3+ Cara Upload Foto di Google Drive dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, sekarang untuk menyimpan file baik itu foto, dokumen, video, audio, dan lain sebagai tidak hanya bisa disimpan di kartu SD ataupun di memori internal handphone atau laptop. Namun sekarang kamu bisa menyimpannya di penyimpanan awan salah satunya yaitu Google Drive, cara upload foto di Google Drive juga mudah untuk dilakukan.

Penggunaan cloud storage (penyimpanan awan) sudah menjadi keharusan untuk penggunanya, karena selain lebih efisien dan cepat. Penyimpanan awal juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi beban memori internal atau eksternal perangkat yang kamu gunakan.

Kamu juga bisa memanfaatkan penyimpanan awal seperti Google Drive sebagai lokasi untuk backup data, karena menyimpan file di memori internal maupun eksternal memiliki risiko terhapus atau terformat lebih tinggi dibandingkan dengan menyimpanan data di Google Drive.

Kebutuhan penggunaan memori saat ini sangat tinggi, apalagi jika pekerjaanmu membutuhkan memori yang besar seperti menjadi konten kreator dan kualitas dari suatu file juga perlu tinggi. Dengan adanya kualitas foto atau video yang tinggi maka memori yang dibutuhkan akan semakin besar. Tidak hanya untuk pekerjaan untuk siswa maupun mahasiswa juga memerlukan penggunaan memori yang besar untuk kebuutuhan tugasnya.

Dan Google Drive bisa menjadi alternatif untuk orang-orang yang membutuhkan memori yang besar tanpa harus menggunakan memori internal atau eksternal dari hanphone ataupun laptop yang digunakan.Google Drive juga bisa diakses siapapun dengan mudah, kamu hanya harus memiliki akun Google untuk bisa masuk ke layanan Google Drive.

Layanan Google Drive juga telah menyediakan kapasitas memori sebanyak 15 GB untuk penggunanya secara gratis, tentu kapasitas memori tersebut sudah lebih dari cukup.

Namun masih ada sebagian orang yang belum tahu cara upload foto di Google Drive. Oleh karena itu jika kamu masih bingung cara unggah foto atau file lain di Google Drive kamu bisa menyimak artikel ini dari awal hingga selesai.

Fitur-fitur Google Drive

Sebelum kamu mengetahui cara uploud foto menggunakan Google Drive, kamu juga perlu mengetahui mengenai fitur-fitur dari Google Drive. Berikut fitur-fitur dari Google Drive yang akan kamu temui jika kamu menggunakan layanan ini :

1. Membuat Dokumen

Fitur utama dari Google Drive adalah kamu bisa membuat dokumen apapun seperti Google Dokumen, Google Slide, Google Spreadsheet, Google Formulir, dan lain-lain.Dan file yang kamu buat akan secara otomatis tersimpan di Google Drive.

2. Berbagi File

Selain itu kamu juga bsia membagikan file yang sudah kamu buat maupun kamu upload ke Google Drive kepada orang lain, dengan cara membagikan link maupun melalui email.

3. Integrasi Dengan Semua Produk Google

Google Drive juga bisa terintegrasi dengan semua produk dari Google jadi akan memudahkan kamu untuk melakukan sinkronisasi dan backup data. Selain itu kamu juga bisa langsung melakukan backup data dengan pihak ketiga yang juga terintegrasi dengan Google Drive seperti WhatsApp.

4. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Selain fitur-fitur diatas, layanan Google Drive juga tidak perlu diragunakan lagi untuk tingkat keamanannya. Karena sudah pasti Google akan memberikan tingkat keamanan yang tinggi pada layanan Google Drive untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Jadi semua file yang tersimpan di Google Drive akan aman dari virus serta ancaman hacker. Dan semua file yang di upload fi Google Drive tidak akan bisa dilihat orang lain tanpa ixin dari pemiliki akun.

Cara Upload Foto di Google Drive

cara-upload-foto-di-google-drive


Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pada pembahasan artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara upload foto di Google Drive. Untuk kamu pengguna Google Drive yang masih bing cara mengunggah foto ataupun file-file lainnya melalui Google Drive kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba seperti dengan menggunakan laptop/PC ataupun dengan menggunakan handphone. Jika kamu menggunakan handphone kamu bisa menggunakan aplikasi Google Drive.

Untuk pengguna handphone Android, Google Drive merupakan aplikasi bawaan untuk semua jenis handphone Android jadi kamu tidak perlu mengunduh aplikasi Google Drive di Google Play Store terlebih dahulu.

1. Cara Upload Foto di Google Drive Dengan Laptop/PC

Cara pertama yang bisa kamu pilih adalah dengan mengupload foto ke Google Drive menggunakan laptop/PC. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka browser pada laptop kamu.
  • Setelah itu masuk ke situs web Google Drive atau ketik https://drive.google.com/.
  • Jika sudah kamu bisa log in menggunakan akun Google milikmu untuk masuk ke Google Drive.
  • Lalu pada halaman utama Google Drive kamu bisa memilih menu New (+) yang terletak pada bagian kiri atas tampilan Google Drive.
  • Selanjutnya pilih menu File Upload.
  • Berikutnya kotak explorer akan muncul, dan cari file foto yang akan kamu unggah ke Google Drive.
  • Jika sudah pilih foto tersebut dan tekan tombol Open, kamu bisa memilih lebih dari 1 foto.
  • Kemudian tunggu hingga proses upload selesai, maka foto yang sudah kamu upload akan tersimpan di Google Drive.
  • Selesai.

Itu dia cara pertama yang bisa kamu ikuti jika ingin mengupload foto di Google Drive, yaitu dengan menggunakan laptop/PC.

2. Cara Upload Foto di Google Drive Dengan Handphone

Selanjutnya selain cara diatas kamu juga bisa mengikuti cara upload foto di Google Drive dengan menggunakan handphone, jika foto yang ingin kamu upload ada dihandphone kamu bisa mengikuti cara ini. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Pertama buka aplikasi Google Drive yang ada di handphone kamu.
  • Jika sudah kamu akan secara otomatis masuk ke halaman utama Google Drive dan tidak perlu log in ulang.
  • Lalu pada halaman utama Google Drive kamu bsia memilih menu New (+) yang terletak pada bagian kanan bawah aplikasi.
  • Kemudian pada kotak dialog create new, pilih menu Upload.
  • Setelah itu kamu bisa mencari dan memilih foto yang akan kamu upload, kamu bisa memilih lebih dari satu foto untuk diupload sekaligus.
  • Apabila kamu sudah selesai memilih foto, tekan tombol Select pada bagian kanan atas untuk memulai proses Upload.
  • Tunggu hingga proses upload selesai, dan jika sudah selesai maka kamu akan bisa melihat foto yang sudah kamu upload di Google Drive.
  • Selesai.

Itulah cara kedua jika kamu ingin mengupload foto ke Google Drive menggunakan handphone Android. Kamu bisa mengupload foto apa saja seperti video, dokumen, audio, dan lain-lain.

3. Cara Kirim File Foto Google Drive Melalui Link

Jika kamu ingin membagikan file foto yang sudah kamu upload ke Google Drive, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka Google Drive.
  • Setelah itu tekan tombol titik tiga pada bagian kanan File foto.
  • Jika sudah pilih menu Copy Link.
  • Selesai kamu bisa membagikan link tersebut melalui media sosial maupun email.

Demikianlah cara upload foto di Google yang bisa kamu coba dan ikuti. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.