3+ Cara Upload Google Drive dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Dulu sebelum adanya penyimpanan awan menyimpan file menggunakan kartu memori atau memori internal dari handphone maupun laptop/PC adalah hal yang biasa dilakukan. Namun dengan adanya penyimpanan awan kita bisa menyimpan file dimanapun dan dapat menjadi solusi dari memori penuh. Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan awan yang dikembangkan oleh Google, dan cara upload Google Drive juga mudah.

Dengan adanya perkebangan teknologi yang semkin pesat maka Google Drive hadir sebagai salah satu layanan penyimpanan awan atau biasa dikenal juga dengan istilah cloud storage.

Bagi kamu yang belum tahu fungsi dari cloud storage, cloud storage merupakan sebuah media penyimpanan file dari handphone maupun laptop dalam sebuah hosting server yang memiliki kapasitas tertentu.

Google Drive sendiri hadir pada tahun 2012, layanan ini dikembangkan oleh Google dan dapat diakses oleh siapa saja. Bagi pengguna handphone Android tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Google Drive karena aplikasi ini adalah aplikasi bawaan dari handphone Android.

Cara mengakses Google Drive untuk menyimpan file juga cukup mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu memiliki akun Google untuk bisa mengaksesnya. Selain untuk mengupload file, kamu juga bisa mengedit maupun membagikan file yang sudah kamu upload di Google Drive.

Selain itu para pengguna dari Google Drive akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis, tentu jumlah tersebut sudah lebih dari cukup untuk sekedar menyimpanan file. Namun jika kamu merasa kurang kamu bisa membeli penyimpanan karena Google Drive juga menyediakan fitur beli penyimpanan.

Meskipun Google Drive sudah hadir begitu lama namun sebagian orang masih belum mengetahui cara upload Google Drive, oleh karena itu jika kamu masih belum mengetahui caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Apa Itu Google Drive ?

Sebelum kita melangkah ke pembahasan utama yaitu cara upload Google Drive ada baiknya jika kamu mengetahui pengertian dari Google Drive terlebih dahulu. Google Drive adalah media penyimpanan online (cloud storage) yang diluncurkan oleh Google pada 24 April 2012.

Seperti yang sudah dijelasakan sebumnya bahwa Google Drive menyediakan 15 GB kapasitas penyimpanan gratis bagi penggunanya, dan kamu bisa menggunakan layanan Google Drive untuk backup data, upload file, mengedit file, melakukan sinkronisasi dengan perangkat dan lain sebagainya.

Google Drive juga mendukung semua format file untuk di upload ke layanan ini, jika kamu merasa jika 15 GB kurang kamu bisa melakukan upgrade ke paket yang tentunya lebih besar.

Fitur-fitur Utama Google Drive

Setelah kamu mengetahui pengertian dari Google Drive, kamu juga perlu mengetahui mengenai fitur-fitur dari Google Drive. Berikut fitur-fitur dari Google Drive :

1. Membuat Dokumen

Fitur utama dari Google Drive adalah kamu bisa membuat dokumen apapun seperti Google Dokumen, Google Slide, Google Spreadsheet, Google Formulir, dan lain-lain.Dan file yang kamu buat akan secara otomatis tersimpan di Google Drive.

2. Berbagi File

Selain itu kamu juga bsia membagikan file yang sudah kamu buat maupun kamu upload ke Google Drive kepada orang lain, dengan cara membagikan link maupun melalui email.

3. Integrasi Dengan Semua Produk Google

Google Drive juga bisa terintegrasi dengan semua produk dari Google jadi akan memudahkan kamu untuk melakukan sinkronisasi dan backup data. Selain itu kamu juga bisa langsung melakukan backup data dengan pihak ketiga yang juga terintegrasi dengan Google Drive seperti WhatsApp.

Cara Upload Google Drive



Bagi kamu yang sedang mencari cara upload Google Drive, maka artikel ini cocok untuk kamu. Kamu bisa mengupload file yang kamu miliki di Google Drive, Google Drive bisa menjadi solusi supaya penyimpanan internel handphone kamu tidak penuh. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkannya untuk backup data supaya tidak kehilangan file penting.

Cara upload Google Drive juga cukup mudah, kamu bisa melakukannya melalui handphone ataupun melalui laptop/PC. Dan selain melakukan upload kamu juga bisa membagikan file yang sudah kamu ada di Google Drive.

1. Cara Upload Google Drive Dengan Laptop/PC

Cara pertama yang bisa kamu pilih adalah dengan mengupload file ke Google Drive menggunakan laptop/PC. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka browser pada laptop kamu.
  • Setelah itu masuk ke situs web Google Drive atau ketik https://drive.google.com/.
  • Jika sudah kamu bisa log in menggunakan akun Google milikmu untuk masuk ke Google Drive.
  • Lalu pada halaman utama Google Drive kamu bisa memilih menu New (+) yang terletak pada bagian kiri atas tampilan Google Drive.
  • Selanjutnya pilih menu File Upload.
  • Berikutnya kotak explorer akan muncul, dan cari file yang akan kamu unggah ke Google Drive.
  • ika sudah pilih file tersebut dan tekan tombol Open, kamu bisa memilih lebih dari 1 file.
  • Kemudian tunggu hingga proses upload selesai, maka file yang sudah kamu upload akan tersimpan di Google Drive.
  • Selesai.

Itu dia cara pertama yang bisa kamu ikuti jika ingin mengupload file di Google Drive, yaitu dengan menggunakan laptop/PC.

2. Cara Upload Google Drive Dengan Handphone

Selanjutnya selain cara diatas kamu juga bisa mengikuti cara upload Google Drive dengan menggunakan handphone, jika file yang ingin kamu upload ada dihandphone kamu bisa mengikuti cara ini. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Pertama buka apliaksi Google Drive yang ada di handphone kamu.
  • Jika sudah kamu akan secara otomatis masuk ke halaman utama Google Drive dan tidak perlu log in ulang.
  • Lalu pada halaman utama Google Drive kamu bsia memilih menu New (+) yang terletak pada bagian kanan bawah aplikasi.
  • Kemudian pada kotak dialog create new, pilih menu Upload.
  • Setelah itu kamu bisa mencari dan memilih file yang akan kamu upload, kamu bisa memilih lebih dari satu file untuk diupload sekaligus.
  • Apabila kamu sudah selesai memilih file, tekan tombol Select pada bagia kanan atas untuk memulai proses Upload.
  • Tunggu hingga proses upload selesai, dan jika sudah selesai maka kamu akan bisa melihat file yang sudah kamu upload di Google Drive.
  • Selesai.

Itulah cara kedua jika kamu ingin mengupload file ke Google Drive menggunakan handphone Android. Kamu bisa mengupload file apa saja seperti foto, video, dokumen, audio, dan lain-lain.

3. Cara Kirm File Google Drive Melalui Link

Jika kamu ingin membagikan file yang sudah kamu upload ke Google Drive, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka Google Drive.
  • Setelah itu tekan tombol titik tiga pada bagian kanan File.
  • Jika sudah pilih menu Copy Link.
  • Selesai kamu bisa membagikan link tersebut melalui media sosial maupun email.

Demikianlah beberapa cara upload Google Drive yang bisa kamu ikuti dan kamu coba sendiri untuk mengupload file milikmu.