2+ Cara Upload Produk di Shopee dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Pada saat ini berbelanja online adalah salah satu hal yang digemari oleh pengguna smartphone, dengan belanja online kita bisa membeli kebutuhan yang kita perlukan dengan mudah. Dan Shopee adalah salah satu platform marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat. Cara upload Produk di Shopee juga cukup mudah dilakukan.

Selain menjadi tempat jual beli online yang biasa digunakan oleh customer, Shopee juga menjadi salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk menjual produk mereka. Ada banyak keuntungan yang bisa seller dapatkan dengan menjual produk mereka si Shopee.

Selain itu ada banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform Shopee seperti adanya promo-promo, diskon, dan gratis ongkir. Dengan adanya gratis ongkir ini pihak pembeli menjadi semakin diuntungkan karena bisa membeli barang dari jauh tanpa harus membayar ongkir dari barang tersebut.

Menjadi seller Shopee juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang memiliki bisnis, atau bahkan menjadi reseller maupun untuk kamu yang ingin menjadi dropshiper. Karena dengan mengupload produk yang kamu jual di Shopee bisa menjangkau calon customer diseluruh Indonesia.

Cara menjual produk di Shopee juga mudah, kamu tinggal registrasi menjadi seller dan upload produk yang akan kamu jual beserta deskripsi lainnya seperti harga, deskripsi produk, dan lain-lain. Kamu juga perlu mengaktifkan jasa ekspedisi yang bisa dipilih oleh customer untuk pengiriman barang.

Sebenernya selain Shopee masih banyak media lain yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk secara online seperti halnya melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, melalui marketplace lain seperti Tokopedia, Lazada dan lain-lain. Ataupun melalui Website pribadi.

Cara Upload Produk di Shopee


Jika kamu sudah memutuskan untuk memposting dan menjual produk yang kamu jual di Shopee namun belum mengetahui cara mengupload produknya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melakukannya.

Kamu juga bisa mengupload produk kamu di Shopee baik melalui smartphone maupun melalui laptop/PC. Jika melalui laptop/PC kamu bisa melakukannya melalui website Shopee, dan untuk mengupload foto produk melalui smartphone kamu bisa menggunakan aplikasi Shopee.

1. Cara Upload Produk di Shopee Melalui Smartphone

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengungah produk di Shopee melalui smartphone, Postingan yang bisa kamu unggah bisa berupa foto dan video produk atapun hanya foto produk yang ingin kamu jual saja. Berikut langkah-langkah untuk mengupload foto atau video produk di platform Shopee melalui smartphone :

  • Pertama buka aplikasi Shopee dan jika kamu belum memiliki aplikasi Shopee kamu bisa mendownload di Google Play Store terlebih dahulu.
  • Setelah itu akan kamu akan masuk halaman utama aplikasi Shopee.
  • Berikutnya masuk ke Menu Saya yang terletak bagian kanan bawah tampilan aplikasi Shopee.
  • Jika sudah kamu bisa menekan menu Mulai Jual yang letaknya berbeda tiap versi aplikasi. Kamu bisa mencari Menu Mulai Jual dan menekannya sesuai dengan versi aplikasi Shopee yang kamu gunakan.
  • Kemudian tekan Tambah Produk lalu pilih salah satu media yang akan kamu gunakan seperti kamu Kamera, Foto, atau Instagram.
  • Lalu kamu bisa upload foto dengan maksimal yang gambar yang bisa kamu pilih adalah 9 gambar dalam 1 produk.
  • Setelah itu Nama Produk dan Diskripsi Produk yang akan kamu jual dan upload di Shopee. (Pada Nama Produk isi sesuai dengan nama barang yang kamu jual, Dan usahakan kamu menulisnya dengan huruf kapital supaya menarik. Pada bagian Deskripsi Produk, kamu jelaskan detail mengenai produk yang kamu jual seperti jenis barang, ukuran, merk, berat, warna, dan penjelasan-penjelasan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan Hastag dengan maksimal 20 hastag yang bisa kamu tambahkan).
  • Selanjutnya atur juga Kategori dan Merk dari Produk yang kamu jual pada kolom yang telah disediakan oleh Shopee. (Pada bagian Kategori adalah bagian untuk menggolongkan produk yang kamu jual. Dan pada bagian Merk, kamu juga bisa menyesuaikan dengan produk yang kamu jual pastikan kamu tidak menggunakan Merk yang berbeda dengan produk yang kamu jual).
  • Langkah berikutnya adalah dengan Memasukan Harga, Jumlah Stok yang tersedia, dan Variasi Produk. (Untuk bagian Harga produk kamu harus mengusahakan untuk bisa bersaing dengan produk lain karena seperti yang kita tahui bahwa setiap calon customer hal pertama yang dilihat sebelum memutuskan untuk memberi produk. Bagian Jumlah Stok kamu bisa memasukan sesuai dengan jumlah produk yang kamu miliki. Dan Variasi isikan dengan produk yang kamu jual).
  • Selanjutnya tulis Berat, Kondisi, dan Grosir produk yang akan kamu jual pada kolom yang telah tersedia. (Pada bagian Berat kamu bisa mengisinya setelah menambahkan antara berat produk dengan berat pembungkus saat packing. Bagian Kondisi kamu bisa isi dengan detai produk yang kamu jual Baru atau Bekas. Dan pada Grosir kamu bisa mengisi jika kamu menyediakan grosir untuk produk yang kamu jual).
  • Lalu tentukan juga Ukuran Paket, Ongkos Kirim, dan Pre Order jika produk yang kamu jual menggunakna sistem Pre Order.
  • Apabila semua detail produk sudah kamu lengkapi, kamu bisa tekan Simpan untuk mengupload produk tersebut.
  • Selesai.

Itulah cara pertama yang bisa kamu lakukan jika ingin memposting produk yang kamu jual di Shopee yaitu dengan menggunakan smartphone. Jika kamu mengupload produk menggunakan smartphone kamu harus memiliki aplikasi Shopee.

2. Cara Upload Produk di Shopee Melalui Laptop/PC

Selanjutnya kamu juga bisa memilih mengupload produk di Shopee menggunakan laptop/PC. Beirkut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama log in ke website Seller Center Shopee.
  • Jika sudah kamui bisa pilih opsi Tambah Produk Baru.
  • Kemudian kamu bisa mengisi Nama Produk dan maksimal 255 karakter, dan pastikan kamu menulis kata kunci yang sesuai dengan produk yang kamu jual.
  • Selanjutnya pilih Kategori. Pilih kategori yang tepat sesuai dengan produk yang akan kamu jual dan jika sudah klik Lanjut.
  • Setelah itu tambahkan Foto Produk, kamu bisa mengupload foto produk maksimal 8 foto dan 1 video. Dan ketentuan ukurannya tidak boleh lebih dari 2 MB untuk setiap foto.
  • Langkah berikutnya adalah menulis Deskripsi Produk yang kamu jual seperti Spesifikasi, Ukuran, dan lain-lain.
  • Kemudian kamu juga bisa mengisi Merk produk, Jenis Garansi, dan Negara Asal.
  • Lalu pilih juga Variasi Produk, kamu bisa mengatur variasi warna, variasi bentuk, ataupun variasi ukuran.
  • Setelah itu atur juga mengenai Stok dan Gambar dari setiap Variasi apabila kamu mengaktifkan fitur variasi. Tambahkan juga Harga produk yang bersaing dengan toko lain.
  • Berikutnya atur Berat produk dan Ukuran produk.
  • Pilih Jasa Pengiriman yang akan kamu gunakan.
  • Jika sudah lengkap semua klik Simpan dan Tampilkan untuk mengupload produk.
  • Selesai.

Demikianlah informasi mengenai cara upload produk di Shopee beserta tips-tips yang bisa kamu ikuti. Selamat mencoba