13+ Cara Usaha Kecil-kecilan dengan Benar (Update)

caracekonline.net | Membuat bisnis atau usaha memang tidaklah harus selalu langsung besar supaya bisa mendatangkan keuntungan yang bersar pula, namun kamu bisa memulai membuat usaha dengan usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Cara usaha kecil-kecilan juga cenderung mudah dilakukan dan tentu saja memiliki resiko yang lebih kecil.

Usaha kecil-kecilan bahkan juga bisa untuk kamu yang sudah memiliki perkerjaan namun ingin mendapatkan penghasilan lebih. Untuk membuka bisnis kecil-kecilan kamu bisa memulainya dari nol dan perlahan-lahan berkembang naik ke yang lebih besar lagi.

Karena seperti yang telah dijelaskan jika kamu membuat usaha namun langsung besar, resiko terjadinya kerugian lebih tinggi dibandingkan dengan jenis usaha yang kecil-kecilan terlebih dahulu lagi terus berkembang-berkembang menjadi lebih besar lagi.

Selain itu ada banyak pilihan usaha yang bisa kamu coba saat hendak membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Sebelum memulai usaha kamu juga sudah harus merencanakannya terlebih dahulu seperti rencana usaha yang akan kamu buat, modal bisnis, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kelancaran bisnis yang akan kamu buat

Setelah kamu merencanakan semuanya dengan matang, baru kamu bisa memulai dari hal terkecil dulu seperti promosi, membeli barang-barang yang diperlukan untuk bisnis milikmu dan lain-lain. Dan tidak hanya usaha yang sudah besar saja yang memerlukan konsisten untuk bisa maju. Usaha kecil-kecilan juga harus dilakukan dengan sabar dan konsisten supaya bisa terus berkembang.

Cara Usaha Kecil-kecilan



Untuk kamu yang ingin memulai usaha kecil-kecilan kamu bisa menyimak artikel ini, akan dibahas mengenai cara usaha kecil-kecilan dan tentunya ide-ide usaha kecil-kecilan yang bisa kamu coba. Kamu bisa memulai usaha kecil-kecilan mana yang menurut kamu paling cocok untuk kamu lakukan. 

Langkah-langkah Memulai Usaha Kecil-kecilan

Pertama sebelum kamu memulai untuk membuat usaha kecil-kecilan kamu harus merencanakannya terlebih dahulu, ada beberapa cara untuk membuka usaha kecil-kecilan yang bisa kamu ikuti. Berikut penjelasannya.

1. Memikirkan Ide Usaha

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memikirkan ide usaha apa yang ingin kamu lakukan, memikirkan ide usaha memang tidak mudah karena ada banyak sekali pilihan ide usaha kecil-kecilan yang bisa kamu lakukan.

Namun kamu bisa memilih jenis usaha yang sesuai dengan modal yang kamu miliki, kamu juga perlu mengetahui alasan kenapa kamu memilih untuk memulai usaha tersebut. Seperti jika kamu membuka usaha rumah makan alasannya karena semua orang membutuhkan makanan jadi bisnis rumah makan bisa terus berkembang menjadi lebih besar lagi.

2. Melakukan Reset 

Selanjutnya setelah kamu sudah mengetahui ingin melakukan usaha apa, langkah berikutnya adalah melakukan riset mendalam mengenai usaha tersebut. Karena dengan melakukan riset ini bisa membantu kamu dalam rencana jangka panjang dalam bisnis yang akan kamu buat.

Riset pertama adalah tentang target pasar kamu, memulai usaha kecil-kecilan biasanya dimulai dari target pasar kecil terlebih dahulu. Setelah itu tentukan terlebih dahulu kamu ingin membuat toko online atau toko offline atau mungkin dua-duanya. Karena jenis toko ini mempengaruhi operasional.

Setelah itu kamu juga harus mencari pesaing yang dekat dengan bisnis milikmu. Jadi kamu perlu mengetahui dan melakukan riset tentang pesaing bisnis kamu.

3. Persiapkan Modal

Langkah yang penting dan utama saat akan membuka usaha adalah mengenai modal, kamu harus mempersiapkan modal. Dan tahu berapa modal yang kamu perlukan untuk membuka usaha kecil-kecilan yang kamu inginkan.

Sebelumnya saat kamu ingin membuka usaha kamu harus menyesuaikan ide usaha yang kamu inginkan dengan modal yang kamu miliki. Setelah itu persiapkan tabungan milikmu. Modal adalah hal yang konkret dalam membuat usaha.

4. Menganggarkan Modal

Untuk membuka usaha-usaha kecil-kecilan kamu harus bisa menganggarkan modal. Setelah kamu mengetahui jumlah pasti modal yang kamu butuhkan dan cacat secara rinci, hal-hal yang perlu kamu anggarkan.

Meskipun nanti akan ada perubaha mengenai harga dan mengenai kebutuhan usaha milikmu, dengan ini akan memudahkan kamu dalam persiapan modal. Tidak masalah jika modal kamu lebih karena hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai dana darurat. 

Karena jika modal kurang kamu akan mengalami kesulitan dalam keperluan anggaran untuk membuka usaha milkmu. Dan dengan menganggarkan modal pula kamu bisa menentukan harga jual dari produk yang akan kamu pasarkan.

5. Mencari Supplier Bahan Baku

Setelah kamu menentukan bahan apa saja yang kamu perlukan dan modal yang kamu miliki untuk membeli bahan baku, selanjutnya kamu harus mencari supplier bahan baku. Kamu bisa mencari supplier yang menawarkan harga terjangkan dan berkualitas. 

Kamu juga bisa memilih untuk mencari supplier bahan baku yang dekat dengan tempat bisnismu supaya bisa memudahkan pengiriman bahan baku. Berikutnya 

6. Tawarkan Kepada Orang Terdekat Terlebih Dahulu

Jika persiapan bisnis kamu sudah selesai, sekarang saatnya melakukan langkah promosi supaya usaha kamu lebih dikenal oleh orang lain. Pertama kamu bisa menawarkan terlebih dahulu kepada orang-orang terdekat. 

Contoh jika kamu menjual kue, kamu bisa membuat tester kue terlebih dahulu dan tawarkan kepada orang terdekat kamu untuk mencobanya dan katakan jika kamu ingin membuka pesanan kue. Jika kue kamu enak dan banyak yang menyukainya maka bukan tidak mungkin orang-orang akan mulai memesan kue yang kamu jual.

7. Melakukan Promosi di Media Sosial

Berikutnya kamu juga bisa mempromosikan bisnis milikmu melalui media sosial, sekarang ini banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai media untuk mempromosikan bisnis mereka dari bisnis kecil-kecilan sampai perusahaan besar sekalipun. 

Dengan menggunakan media sosial maka usaha kamu akan lebih dikenal oleh banyak orang, karena pengguna media sosial yang banyak jadi akan menjangkau target pasar dengan lebih luas lagi. Sebelumnya tentukan juga budget promosi sebagai salah satu anggaran dalam modal bisnis.

8. Atur Pemasukan 

Langkah selanjutnya untuk membuka usaha kecil-kecilan kamu juga perlu mengatur keuangan yang masuk dan keluar dari bisnis milikmu. Bedakan antara uang untuk bisnis dan uang pribadi jangan pernah mencampurnya menjadi satu. 

Kamu juga perlu memutar keuangan secara terus menerus supaya bisnis kecil-kecilan milikmu terus berjalan dan tidak berhenti ditengah jalan karena kehabisan modal.

9. Melakukan Evaluasi Secara Rutin

Berikutnya jika bisnis yang kamu jalankan sudah mulai berjalan dengan baik, kamu perlu melakukan evaluasi secara rutin seperti melihat laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Ide Usaha Kecil-kecilan

Ada beberapa ide usaha kecil-kecilan yang bisa kamu coba, Berikut contoh-contohnya :

1. Bisnis Dropshiper atau Reseller 

Ide usaha pertama yang bisa kamu pilih adalah dengan menjadi dropshiper atau reseller, bisnis ini tergolong memiliki modal yang sedikit namun bisa meraup untung yang lumayan. Untuk dropshipper sendiri ialah bekerjasama dengan supplier untuk kamu mempromosikan produk mereka dan kamu akan medapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut, untuk menjadi dropshiper kamu tidak perlu stok barang.

2. Usaha Thrift Shop Atau Menjual Pakaian Bekas

Jenis usaha yang kedua ini sedang populer sekarang ini yaitu dengan menjual pakain bekas dengan mempostingnya dimedia sosial. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis ini

3. Bisnis Kuliner Homemade

Seperti yang kita tahu bahwa bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan lekang oleh waktu, dan banyak orang yang membuka bisnis ini. Kmau bisa memulainyan dengan menjual masakan kamu secara online atau bahkan membuat usaha cathering.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara usaha kecil-kecilan, kamu bisa mengikuti tips-tips yang sudah dibahas dan mencoba ide usaha yang kamu inginkan.