Penyebab Saldo OVO Tidak Muncul Di Grab: Kenapa?

Caracekonline.net | Sudahkah kamu mengetahui alasan kenapa saldo OVO tidak muncul di Grab dan ingin tahu cara mengatasinya? Simak ulasan berikut hingga akhir ya!

Ada banyak dompet digital saat ini yang bisa digunakan untuk transaksi. Bahkan, metode pembayaran ini bisa digunakan untuk marketplace hingga berbagai merchant. 

Salah satu pilihan dompet digital yang populer di banyak kalangan adalah OVO. Payment gateway ini mulai banyak digunakan karena terintegrasi dengan berbagai pilihan merchant populer. 

Selain itu, user bisa mencoba untuk melakukan pembayaran di banyak marketplace atau OTA. Apalagi fungsi penting dari OVO untuk transaksi di aplikasi ride sharing Grab. Kemudahan transaksi yang diberikan membuat user semakin nyaman untuk menggunakan layanan. 

Namun, kadang kala terjadi kendala seperti saldo ovo tidak muncul di Grab.

Kenali fungsi OVO di aplikasi Grab

Sebelum mengetahui penyebab dari saldo ovo tidak muncul di Grab sebaiknya user harus memahami fungsi layanan pembayaran ini. Apalagi hal ini juga membantu user untuk memaksimalkan fungsi. 

Semakin banyak fungsi pembayaran yang diberikan maka akan memudahkan user untuk penggunaan jangka waktu lama di Grab. 

Ini dilakukan karena Grab menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer dan sudah terintegrasi dengan banyak transaksi. Beberapa fungsi OVO di aplikasi Grab yang wajib diketahui seperti:

1. Pembayaran Layanan Grab

Salah satu fungsi penting dari dompet digital OVO adalah sebagai layanan pembayaran di Grab. Ada banyak jenis layanan yang tersedia dari aplikasi Grab. 

Beberapa diantaranya Grab Ride, Grab Car, Grab Express, Grab Mart dan lainnya. Seluruh layanan yang tersedia bisa menggunakan pembayaran OVO. 

Bahkan, metode pembayaran ini juga dianggap sangat mudah dan menguntungkan. User tidak lagi mengeluarkan uang cash setelah melakukan perjalanan menggunakan Grab Car. 

Keuntungan yang didapatkan user juga berupa ovo point. Besaran point yang diterima sesuai dengan ketentuan dan persyaratan Grab.

2. Pembayaran Tagihan

Layanan lain yang tersedia di Grab tentu saja pembayaran tagihan. User bisa melakukan pembayaran tagihan secara periodik seperti Internet, Pascabayar PLN, PDAM, tv kabel dan lainnya. 

Tentu saja user tidak membutuhkan uang cash lagi untuk melunasi tagihan yang muncul setiap bulan itu. Metode pembayaran dengan OVO juga dianggap sangat mudah dan cepat. 

Bahkan, user hanya perlu melalukan verifikasi dengan memasukka kombinasi dari 6 angka pin. 

Semakin mudah metode pembayaran yang tersedia maka akan semakin nyaman bagi user melunasi tagihan tepat waktu.

3. Pembelian Pulsa atau Paket Data

User Grab bisa melakukan pembelian pulsa atau paket data dengan menggunakan OVO. Layanan ini memang memudahkan user yang ingin mengisi pulsa dengan mudah dan cepat. 

Selain itu, OVO juga bisa digunakan membeli token listrik secara real time melalui aplikasi Grab. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan user dengan membeli paket data atau pulsa dari Grab. 

Biasanya user akan mendapatkan diskon hingga cashback ovo point yang juga bisa digunakan secara langsung untuk pembayaran layanan lainnya. Ini memudahkan user mendapatkan keuntungan ganda sekaligus.

4. Pembayaran Marketplace

Pada aplikasi Grab juga terintegrasi dengan marketplace seperi Lazada. User yang ingin melakukan pembayaran juga dimudahkan dengan OVO. 

Apalagi sinkronisasi akun OVO semakin memberikan kenyamanan bagi user yang ingin membeli produk di Lazada. Semakin cepat pembayaran dengan OVO maka user juga bisa menentukan pilihan produk yang diinginkan.

Bahkan, user bisa menikmati banyak pilihan promosi hingga diskon dengan metode pembayaran OVO langsung dari aplikasi Grab.

5 Sebab Saldo OVO Tidak Muncul di Grab

Sebagian user pernah mengalami saldo ovo tidak muncul di Grab. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Tentu saja kondisi seperti ini akan membuat transaksi terkendala. Bila tidak segera diatasi maka akan membuat penggunaan layanan di aplikasi dan layanan Grab juga terganggu. 

Cobalah untuk mengetahui kendala dari nominal saldo OVO tidak muncul di bagian payment Grab. Berikut ini ada beberapa sebab yang mungkin sering terjadi saldo ovo tidak muncul di Grab yaitu:

1. Versi aplikasi OVO dan Grab masih lama

Ini merupakan penyebab saldo ovo tidak muncul di Grab yang paling sering terjadi. User masih memiliki aplikasi versi lama untuk OVO dan Grab. Hal ini membuat pembaruan integrasi sistem dari kedua aplikasi tidak berjalan maksimal. Bahkan, sistem juga cenderung menjadi eror. 

Selain itu, pada bagian dashboard nominal saldo OVO memiliki notifikasi yang berupa tanda seru. Kendala seperti ini membuat metode pembayaran dengan OVO tidak tersedia. 

Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan memperbarui versi aplikasi. Pastikan perangkat mobile yang digunakan kompatibel dengan versi terbaru dari aplikasi.

2. Belum Melakukan Aktivasi OVO

Ini juga termasuk salah satu kendala yang kerap terjadi. Pada saat user menggunakan aplikasi Grab biasanya tersedia layanan aktivasi OVO. Bila aktivasi tidak dilakukan maka user belum bisa menggunakan layanan OVO untuk pembayaran. 

Apalagi user juga harus menginstall aplikasi OVO dan melakukan verifikasi data. Hal ini dilakukan agar proses integrasi kedua aplikasi berjalan dengan lancar. 

Bila user belum memiliki aplikasi OVO sama sekali maka layanan pembayaran tidak akan bisa digunakan. Pahami juga peraturan dan ketentuan penggunaan aplikasi OVO di Grab.

3. Nomor dan Email Berbeda

Masing-masing dari aplikasi OVO dan Grab memiliki penggunaan data penting seperti nomor handphone dan email. Tentu saja kedua data ini harus memiliki rincian yang sama. 

Bila terjadi perbedaan data untuk nomor dan email pada aplikasi OVO dan Grab maka hal itu akan membuat integrasi sistem gagal. 

Apalagi nomor dari OVO juga harus terdaftar sama dengan Grab. Sinkronisasi rincian saldo disesuaikan dengan nomor yang digunakan pada OVO. 

Cobalah untuk melakukan pembaruan data pengguna yang sama dari kedua aplikasi ini. Notifikasi juga akan muncul bila nomor OVO dan Grab berbeda.

4. Jaringan Internet yang Buruk

Sebenarnya ini merupakan kendala yang sangat klasik. Jaringan internet yang stabil sangat dibutuhkan bagi user untuk melakukan transaksi dan menggunakan layanan Grab. 

Bila jaringan bermasalah maka user tidak bisa melakukan sinkronisasi secara real time dari saldo aplikasi. Banyak user yang selalu melakukan refresh pada aplikasi Grab. 

Hal ini dilakukan untuk memunculkan saldo OVO di aplikasi. Pastikan untuk selalu menggunakan jaringan internet yang stabil saat akan menggunakan pembayaran dengan OVO. 

Biasanya solusi yang paling mudah adalah lebih mengutamakan penggunaan internet provider sim card.

5. Akun Bermasalah

Penyebab lain yang cukup krusial untuk diketahui adalah akun dari OVO atau Grab bermasalah. Hal ini terjadi karena user telah melanggar ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan oleh OVO atau Grab. 

Biasanya akun dari user akan ditangguhkan atau dibatasi. Hal ini membuat user tidak bisa melakukan pengecekan saldo OVO di Grab. Bahkan, beberapa layanan yang tersedia di aplikasi Grab juga tidak bisa diakses.

Cobalah untuk menghubungi customer service untuk mengaktifkan lagi aplikasi OVO maupun Grab.