3+ Cara Upload Foto ke Google dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Bagaimana cara upload foto ke Google ? jika kamu sedang bertanya-tanya mengenai hal tersebut kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini supaya foto kamu berhasil terupload di Google.

Jika kamu menunggah foto ke internet khususnya di Google maka foto yang kamu upload bisa muncul di kolom pencarian Google. Kamu bisa melakukannya melalui perangkat apapun baik menggunakan handphone maupun menggunakan laptop atau PC.

Pada zaman sekarang jika seseorang ingin muncul di internet, hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Dangan menggunakan media sosial seseorang bisa memposting foto, atau video mereka untuk dilihat oleh pengguna media sosial yang lain. Apabila kamu sering mengunduh gambar yang kamu cari melalui hasil pencarian Google, kamu pasti bertanya-tanya bagaimana cara upload foto agar bsia muncul juga di kolom pencarian Google dan bisa dilihat oleh banyak orang.

Tidak sama dengan cara upload foto di media sosial, jika kamu ingin foto yang kamu upload bisa muncul di hasil pencarian Google caranya tidaklah mudah. Namun jangan khawatir ada beberapa cara yang bisa kamu coba supaya foto yang kamu upload bisa dilihat oleh banyak orang.

Cara upload foto ke Google yang bisa kamu coba ada beberapa pilihan cara seperti menggunakan Google Foto, melalui blog, melalui website, menggunakan Google Drive dan lain-lain. Kamu bisa memilih cara mana yang sekiranya mudah untuk kamu coba dan kamu lakukan sendiri.

Cara Upload Foto ke Google

cara-upload-foto-ke-Google


Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai cara upload foto ke Google. Untuk kamu yang penasaran saat sedang mencari gambar di Google bisa muncul banyak gambar dan mencari cara bagaimana cara upload gambar-gambar tersebut supaya bisa muncul di kolom pencarian Google maka artikel ini cocok untuk kamu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba jika ingin menupload foto ke Google, berikut penjelasannya.

1. Cara Upload Foto ke Google Menggunakan Website atau Blog

Cara pertama yang akan dibahas adalah mengenai upload foto ke Google dengan menggunakan website atau blog, rata-rata gambar yang muncul di pencarian Google diupload menggunakan website atau blog.

Oleh karena itu jika kamu ingin menggunakan cara pertama ini kamu harus sudah memiliki sebuah website terlebih dahulu. Biasanya untuk membuat website memerlukan biaya yang lumayan mahal dan proses yang agak rumit.

Namun kamu bisa memanfaatkan situs-situs web yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat situs web dengan gratis .

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka browser dan log in menggunakan akun Google yang kamu miliki.
  • Jika sudah kamu bisa membuka situs Website yang kamu inginkan, dan masuk dengan cara tekan tombol sign in.
  • Selanjutnya pilih akun yang akan kamu gunakan untuk website dan isi bagian Nama Tampilan. Lalu tekan opsi Lanjutkan.
  • Berikutnya untuk membuat blog atau website yang baru kamu bisa tekan pada bagian Buat Blog Baru, lalu isikan juga Judul, Alamat Situs, serta Tema. Jika sudah lengkap kamu bisa klik Buat Blog.
  • Kemudian klik bagian Endtri Baru yang terdapat pada bagian atas tampilan.
  • Lalu ketik Judul dan tekan opsi Gambar yang terdapat pada bagian Menu.
  • Selanjutnya pilih opsi Pilih File dan cari foto yang ingin yang kamu upload ke Google.
  • Setelah itu untuk menambahkan gambar yang sudah kamu pilih, klik Add Selected dan pilih Properties.
  • Lalu kamu menulis nama gambar pada bagian Tittle Text dan Alt Text.
  • Jika sudah kamu bisa klik Publikasikan, dan foto yang kamu inginkan telah terupload di Google.
  • Selesai.

Itulah cara pertama yang bisa kamu coba jika ingin mengunggah foto ke Google, jika kamu sudah memiliki blog atau website pribadi kamu tinggal membuat postingan baru dan mengupload foto ke dalam postingan tersebut dan foto yang kamu inginkan akan terupload ke Google.

2. Cara Upload Foto ke Google Menggunakan Google Foto

Selanjutnya kamu juga bisa memilih menggunakan cara yang kedua ini untuk mengunggah foto atau gambar ke Google, yaitu dengan menggunakan Google Foto, platform ini dikembangkan oleh Google.

Namun foto-foto yang diupload di Google Foto tidak akan bisa muncul di kolom pencarian Google karena fungsi dari Google Foto sendiri adalah untuk backup data, berikut langkah-lagkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukannya :

  • Pertama kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buka browser kunjungi situs website https://photos.google.com.
  • Jika sudah masuk ke situs web Google Foto, berikutnya klik opsi Buat.
  • Lalu pilih opsi Album.
  • Setelah itu ketik Nama Album dan pilih opsi Tambahkan Foto.
  • Berikutnya pilih opsi Pilih Dari Komputer, dan cari foto yang ingin kamu upload di Google Foto.
  • Lalu Upload foto, kemudian tunggu hingga proses upload selesai.
  • Selesai.

Itulah cara upload foto ke Google yang kedua, namun untuk cara kedua ini foto yang kamu upload tidak bisa muncul di hasil pencarian Google karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa platform Google Foto disediakan untuk backup file foto saja, jika ingin foto yang kamu upload muncul di kolom pencarian Google kamu masih harus menggunakan cara yang pertama.

3. Cara Upload Foto ke Google Menggunakan Google Drive

Berikutnya kamu juga bisa memilih cara ketiga untuk upload foto ke Google. Cara ketiga ini kamu bisa menggunakan Google Drive. Menggunakan Google Drive untuk upload foto juga tidak akan membuat foto yang kamu upload muncul di hasil pencarian Google.

Selain foto kamu bisa mengupload file apa saja di Google Drive seperti video, foto, dokumen, audio, dan lain sebagainya. Fungsi dari Google Drive juga hampir sama dengan Google Foto yaitu untuk backup data namun Google Drive memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Google Foto.

Berikut cara upload foto menggunakan Google Drive, simak ! :

  • Pertama kamu perlu memiliki akun Google.
  • Setelah itu buka browser atau aplikasi Google Drive, jika kamu melalui browser kunjungi situs website Google Drive yaitu https://drive.google.com.
  • Jika sudah masuk ke halamana utama Google Drive pilih opsi New (+), yang terletak disebelah kiri atas jika kamu menggunakan browser dan kanan bawah jika kamu menggunakan aplikasi Google Drive.
  • Lalu pilih tombol Upload File dan cari foto yang ingin kamu unggah.
  • Kemudian tunggu hingga proses upload selesai.
  • Selesai, foto yang telah kamu unggah akan tersimpan di Google Drive.

Demikianlah cara upload foto ke Google yang bisa kamu coba, jika kamu ingin foto yang kamu upload muncul di kolom pencarian Google kamu harus memperhatikan bagian Title dan Alt Tittle. Selamat mencoba.