknis dari Shopeepay. Beberapa kali memang layanan pembayaran Shopeepay mengalami gangguan. 

Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan user dalam melalukan transaksi. Apalagi perbaikan sistem membutuhkan beberapa waktu. Selain itu, kendala teknis ini juga mempengaruhi user untuk tidak melakukan pembayaran atau transaksi lain yang melibatkan user Shopee. 

Cobalah tanyakan langsung kepada customer service tentang kendala teknis akibat gangguan dari layanan pembayaran shopeepay. Beberapa user shoeepay kadang mendapatkan notifikasi bahwa transaksi belum bisa digunakan untuk sesaat.

5. Seller/Merchant Belum Terintegrasi

Sebenarnya ini merupakan hal teknis yang perlu dipertimbangkan kembali. Shopeepay memang menjadi layanan pembayaran digital populer di Indonesia. 

Namun, tidak seluruh merchant sudah terintegrasi dengan shopeepay. Selain itu, layanan pembayaran ini juga masih berlaku untuk marketplace Shopee. User harus terlebih dahulu memeriksa rincian metode pembayaran untuk pembelian produk. Seller yang belum terintegrasi dengan ewallet ini tentu saja tidak bisa menerima pembayaran. 

Selain itu, pastikan juga untuk menjadikan layanan pembayaran Shopeepay sebagai pengaturan default atau utama di akun Shopee. Ini memudahkan user untuk melakukan pembayaran langsung bila seller sudah terintegrasi.

6. Belum Terhitung Ongkir

Persyaratan penggunaan shopeepay untuk melalukan pembayaran di marketplace shopee memang harus diperhatikan dengan baik. 

Apalagi sebagian besar pembelian produk saat ini akan dibebankan biaya pengiriman. Bila user hanya menyediakan nominal shopeepay sesuai dengan harga dari produk maka hal itu tentu saja dianggap masih kurang. Ini membuat layanan pembayaran shopeepay tidak bisa berfungi semestinya. 

Cobalah untuk melebihkan nominal saldo dari shopeepay sebelum melakukan pembelian produk. Ini akan memudahkan user dalam menyelesaikan pemesanan dan pembelian dengan shopeepay. User akan mendapati tombol pembayaran shopeepay tidak bisa berfungsi.

7. Merchant Mengalami Gangguan Teknis

Bagi user yang menggunakan shopeepay untuk pembayaran di merchant sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu sistem berfungsi dengan baik atau tidak. Bila sistem pembayaran shopeepay atau Qris yang terintegrasi dengan shopeepay mengalami kendala teknis maka user tidak bisa melakukam pembayaran. 

Hal ini juga akan menyulitkan user untuk membeli produk dengan transfer dana shopeepay. Biasanya merchant akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan terlebih dahulu bila pembayaran dengan shopeepay mengalami gangguan teknis. 

User juga bisa melaporkan kepada customer service bahwa layanan pembayaran shopeepay di merchant itu sedang bermasalah. 

Solusi sementara yang bisa dilakukan dengan pindah ke merchant lain yang menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan user.

8. Jaringan Internet Bermasalah

User harus ingat bahwa shopeepay akan menjalankan fungsinya dengan baik bila didukung oleh jaringan internet yang baik. 

Layanan pembayaran milik shopee ini tidak bisa digunakan secara offline atau tanpa internet sama sekali. Ini membuat user harus memeriksa jaringan internet yang tersambung melalui perangkat mobile. Jaringan internet yang bermasalah akan membuat shopeepay tidak bisa diakses atau tidak dapat digunakan sama sekali. 

Bahkan, user juga tidak bisa mengakses jumlah saldo yang tersedia. Ini akan menyulitkan user bila ingin melakukan pembelian produk atau pembayaran di merchant. Tampilan dari aplikasi Shopee juga memberikan notifikasi bahwa tidak ada jaringan atau internet sedang bermasalah.

9. Akun Shopeepay Dibatasi

Shopee memiliki ketentuan dan persyaratan yang harus ditaati oleh user. Ketentuan yang berlaku juga termasuk penggunaan fitur yang tersedia. 

Bila user melakukan pelanggaran yang cukup berat maka hal itu mengakibatkan banyak fitur penting yang tidak bisa diakses sama sekali. 

Hal ini juga termasuk layanan shopeepay yang akan dibatasi hingga ditangguhkan. Status dari layanan yang dibatasi membuat user tidak bisa menggunakan layanan pembayaran dengan normal. Bahkan, user juga merasa kesulitan untuk mengakses shopeepay. 

Ini akan merugikan bagi user karena pemulihan akun dari shopeepay jugs membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Selain itu, user juga harus melalukan verifikasi data sesuai dengan identitas asli. Ini dianggap cukup merepotkan.